kumparan
9 Oktober 2018 16:06

5 Tips Ini Bikin Liburanmu di Australia Makin Seru

Brighton Beach di Melbourne, Australia
Brighton Beach di Melbourne, Australia (Foto: Flickr/Hi I'm Charlie)
Berniat menghabiskan liburan akhir tahun di Negeri Kanguru, Australia? Jika iya, sebelum berangkat tentunya kamu mesti mempersiapkan segala sesuatunya dari jauh-jauh hari, agar perjalanan terasa menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Selain menyiapkan bujet dan itinerary, ada beberapa tips menarik yang perlu kamu tahu sebelum menyambangi negeri terbesar keenam di dunia tersebut. Sehingga perjalananmu akan terasa semakin menyenangkan, apa saja? Simak artikel berikut, ya!
1. Menggunakan Sun Block
Ilustrasi sun block
Ilustrasi sun block (Foto: Pixabay)
Australia memiliki lapisan ozon yang lebih tipis, sehingga sinar matahari akan lebih mudah terasa. Bukan hanya bisa membuatmu merasa gerah dan kepanasan, sengatan sinar matahari berlebih tentunya dapat merusak kulit.
Karenanya, jangan lupa menggunakan sun block, ya, untuk meminimalisir sengatan matahari ke tubuh dan kulitmu.
Jika kulitmu termasuk kulit yang sensitif dengan sinar matahari, kamu dapat menggunakan topi, sundress, kemeja, atau pakaian dengan bahan ringan lainnya.
2. Jangan Datang ke Pesta Barbekyu dengan Tangan Kosong
Ilustrasi barbekyu party
Ilustrasi barbekyu party (Foto: Shutter Stock)
Masyarakat Australia sangat senang dengan barbekyu. Hal ini bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara untuk mengakrabkan diri dengan warga lokal.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu berhasil mendapat teman dan diajak untuk barbekyu bersama, ingat untuk membawa 'buah tangan'. Misalnya saja membawa daging, sosis, makanan penutup, atau minuman beralkohol seperti anggur.
Jangan lupa juga untuk membantu sang tuan rumah dan mengucapkan terima kasih, ya.
3. Dalam Keadaan Darurat, Hubungi 000
Ilustrasi menghubungi emergency number
Ilustrasi menghubungi emergency number (Foto: Shutter Stock)
Tips berikutnya adalah tentang mencari pertolongan saat sedang traveling di Australia.
Triple Zero (000) adalah emergency number bagi penduduk Australia. Jadi, jika kamu sedang menghadapi keadaan darurat, kamu dapat langsung menghubungi nomor tersebut.
Karena Triple Zero telah terintegrasi dengan Departemen Kepolisian, Ambulans, dan Pemadam Kebakaran.
Nantinya, kamu akan disambungkan ke departemen yang tepat sesuai kebutuhanmu. Mereka juga akan memandumu melakukan hal yang tepat apabila kamu dalam kondisi darurat.
ADVERTISEMENT
4. Hati-hati dengan Binatang Liar
Kanguru di Australia
Kanguru di Australia (Foto: Pixabay)
Australia terkenal dengan jumlah populasi binatang liarnya yang tinggi. Bukan hal yang aneh jika kamu menemukan ular, buaya, kelelawar, atau laba-laba dengan asyiknya 'mejeng' di sekitar pemukiman warga.
Meski begitu, jangan pernah mencoba bermain-main dengan binatang liar itu agar tidak terluka.
Begitu pula jika kamu bertemu dengan kanguru, jangan berdiri terlalu dekat, agar kamu tidak 'ditendang'. Karena tendangan kanguru dapat mengakibatkan kematian bagi korbannya.
Eksotisme indahnya Kepulauan Whitesuday
Eksotisme indahnya Kepulauan Whitesuday (Foto: Pixabay)
Bagi kamu yang ingin mencari vitamin sea saat berkunjung ke Australia, sebaiknya jangan pernah berenang sendirian, dan biasakan untuk berenang di antara bendera pembatas.
Kawasan laut yang ditandai dengan bendera kuning adalah lokasi teraman untuk berenang, karena perairan Australia sangat berbahaya.
ADVERTISEMENT
Lebih baik berenang tidak terlalu jauh, kan, daripada tersapu ombak atau dimakan hiu?
5. Bawa Hotspot Sendiri dan Charger
Ilustrasi hotspot portable
Ilustrasi hotspot portable (Foto: Shutter Stock)
Berbeda dengan negara di Eropa atau Amerika Serikat yang memiliki jangkauan internet di berbagai tempat, Australia relatif lebih sulit.
Bagi kamu yang terbiasa atau harus senantiasa terhubung dengan koneksi internet, kamu mesti menyiapkan hotspot portable pribadi.
Sehingga dimana pun kamu berada, kamu tidak akan kesulitan saat mendapatkan koneksi internet. Jangan lupa juga untuk membawa charger atau power bank, agar daya batere ponsel dan hotspotmu tetap terpenuhi.
Siap menjelajah Australia?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan