kumparan
2 Maret 2018 18:58

5 Wisata Murah Meriah di Bogor

Curug Bidadari
Curug Bidadari (Foto: Flickr)
Menghabiskan akhir pekan dengan berlibur bersama keluarga, teman, atau pacar adalah cara terbaik untuk mengisi kembali energi yang terkuras di hari-hari sebelumnya. Buat kamu yang berdomisili di Jabodetabek, Bandung mungkin sering kali menjadi pilihanmu untuk liburan sejenak di akhir pekan.
ADVERTISEMENT
Tapi, siapa sangka jika kini kamu tak perlu jauh-jauh lagi ke Bandung untuk menghabiskan akhir pekan. Bogor ternyata juga punya tempat wisata murah meriah yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan. Apa saja?
1. Danau Quarry Jayamix, Cigudeg
Sekilas nama dari danau ini terdengar sangat asing, namun sebenarnya Danau Quarry Jayamix berada di desa Nuggaherang, Tegalega, Kecamatan Cigudeg. Danau ini awalnya berupa cekungan bekas lahan pertambangan yang berisi air dan telah lama ditinggalkan. Dulunya Danau Quarry merupakan bekas pertambangan pemecah batu pembuatan beton, namun karena banyak protes dari warga, akhirnya proyek tersebut dihentikan.
Danau ini merupakan danau tadah hujan yang dulunya bernama Danau Jayamix Rumpin. Air danau berwarna hijau toska, bukan biru seperti danau pada umumnya. Meski akses menuju tempat ini masih sangat sulit karena belum diaspal dan sedikit rusak, keindahannya tetap dinanti banyak orang. Memasuki tempat ini, pengunjung hanya perlu membayar Rp 20 ribu.
ADVERTISEMENT
2. Taman Wisata Matahari
Bogor punya Trampolin Park, Arung Jeram, Flying Fox sampai wahana edukasi di Taman Wisata Matahari. Bermotto Recreation and Education Park, taman yang berlokasi di Cisarua itu memberikan pengalaman berlibur dengan harga yang terjangkau.
Harga tiket masuknya hanya Rp 35 ribu untuk weekdays dan Rp 45 ribu untuk weekend, sudah termasuk gratis lima wahana permainan. Per tanggal 1 April 2018, tiket masuk menjadi Rp 45 ribu setiap harinya sampai tanggal 15 Mei 2018. Cocok untuk keluarga.
3. Curug Bidadari
Masih di kecamatan Babakan Madang, Curug Bidadari hadir dengan spot foto Instagramable, ditemani suasana khas pegunungan yang asri dan alami. Curug setinggi 75 meter ini buka mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB setiap harinya.
ADVERTISEMENT
Untuk masuk ke Curug Bidadari, kamu tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam. Hanya dengan Rp 25 ribu di hari biasa dan Rp 40 ribu di akhir pekan, kamu bisa mencoba berbagai wahana yang tersedia di tempat ini, seperti sepeda air, flying fox, dan terapi ikan.
4. Gunung Pancar
Gunung yang berlokasi di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor ini menyuguhkan pemandangan alam dan hawa segar pegunungan dengan harga yang terjangkau. Untuk mengunjungi Gunung Pancar, kamu hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 5 ribu di hari kerja dan Rp 7.500 di akhir pekan.
Selain digunakan untuk trekking, Gunung Pancar juga menyediakan tempat untuk berkemah, outbond, dan pesta barbekyu. Karena keindahannya, gunung ini juga biasa dimanfaatkan sebagai lokasi foto pre-wedding.
ADVERTISEMENT
5. Kebun Raya Bogor
Tempat terakhir adalah ikon dari Kota Bogor sendiri. Kebun Raya Bogor yang berada tepat di samping Istana Bogor ini berisi 15 ribu jenis flora, mulai dari bunga hingga tanaman tua, seperti pepohonan dari berbagai jenis varietas.
Ada banyak spot menarik di Kebun Raya Bogor ini, seperti makam tua Belanda, Taman Astrid, dan Griya Anggrek. Harga tiket masuk untuk wisatawan domestik sebesar Rp 15 ribu dan wisatawan asing sebesar Rp 25 ribu per orang. Kebun ini buka sejak pukul 07.30 hingga 17.00 WIB setiap harinya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan