Masjid An Nurumi yang memiliki desain berarsitektur Rusia
14 April 2021 18:14

7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Benteng Kremlin

7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Benteng Kremlin (131063)
Ilustrasi masjid. Foto: Irfan Adi Saputra/kumparan
Sebagai negara dengan mayoritas Muslim terbesar di dunia, enggak heran kalau kamu bisa menemukan masjid yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Selain dibangun dengan megah dan indah, ada beberapa masjid di Indonesia yang memiliki arsitektur unik dan tak biasa.
ADVERTISEMENT
Mulai dari masjid yang berbentuk menyerupai kapal hingga masjid yang berbentuk kubus. Berikut kumparan rangkum tujuh masjid dengan arsitektur paling unik di Indonesia.

1. Masjid Safinatun Najah, Semarang

Masjid Safinatun Najah atau yang dikenal dengan Masjid Kapal, adalah salah satu masjid dengan arsitektur unik yang bisa kamu temukan di Indonesia.
Sesuai namanya, bangunan masjid yang satu ini berbentuk menyerupai sebuah kapal. Karena arsitekturnya yang unik itu, membuat masjid ini dikenal dengan sebutan Masjid Kapal Bahtera Nabi Nuh.
Masjid yang dibangun pada 2015 ini sebenarnya bernama Masjid Safinatun Najah. Terdapat filosofi khusus kenapa masjid ini berbentuk menyerupai kapal Nabi Nuh.
Mengutip beberapa sumber, sesuai namanya, Safinatul Najah mengingatkan umat Islam tentang kisah Nabi Nuh saat diperintahkan Allah untuk menyelamatkan kaumnya dari bencana banjir. Oleh sebab itu, masjid ini dibuat menyerupai kapal Nabi Nuh.
ADVERTISEMENT
Tak hanya memiliki desain unik yang menyerupai kapal Nabi Nuh, Masjid Kapal Semarang dikelilingi dengan kolam air. Hal itu dibuat agar bangunan masjid seolah mengambang di atas air dan juga berguna untuk membersihkan kaki jemaah sebelum masuk beribadah.
Masjid ini terdiri dari empat lantai. Di lantai pertama berfungsi sebagai ruang pertemuan, sedangkan lantai dua dan tiga merupakan tempat ibadah. Kemudian di lantai empat berfungsi sebagai tempat wisata untuk melihat pemandangan alam dari ketinggian.

2. Masjid Perahu, Jakarta

7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Benteng Kremlin (131064)
Masjid Perahu di Tebet Foto: Helmi Afandi/kumparan
Masjid berbentuk kapal ternyata enggak hanya bisa kamu temukan di Semarang, melainkan di Jakarta. Ialah Masjid Perahu atau Masjid Agung Al-Munada Baiturrahman, yang terletak di Jalan Menteng Pulo Raya Nomor 23, RT 3/RW 5, Menteng Dalam, Tebet, Jakarta Selatan.
ADVERTISEMENT
Bentuk perahu di bagian luar menjadi satu keunikan masjid yang dibangun pada 1962 itu. Masjid yang terinspirasi dari kisah Nabi Nuh itu dibangun oleh KH Abdurrahman Massum. Sampai sekarang, bentuk asli masjid itu tetap dipertahankan.
Selain itu, di bagian ujung masjid terdapat sebuah ruangan berisi Al Quran berukuran 2 x 1 meter dengan ketebalan 30 sentimeter, yang dikelilingi 16 batu giok koleksi sang pendiri masjid. Al Quran dengan sampul kayu ini ditulis oleh Ustad Amir Hamzah, penulis kaligrafi dari Madura, yang dibuat kurang lebih 30 tahun.

3. Masjid Kubah Emas, Depok

7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Benteng Kremlin (131065)
Masjid Kubah Emas, Depok Foto: Abdul Latif/kumparan
Masjid Dian Al Mahri yang jadi salah satu ikon Kota Depok ini ternyata mampu mengundang decak kagum wisatawan yang berkunjung. Tak hanya karena kemegahan arsitekturnya, kubah dari masjid ini ternyata memang terbuat dari emas 24 karat.
ADVERTISEMENT
Selain kubahnya yang terbuat dari emas, masjid ini memiliki luas bangunan yang mencapai sekitar 8.000 meter persegi. Luas keseluruhan kawasan masjid sekitar 50 hektare.
Dengan ukurannya tersebut, Masjid Kubah Mas mampu menampung hingga 20 ribu jemaah. Di masjid ini tersedia lahan parkir yang sangat luas, gedung atau balai pertemuan, kebun, restoran, suvenir, dan lainnya.
Desain masjid yang megah serta kubahnya yang dilapisi emas membuat Masjid Dian Al Mahri menjadi tempat wisata religi favorit di Depok. Tidak hanya wisatawan domestik, masjid ini juga menarik perhatian wisatawan mancanegara.

