Food & Travel
·
27 Desember 2019 16:09

5 Tips Agar Foto Liburanmu Semakin Ciamik Buat Posting di Medsos

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Tips Agar Foto Liburanmu Semakin Ciamik Buat Posting di Medsos (20465)
Selfie saat Traveling Foto: Thinkstock
Menangkap momen terbaik saat traveling lewat foto sudah pasti menjadi hal yang tak boleh dilewatkan. Selain menjadi bukti perjalananmu, foto pun menjadi media nostalgia selepas traveling usai. Karenanya, kamu pasti ingin mendapatkan foto terbaik saat traveling, bukan?
ADVERTISEMENT
Ya, seringkali kamu berekspektasi tinggi untuk mendapatkan foto yang ciamik ketika liburan. Tapi malah mendapatkan foto tak seindah di internet atau Instagram. Padahal, destinasi yang kamu kunjungi sama persis.
Agar foto liburanmu kelihatan lebih kece di media sosial, ternyata ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan. Apa saja? Yuk, simak ulasan berikut ini.
1. Memperhatikan Objek Foto dan Background
5 Tips Agar Foto Liburanmu Semakin Ciamik Buat Posting di Medsos (20466)
Ilustrasi Instagram Sitter sedang Upload Foto Foto: Unsplash
Menurut seorang fotografer profesional yang sudah berkarier selama lebih dari 30 tahun bernama Sharon Latham. Sebelum berfoto, kamu harus memperhatikan keseimbangan posisimu dengan ikon yang menjadi background. Posisikan dirimu di spot terbaik.
Spot tersebut harus memungkinkan kamu bisa mendapatkan keseluruhan background. Manfaatkan juga fitur grid untuk memastikan objek yang menjadi background terlihat tegak lurus.
ADVERTISEMENT
Jika kamu akan selfie di tempat yang ramai, sebelum memotret, akan lebih baik jika memperhatikan keadaan sekeliling. Hal ini bisa menghindari kamu dari 'photo bomb' akibat banyaknya turis yang ikut berfoto di belakangmu.
2. Usahakan Kamera Tidak Shaky atau Bergoyang
5 Tips Agar Foto Liburanmu Semakin Ciamik Buat Posting di Medsos (20467)
Ilustrasi selfie di smartphone Foto: Shutterstock
Untuk menghasilkan foto yang ciamik, usahakan kamera atau handphone yang kamu gunakan tidak terguncang ketika mengambil foto.
Jika merasa kesulitan menjaga keseimbangan kamera sambil menekan tombol shutter, kamu bisa menggunakan alat bantu seperti tongkat narsis (tongsis), fitur timer, atau tombol eksternal (fitur opsional).
Kamu juga bisa menggunakan perangkat tambahan, seperti tripod untuk mendapatkan gambar yang lebih wide, seperti full shot atau levitasi.
3. Edit Proporsional
5 Tips Agar Foto Liburanmu Semakin Ciamik Buat Posting di Medsos (20468)
Edit Foto di Iphone 11. Foto: pribadi
Selain kedua tips di atas, agar mendapatkan foto yang terbaik ketika liburan. Kamu bisa menggunakan aplikasi pendukung terutama yang berkaitan dengan editing foto. Atau, jika kamu pengguna Iphone 11, bisa langsung edit foto tanpa tambahan aplikasi. Kamu bisa menyesuaikan ukuran, sudut, cahaya foto, menambahkan filter, dan banyak lagi. Pilih penyesuaian, seperti Kecerahan atau Saturasi, lalu geser untuk mengubah kekuatan dan intensitas.
ADVERTISEMENT
Meski begitu, kamu jangan sampai berlebihan dalam editing foto, ya. Karena kamu justru malah mengurangi kesan dari foto tersebut, apalagi jika foto kamu sudah mendapatkan pencahayaan yang cukup. Jika merasa jenuh dengan warna aslinya, kamu bisa mengubah foto tersebut dengan beberapa efek tambahan seperti hitam putih atau melakukan cropping.
4. Mencoba Berbagai Angle
5 Tips Agar Foto Liburanmu Semakin Ciamik Buat Posting di Medsos (20469)
Ilustrasi seorang turis wanita berfoto di Menara Eiffel, Paris Foto: Shutter Stock
Angle pengambilan foto merupakan hal yang sangat penting untuk menangkap momen terbaik dalam liburan. Kamu bisa mencoba berbagai angle saat selfie, untuk melihat angle terbaik yang cocok dengan background.
Kamu juga bisa mencoba angle yang kreatif, seperti memiringkan posisi kamera. Justru, foto terbaik bisa saja datang dari angle yang tidak biasa.
Jika background menara atau bangunan tinggi seperti Menara Pisa atau Menara Eiffel, kamu bisa memposisikan kameramu berada lebih rendah dengan sudut yang menghadap ke atas. Dengan cara ini, kamu bisa mendapatkan selfie terbaik dengan pemandangan bangunan indah di belakangmu.
ADVERTISEMENT
5. Mendapatkan Cahaya yang Cukup
5 Tips Agar Foto Liburanmu Semakin Ciamik Buat Posting di Medsos (20470)
Ilustrasi selfie untuk foto “Outfit of the Day” Foto: Shutterstock
Salah satu syarat foto yang baik adalah memiliki pencahayaan yang cukup. Penerangan terbaik untuk mendapatkan foto yang apik adalah dengan menggunakan cahaya alami seperti matahari atau bulan.
Tak hanya memperindah fotomu, cahaya alami dari matahari tentu akan membuatmu bisa terlihat dengan jelas di dalam foto. Jika tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan fitur flash dari kamera yang digunakan.
Jika memang tidak memungkinkan, kamu bisa menggunakan fitur flash dari kamera yang digunakan. Tetapi kamu harus lebih hati-hati menggunakan fitur ini.
Karena jika salah penempatan letak kamera, efek flash bisa membuat mata kamu terlihat seperti 'mata kucing', atau memberi efek aneh pada hasil fotomu.
Jangan lupa juga menyiapkan gadget seperti smartphone, kamera, gopro, atau drone untuk mendukung liburan dan petualanganmu yang luar biasa. Jangan sampai kamu tak mengabadikan setiap momen di tempat Instagramable yang kamu kunjungi.
ADVERTISEMENT
Nah, jika sedang mencari gadget yang tepat untuk dipakai saat liburan akhir tahun, kamu bisa mencarinya di Eraspace.com. Di Eraspace kamu bisa menemukan beragam gadget yang dibutuhkan, seperti GoPro Hero8, DJI Mavic Mini, Iphone 11, dan beragam gadget lainnya yang bisa jadi andalan untuk traveling.
Sudah siap mengabadikan foto liburanmu?