Trekking di Piaynemo, Raja Ampat

7 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Raja Ampat, Dijamin Ketagihan!

8 Oktober 2021 18:27
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
7 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Raja Ampat, Dijamin Ketagihan! (80695)
zoom-in-whitePerbesar
Raja Ampat, Papua Foto: Shutter stock
Tak akan ada habisnya jika berbicara tentang Raja Ampat. Surga wisata di timur Indonesia ini memang menyuguhkan banyak pesona alam yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari Batu Pensil, Start Lagoon, Wayag, Desa Arborek, Pasir Timbul, Piaynemo, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Karena keindahannya, banyak wisatawan domestik maupun internasional berbondong-bondong datang untuk menikmati keindahan alam Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Terlebih sejak PON XX dihelat di Papua, semakin banyak wisatawan yang juga melirik Raja Ampat dan sekitarnya sebagai alternatif destinasi liburan #DiIndonesiaAja. Hal ini jugalah yang diungkapkan oleh Menparekraf Sandiaga Uno.
"Papua sedang mendapat perhatian Indonesia dan juga dunia pada Oktober ini karena penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI di Papua," ujar Sandiaga, seperti dikutip dari siaran pers "Menparekraf Dukung Konferensi Besar Masyarakat Adat Papua IV Wilayah Adat IV Bomberay".
Tak hanya sekadar menarik perhatian, Raja Ampat juga menawarkan banyak aktivitas yang bisa dicoba saat berkunjung ke sana, mulai dari berpetualang dan bersantai di air terjunnya yang indah, hingga melihat burung Cendrawasih yang menjadi ikon dari tanah Papua.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk itu, berikut kumparan rangkum tujuh aktivitas seru yang bisa dicoba saat berlibur ke Raja Ampat nanti. Namun tidak hanya Raja Ampat, jika kamu butuh informasi update lainnya seputar destinasi wisata menarik #DiIndonesiaAja, yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel!

1. Berpetualang di Air Terjun Batanta

7 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Raja Ampat, Dijamin Ketagihan! (80696)
zoom-in-whitePerbesar
Air terjun Batanta, Raja Ampat. Foto: Shutterstock
Salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan di Raja Ampat adalah berpetualang di Air Terjun Batanta yang berlokasi di Pulau Batanta, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Wisata yang satu ini menawarkan keindahan alam yang menakjubkan.
Sebelum melihat keindahan air terjunnya, kamu harus menjelajah ke pedalaman hutan terlebih dahulu selama kurang lebih sekitar 1 km. Meski jaraknya cukup jauh, kamu tak perlu khawatir, karena sepanjang perjalanan akan disuguhkan beragam keindahan alam berupa pepohonan hijau dengan suasana yang sejuk.
ADVERTISEMENT
Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini, terlihat begitu megah. Aliran air mengalir di sekitar batu besar, sehingga menghasilkan pesona yang eksotis.
Keunikan yang dimiliki air terjun ini yaitu adanya gua kecil yang berada di balik air terjun tersebut. Di dalamnya, kamu bisa bersantai di balik aliran air yang mengalir.
2. Bird Watching di Saprokren
7 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Raja Ampat, Dijamin Ketagihan! (80697)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi burung cendrawasih. Foto: Andrea Lawardi/flick via Wikimedia Commons
Buat pencinta fauna khususnya burung, kamu bisa mencoba bird watching di Saprokren, Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Di sana, kamu akan melihat secara langsung beragam jenis burung, termasuk burung asli Papua yaitu cendrawasih.
Sebelum mencapai lokasinya, kamu harus menjelajahi hutan Pulau Sawinggrai terlebih dahulu. Di dalam hutan, burung-burung akan menampakkan dirinya di pepohonan sambil menemanimu dalam perjalanan.
ADVERTISEMENT
Jika penasaran dengan aktivitas bird watching, kegiatan ini dilakukan dua kali sehari dengan jadwal pukul 07.00-09.00 WIT dan pukul 16.00-17.00 WIT.
3. Diving di Batu Lima
7 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Raja Ampat, Dijamin Ketagihan! (80698)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi diving. Foto: Kemenparekraf
Kawasan Batu Lima, Selat Dampier, sangat cocok bagi kamu para penyelam pemula. Spot diving yang memiliki kedalaman menyelam sekitar 24 meter ini menyuguhkan kondisi arus yang bermacam-macam.
Namun tenang saja, keadaan arus yang ada di sana tidak terlalu kuat, karena ada banyak batu karang yang berukuran besar di dasar laut untuk menghalaunya.
Hanya menyelam beberapa meter saja, kamu sudah bisa menemukan terumbu karang cantik berwarna ungu dengan jelas. Tak hanya itu, aneka makhluk laut pun hadir di sini, termasuk si langka Hiu Blacktip Reef.
ADVERTISEMENT

4. Menikmati Island Hopping di Raja Ampat

7 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Raja Ampat, Dijamin Ketagihan! (80699)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi island hopping di Raja Ampat Foto: instagram/@rajaampatislands
Berkunjung ke Kepulauan Raja Ampat tidak lengkap rasanya jika tidak melakukan island hopping. Island hopping sendiri merupakan salah satu kegiatan berpindah-pindah dari satu pulau ke pulau lainnya.
Ada beragam spot yang bisa kamu jelajahi, mulai dari Batu Pensil, Teluk Kabui, Piaynemo, Telaga Bintang, Tano, dan masih banyak lagi. Menghadirkan panorama alam yang sangat memesona, kamu akan merasa takjub dibuatnya. Sehingga rasanya ingin terus berlama-lama menikmati wisata di Raja Ampat.

