Food & Travel
·
29 September 2020 18:00

6 Aktivitas Liburan Ramah Lingkungan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
6 Aktivitas Liburan Ramah Lingkungan  (515995)
Ilustrasi wisatawan liburan di Indonesia.
Banyak aktivitas bermanfaat yang bisa dikerjakan saat mengunjungi sebuah destinasi wisata. Liburan ramah lingkungan merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk lebih menghargai alam. Kegiatan seru ini bisa menjadi pilihan buatmu yang ingin kembali merencanakan liburan bersama keluarga saat pandemi mereda.
Namun, sebelum pergi liburan, jangan lupa untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan, ya! Pastikan kamu rajin mencuci tangan, mengenakan masker, membawa hand sanitizer, dan mengecek suhu tubuh sebelum berkunjung ke destinasi wisata.
Berikut enam aktivitas liburan ramah lingkungan yang bisa kamu rencanakan saat liburan #DiIndonesiaAja.
Berkemah di Alam Terbuka
6 Aktivitas Liburan Ramah Lingkungan  (515996)
Ilustrasi berkemah.
Berkemah menjadi salah satu cara buat kamu yang ingin liburan ramah lingkungan. Bermalam di alam terbuka tentu memberikan pengalaman serta sensasi yang begitu berbeda. Kamu akan menikmati sejuknya udara khas pegunungan. Kemudian pada pagi harinya, kamu akan disapa sinar matahari yang hangat. Bayangkan betapa nikmatnya.
Sebelum berkemah, ada beberapa hal yang mesti kamu lakukan agar bisa liburan ramah lingkungan. Karena kalau salah-salah, saat berkemah kamu justru menambah masalah sampah.
Uji kreativitas kamu dengan memikirkan untuk mengganti aneka jenis wadah yang cocok sebagai pengganti plastik. Mulai dari tas kanvas, kotak makanan, kertas koran dan sebagainya.
Jika benar-benar membutuhkan plastik, usahakan untuk mencari plastik bekas yang masih dapat digunakan. Hindari membeli plastik atau menggunakan plastik baru.
Salah satu area kemah yang bisa kamu coba saat nanti berlibur kembali adalah Umbul Sidomukti. Berada di Gunung Ungaran, Semarang, Jawa Tengah, Umbul Sidomukti terletak di ketinggian 1.200 mdpl dan membuat udara di sana masih sangat dingin.
Ketika malam hari, kamu harus menggunakan jaket tebal walaupun berada di dalam tenda. Selain itu, camping ground Jawa Tengah ini juga memiliki luas yang cukup lebar dengan fasilitas kolam air untuk berenang di siang hari, sekaligus kawasan outbound di Jawa Tengah untuk area bermain keluarga.
Agar berkemahmu semakin berkesan, kamu juga bisa membawa bibit tanaman atau tumbuhan untuk ditanam di sekitar tempatmu menginap atau berkemah.
Memilih Penginapan yang Ramah Lingkungan
6 Aktivitas Liburan Ramah Lingkungan  (515997)
Rimba Orangutan Ecolodge.
Selain berkemah, kegiatan selanjutnya yang bisa kamu lakukan ketika liburan ramah lingkungan #DiIndonesiaAja adalah dengan memilih penginapan yang ramah lingkungan. Tak sulit kok menemukan penginapan yang ramah lingkungan, kamu bisa menemukannya salah satunya di dekat Taman Nasional Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.
Kamu bisa menginap di penginapan ramah lingkungan yaitu di Rimba Orangutan Ecolodge. Di tempat ini kamu bisa menyaksikan secara langsung kehidupan orangutan di alam liar, selain itu juga menginap di penginapan yang ramah lingkungan.
Menariknya, semua kamar di penginapan ini mengandalkan energi listrik yang bersumber dari panel surya atau solar panel yang memanfaatkan sinar matahari. Sehingga kamu pun tak perlu khawatir apakah penginapanmu ramah lingkungan atau tidak.
Apalagi, setiap kamarnya pun didesain ramah lingkungan, yaitu dengan menggunakan perabotan dari kayu hingga interior bagian dalam dan luar penginapan.
Saat menginap, jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan yang berlaku di sana, ya. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan.
Menggunakan Handuk Secara Bijak
6 Aktivitas Liburan Ramah Lingkungan  (515998)
llustrasi Handuk.
Jika selalu menggunakan handuk baru saat liburan, berarti handuk lama yang telah kamu pakai akan dicuci menggunakan sabun. Namun, kamu bisa menghemat pemakaian sabun dengan tidak terlalu sering mengganti handuk saat liburan, terlebih saat kamu liburan di penginapan ramah lingkungan.
Tidak hanya itu, kamu juga akan menghemat banyak air dengan tidak meminta tolong orang lain untuk mencuci dan mengganti handuk yang kamu gunakan setiap malam.