4. Masjid Cheng Ho, Surabaya

7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Benteng Kremlin (131066)
Masjid Cheng Ho Foto: Wikimedia Commons
Jika dilihat sekilas, orang akan menyangka bahwa bangunan ini merupakan sebuah klenteng. Tetapi, ternyata bangunan ini merupakan sebuah masjid yang diperuntukkan bagi umat Islam.
ADVERTISEMENT
Adalah Masjid Cheng Ho, masjid yang terletak di Ketabang Genteng, Surabaya. Masjid ini merupakan salah satu masjid di Surabaya yang memiliki perpaduan arsitektur antara kebudayaan Arab dan China.
Dibangun pada tahun 2001, Masjid Cheng Ho merupakan wujud rasa syukur dan penghormatan segenap Muslim di Surabaya dan Indonesia, terhadap Laksamana Bahariawan asal negeri China yang memeluk agama Islam.

5. Masjid Raya An-Nur, Bintan

7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Benteng Kremlin (131067)
Masjid Raya An-Nur Foto: Shutter Stock
Masjid pink terakhir berasal dari Indonesia, tepatnya berada di Bintan, Kepulauan Riau. Masjid Raya An-Nur ini memiliki warna pink cerah yang kemudian berkembang menjadi ikon baru Bintan.
Masjid Raya An-Nur dikelilingi berbagai ornamen cantik, serta ukiran kaligrafi yang indah. Selain di dominasi warna pink, Masjid Raya An Nur juga diberi sentuhan emas yang membuat tampilannya masjid menjadi lebih elegan.
ADVERTISEMENT
Fasilitasnya pun terbilang lengkap, misalnya lahan parkir yang luas, toilet, tempat wudhu, hingga penitipan alas kaki. Jadi, tak ada salahnya untuk mampir di masjid ini jika berkunjung ke Bintan, karena letaknya hanya beberapa menit berkendara dari Pantai Trikora.

6. Masjid An Nurumi, Sleman

7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Benteng Kremlin (131068)
Masjid An Nurumi yang memiliki desain berarsitektur Rusia. Foto: Arfiansyah Panji Purnandaru/kumparan
Masjid berikutnya yang memiliki arsitektur unik adalah Masjid An-Nurumi yang terletak di Yogyakarta. Masjid unik ini memiliki bentuk kubah yang menyerupai ikon Kota Moskow.
Kubahnya yang berwarna-warni menyerupai lolipop dan bergaya arsitektur Rusia ini menjadi daya tarik tersendiri bagi jemaah atau wisatawan. Walaupun ukurannya yang tidak terlalu besar, masjid ini mampu memberikan keteduhan bagi jemaah yang ingin beristirahat sejenak dan menjalankan ibadah sebelum melanjutkan perjalanan.

7. Masjid Al Irsyad, Padalarang

7 Masjid dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Ada yang Mirip Benteng Kremlin (131069)
Masjid Al Irsyad Foto: Wikimedia Commons
Masjid dengan arsitektur unik lainnya bisa kamu temui di Padalarang, Jawa Barat. Masjid tersebut adalah Masjid Al Irsyad.
ADVERTISEMENT
Keunikan dari masjid ini adalah bangunannya yang berbentuk menyerupai sebuah kubus. Pada bagian dinding masjid kamu juga bisa menemukan kaligrafi tiga dimensi yang bertuliskan dua kalimat syahadat.
Karena keunikan dan keindahan arsitekturnya, masjid ini juga terpilih sebagai bangunan terindah sedunia dalam kategori Religius Architecture Building of The Year pada 2010 oleh National Frame Building Association.
Selain keunikan arsitekturnya, masjid ini memiliki nilai filosofis yang tinggi. Sebab, lanskap berbentuk garis-garis yang melingkar mengelilingi masjid merupakan representasi dari tawaf ketika mengelilingi ka'bah.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)