5. Memberi Makan Hiu di Piaynemo

7 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Raja Ampat, Dijamin Ketagihan! (80700)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi anak hiu. Foto: Shutter Stock
Aktivitas selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah memberi makan hiu di Piaynemo. Piaynemo sendiri merupakan salah satu destinasi wisata terkenal di Kepulauan Raja Ampat dengan gugusan pulau karang yang memesona. Lokasinya sendiri berada di Groot Fam, Saukabu, Kepulauan Raja Ampat.
ADVERTISEMENT
Tak hanya menyajikan gugusan pulau karangnya saja, Piaynemo juga memiliki penangkaran hiu liar di sekitar pulaunya. Ikan-ikan yang ada di sana tidak sengaja dipelihara, karena suatu waktu mereka datang dengan sendirinya tanpa takut dengan manusia.
Pada umumnya, ikan hiu yang ada di tempat tersebut masih sangat muda dan berukuran kecil, maka kamu akan melihat mereka bermain di bawah pos yang ada di Piaynemo. Tak jarang, para petugas pos yang berjaga akan memberi makan mereka. Seru, kan?

6. Snorkeling di Desa Sawandarek

7 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Raja Ampat, Dijamin Ketagihan! (80701)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Snorkeling. Foto: Pixabay
Masih berada di Selat Dampier, kamu bisa berkunjung ke Desa Sawandarek untuk menikmati aktivitas menyelam seperti snorkeling. Desa ini memang terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Berbagai jenis makhluk laut akan kamu temukan, seperti ikan mandarin, kakap, kuda laut mini, blue ring octopus, udang mantis, dan ekor kuning.
ADVERTISEMENT
Bahkan seringkali, para penyelam bertemu dengan gerombolan ikan tuna ketika sedang menjelajahi bawah lautnya. Menariknya, jika beruntung, kamu juga akan menjumpai penyu.

7. Trekking di Wasai, Kabui, dan Piaynemo

7 Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba Saat ke Raja Ampat, Dijamin Ketagihan! (80702)
zoom-in-whitePerbesar
Trekking di Piaynemo, Raja Ampat. Foto: Shutter Stock
Aktivitas seru lainnya yaitu trekking. Sebagai pulau yang memiliki ragam wisata alam, Raja Ampat menyimpan spot-spot trekking yang bisa kamu kunjungi. Beberapa tempat tersebut adalah Waisai, Kabui dan Piaynemo.
Tempat-tempat trekking tersebut akan langsung menyuguhkan pesona Raja Ampat dari ketinggian berupa bentangan gugusan pulau-pulau kecil di tengah laut yang tenang berwarna biru.
Rute trekking tersebut tidak serta merta tersedia, namun kamu ditantang untuk membuat jalur sendiri. Tak jarang, di perjalanan kamu akan bertemu dengan hewan-hewan maupun tumbuhan yang membuat terkejut. Tetapi jangan khawatir, semuanya aman dan perjuanganmu tidak akan sia-sia ketika melihat pesona alam Raja Ampat yang begitu indah.
ADVERTISEMENT
Gimana, sudah siap merencanakan liburan ke Raja Ampat? Namun, sebelum itu jangan lupa untuk segera mengikuti vaksinasi Covid-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar. Apalagi jika kamu ingin berlibur, vaksinasi sudah menjadi syarat wajib dalam bepergian.
Tak hanya itu saja, sangat penting untuk tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M di mana pun kamu berada, ya! Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
Selama #DiRumahAja isi waktu luangmu dengan beragam keseruan, ya! Salah satunya dengan ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya. Caranya mudah banget, kamu tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan PUKIS terbaru pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention tiga temanmu untuk ikutan kuis ini. Akan ada beragam hadiah menarik untuk para pemenangnya, lho!
ADVERTISEMENT
Butuh rekomendasi kegiatan seru dan bermanfaat lainnya? Yuk, saksikan acara Gantari yang ditayangkan secara live dari akun Instagram @pesonaid_travel pada 9 Oktober 2021! Acara peragaan busana dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober lalu ini, akan mengangkat tema “The Final Journey to Java”. Dengan berlatarkan Candi Prambanan dan menghadirkan beragam koleksi batik cantik khas Indonesia, serta keterlibatan orang-orang hebat di belakangnya, jangan sampai kamu kelewatan acara ini, ya! Untuk informasi selengkapnya, kamu bisa cek tautan ini!