Saat menginap jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan dan juga menghemat penggunaan listrik dan air, ya. Dengan begitu, kamu pun telah ikut berkontribusi untuk tetap menjaga kelestarian alam saat liburan ramah lingkungan.
4. Menyewa Becak
6 Aktivitas Liburan Ramah Lingkungan  (515999)
Suasana di Jalan Malioboro.
Becak menjadi salah satu transportasi alternatif buat kamu yang ingin liburan ramah lingkungan. Sebab, becak digerakkan menggunakan tenaga manusia, sehingga meminimalisir sumbangan emisi gas yang keluar dari kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum.
Selain itu, desain becak yang terbuka membuat wisatawan bisa menghirup udara sekitar. Beberapa destinasi wisata yang tetap mempertahankan becak sebagai salah satu daya tariknya adalah Yogyakarta atau Semarang.
Di Yogyakarta, tempat yang bisa kamu kunjungi untuk menyewa becak adalah kawasan Malioboro. Kamu bisa mengelilingi dan melihat hiruk pikuk Jalan Malioboro menggunakan becak.
Tak hanya di Yogyakarta, kamu juga bisa mencoba naik becak di Semarang, tepatnya kawasan Simpang Lima. Menariknya, becak-becak di Simpang Lima pun tak hanya menjadi sebuah transportasi semata, tetapi juga dihias sedemikian rupa untuk menarik wisatawan.
Selain Yogyakarta dan Semarang, kota lain yang juga asyik dikelilingi dengan becak adalah Solo. Ada banyak destinasi yang bisa dinikmati dari atas kendaraan ini, mulai dari Pasar Klewer, Pasar Gede, Keraton Surakarta dan beberapa tempat wisata lainnya. Selain itu, kamu pun tak sulit menemukan tempat mangkalnya becak-becak yang ada di Solo.
5. Bersepeda Mengelilingi Kota
6 Aktivitas Liburan Ramah Lingkungan  (516000)
Ilustrasi traveler bersepeda.
Bersepeda akhir-akhir ini menjadi salah satu kegiatan yang diminati banyak orang, tak terkecuali wisatawan. Nah, bersepeda pun menjadi salah satu cara untukmu yang ingin liburan ramah lingkungan.
Selain ibu kota Jakarta, Surakarta menjadi destinasi wisata menarik buat kamu yang ingin suasana berbeda ketika menggowes sepedamu. Apalagi, kota kelahiran Presiden Joko Widodo ini juga punya banyak sekali rute sepeda.
Jalur sepeda tersebut membentang sepanjang 23 kilometer (km) yang terdiri dari 17,38 km jalur lambat dan 5,7 km city walk di sepanjang Jl. Slamet Riyadi. Bahkan, mengutip laman pariwisatasolo.surakarta.go.id, “Solo on Wheels” merupakan peta wisata bersepeda yang menyajikan dengan tiga rute utama untuk menikmati Kota Solo (Surakarta).
Kamu bisa menjelajah Kota Solo dari sisi sejarah dan budaya (Rute Historis), Taman-taman kota (Rute Taman), dan Pusat kerajinan dan Batik (Rute Kriya).
6. Menanam Mangrove
6 Aktivitas Liburan Ramah Lingkungan  (516001)
Ilustrasi menanam mangrove.
Sebagai bentuk peduli dalam pelestarian lingkungan, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan. Salah satu bentuk kepedulian adalah dengan ikut serta dalam penanaman tanaman bakau atau yang sering disebut juga mangrove.
Keberadaan ekosistem mangrove terbilang cukup penting, khususnya bagi kawasan pesisir, baik sebagai benteng pertahanan dari abrasi maupun sebagai mata pencaharian alternatif melalui pengembangan industri pariwisata.
Ada beberapa tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat liburan ramah lingkungan #DiIndonesiaAja, salah satunya adalah Semarang. Kamu bisa mengunjungi destinasi ekowisata mangrove di Mangrove Edupark.
Objek wisata ini berada di daerah Pantai Maroon, tepatnya di belakang Bandara Ahmad Yani Kota Semarang. Selain menyuguhkan betapa panorama keindahan ekowisata mangrove, saat mengunjungi tempat ini kamu juga bisa mengetahui betapa pentingnya tanaman mangrove.
Namun, saat berkunjung ke ekowisata mangrove, jangan lupa juga untuk memperhatikan protokol kesehatan, ya. Kamu harus selalu mencuci tangan, menjaga jarak, memakai masker, dan mengecek suhu tubuh saat berada di sana.
Nah, itu enam aktivitas ramah lingkungan yang bisa kamu coba saat liburan agar lebih bijak menjadi traveler. Jadi, tak hanya sekadar jalan-jalan #DiIndonesiaAja, tapi kamu juga ikut berkontribusi menjaga alam. Seru, bukan?