kumparan
24 April 2018 7:37

7 Hal yang harus Kamu Tahu Sebelum Berkunjung ke Suatu Negara

Ilustrasi Traveling
Ilustrasi Traveling (Foto: Thinkstock)
Menjelang libur panjang, banyak orang sudah menyiapkan rencana berlibur dari jauh-jauh hari. Karena jangka waktu yang cukup lama, bahkan ada pula yang merencanakan untuk menghabiskan liburan di luar negeri.
ADVERTISEMENT
Mencari tiket perjalanan hingga tempat penginapan menjadi sedikit kegiatan yang dilakukan sebelum benar-benar menghabiskan waktu untuk berlibur ke suatu negara. Tapi selain hal tersebut, pastikan kamu mencari tahu hal lainnya, seperti persyaratan pembuatan visa atau bahasa lokal di destinasi wisata yang ingin kamu tahu.
Dilansir Travel and Leisure, berikut tujuh hal yang mesti kamu cari tahu sebelum traveling ke luar negeri:
1. Persyaratan pembuatan visa
Visa Schengen
Visa Schengen (Foto: lc.ambafrance.org)
Singapura dan Jepang menjadi negara pemegang paspor terkuat di dunia menurut Henley Passport Index. Hal ini membuat pelancong dengan paspor dari kedua negara ini mendapatkan kemudahan ketika berkunjung ke negara lain. Indonesia sendiri yang berada di posisi ke 69 mendapat kesempatan untuk berkunjung ke 70 negara asing tanpa visa.
ADVERTISEMENT
Jumlah yang sedikit ini membuat kamu pemegang paspor Indonesia membutuhkan visa untuk berkunjung ke negara lain. Untuk itu, kamu perlu banyak mencari tahu peraturan pembuatan visa atau persyaratan mendapat Visa on Arrival ketika berkunjung ke suatu negara. Informasi ini akan berguna untuk menyiapkan dokumen yang kelak akan dibutuhkan saat membuat visa.
2. Cuaca atau musim
Ilustrasi Hujan
Ilustrasi hujan (Foto: Pixabay)
Ketika ingin berkunjung ke suatu negara, kamu harus mencari tahu cuaca negara yang akan dituju serta musim yang terjadi di negara tersebut. Bukan hanya untuk mencegah saltum atau salah kostum saat berkunjung, hal ini juga akan membantu kamu menyiapkan itinerary, seperti tempat wisata yang dituju. Tidak mau salah musim, lalu kamu ke pantai di saat musim dingin, bukan?
ADVERTISEMENT
Mengetahui hal ini juga akan membantu kamu untuk menyiapkan kebutuhan saat traveling, seperti membawa baju hangat. Ini akan memudahkan kamu agar tidak membawa barang yang tidak sesuai terlalu banyak.
3. Nilai tukar mata uang
Ilustrasi mata uang Dolar.
Ilustrasi mata uang Dolar. (Foto: AFP/Adek Berry)
Fluktuasi nilai tukar mata uang memang tidak dapat dipastikan. Tetapi, kamu dapat mengakalinya dengan memperbanyak riset dan mencari tahu kisaran nilai tukar mata uang tersebut.
Dengan begitu, kamu dapat menukarkan uang di kisaran harga yang tepat dan di tempat yang tepat. Hal ini juga akan menghindarkan kamu membayar terlalu tinggi dari yang seharusnya saat menukar mata uang.
4. Periode liburan atau libur hari besar
Ilustrasi kalender
Ilustrasi kalender (Foto: Dok. Thinkstock)
Ketika ingin berkunjung ke suatu negara, baiknya kamu tahu masa libur nasional atau hari besar yang dirayakan di negara tersebut. Karena dengan mengetahui hal tersebut, kamu bisa mendapatkan pengalaman seru, seperti mengikuti festival atau tradisi yang dirayakan di saat kamu berkunjung.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kamu juga jadi dapat memperkirakan kepadatan penduduk di kota, apakah transportasi umum akan tetap ada saat kamu butuhkan, atau seberapa padat tempat wisata yang akan kamu kunjungi.
5. Mode pakaian yang cocok untuk digunakan
Pantai Flamingo di Aruba (NTCV)
Pantai Flamingo di Aruba (Foto: Flickr/Steve Chen)
Tak hanya negaranya, jangan lupa juga untuk melakukan riset terhadap budaya di negara tersebut. Selain faktor cuaca dan musim, budaya juga dapat berpengaruh pada kebiasaan berpakaian masyarakat lokal.
Misalnya saja di Myanmar yang harus menggunakan pakaian tertutup pada bagian bahu atau kaki. Kamu juga harus menggunakan rok atau celana panjang ketika berkunjung ke komplek biara di Meteora, Yunani.
6. Transportasi yang akan digunakan
Ilustrasi Cable Car
Ilustrasi Cable Car (Foto: Pixabay)
Saat traveling, kamu pasti akan terbiasa menggunakan transportasi umum. Apalagi jika perjalanan tersebut menghabiskan waktu lama dengan beberapa destinasi.
ADVERTISEMENT
Mencari tahu moda transportasi seperti kereta api, pesawat, atau bus yang tersedia di negara tujuan akan sangat membantu. Karena beberapa tempat wisata bahkan memberikan fasilitas sewa motor atau mobil.
Mencari lewat forum atau website travel juga dapat mengoptimalkan riset kamu untuk menentukan strategi paling tepat. Misalnya cara melakukan reservasi tiket transportasi atau rute terbaik dari dan menuju bandara, atau membantu kamu berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.
7. Kata-kata dasar bahasa lokal
com-Banyak Pilihan Bahasa
com-Banyak Pilihan Bahasa (Foto: Thinkstock)
Tidak semua negara mampu berbahasa Inggris dengan baik. Karena itu, akan lebih baik jika kamu tahu dan mengerti beberapa kata dasar bahasa lokal di negara yang kamu tuju.
Tidak harus fasih, tapi kamu bisa memulainya dengan frase sederhana, seperti sapaan halo, selamat pagi, permisi, terima kasih, selamat tinggal, dan maaf.
ADVERTISEMENT
Selain kata-kata tersebut, ada baiknya jika kamu juga tahu kalimat tertentu dalam bahasa lokal, seperti cara bertanya lokasi toilet, sehingga perjalananmu akan terasa lebih mudah. Mengenal beberapa kata dasar dalam bahasa lokal juga dapat membantu kamu untuk lebih mudah akrab dengan warga sekitar.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan