kumparan
Food & Travel30 Oktober 2018 11:31

7 Spot Eksotis di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

Konten Redaksi kumparan
Pantai Tanjung Kelayang
Pantai Tanjung Kelayang di Belitung. (Foto: Flickr/Rachmad Kurniadi)
Bangka Belitung yang dikenal sebagai salah satu penghasil timah terbesar di Pulau Sumatera ini memiliki beragam destinasi wisata yang indah. Keindahan wisata Bangka Belitung terletak pada pesona wisata baharinya yang sangat menawan.
ADVERTISEMENT
Provinsi yang merupakan gabungan dari dua kepulauan, yakni Bangka dan Belitung, ini memiliki banyak pantai dengan karakteristik bebatuan granit yang khas. Selain itu permukaan pantainya juga landai.
Jika kamu memasukkan Kepulauan Bangka Belitung dalam daftar kunjunganmu, ada baiknya kamu simak juga rekomendasi spot-spot menarik di daerah ini ya. Berikut kumparanTRAVEL rangkum tujuh deretan pantai cantik yang ada di Bangka Belitung.
1. Pantai Tanjung Kelayang
Tanjung Kelayang
Tanjung Kelayang (Foto: Nur Rahim Bima via Flickr)
Terletak sekitar 27 km dari Kota Tanjungpandan, Pantai Tanjung Kelayang adalah salah satu destinasi wisata di Bangka Belitung yang cukup populer di kalangan wisatawan dalam dan luar negeri. Pantai dengan formasi bebatuan granit yang membentuk seperti kepala burung, serta hamparan pasir putihnya yang indah merupakan salah satu daya tariknya.
ADVERTISEMENT
Dengan pesona keindahan dan panorama pantai yang menghipnotis, wajar jika pantai ini menjadi salah satu destinasi pilihan di Bangka Belitung.
2. Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi
Pantai Pasir Padi (Foto: Wikimedia Commons)
Pantai Pasir Padi yang berjarak sekitar 7 km dari kota Pangkalpinang adalah salah satu pantai yang terkenal di Bangka. Tak heran, kamu akan mendapati banyaknya warga Bangka yang mengunjungi pantai ini.
Pantai Pasir Padi memiliki pasir yang cukup unik lantaran menyerupai bulir-bulir padi. Itu makanya pantai ini dinamakan sebagai Pantai Pasir Padi. Di kawasan pantai, tersedia fasilitas yang cukup lengkap seperti hotel berbintang hingga restoran.
3. Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi
Pantai Tanjung Tinggi (Foto: Flickr/Rachmad Kurniadi)
Pantai ini adalah pantai yang paling menawan dan terpopuler di Kepulauan Bangka Belitung. Terlebih lagi pantai ini juga menjadi salah satu lokasi syuting film Laskar Pelangi.
ADVERTISEMENT
Pantai ini memiliki panorama yang memikat. Seperti layaknya pantai-pantai lainnya di Bangka Belitung, pasir putih dan bebatuan granit menghiasi pantai ini.
Nggak cuma itu, aneka olahraga air juga tersedia di pantai ini. Berenang, berjemur, snorkeling, bermain jetski hingga menjelajah dengan kano adalah aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di pantai ini.
4. Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas (Foto: Flickr/Aguntama Jaya)
Pulau lengkuas merupakan salah satu pesona dan primadona wisata di Bangka Belitung. Pasir putih, air laut yang jernih, batu-batu granit dan mercusuar tua peninggalan Belanda sejak 1882 menjadi daya tarik tersendiri.
Tak hanya itu, Pulau Lengkuas juga menjadi penangkaran penyu sisik. Jika beruntung kamu juga berkesempatan melepas penyu-penyu tersebut langsung ke laut lho.
5. Pulau Kepayang
Pulau Kepayang, Belitung
Pulau Kepayang, Belitung (Foto: Wikimedia Commons)
Pulau Kepayang merupakan salah satu pulau indah yang hanya berjarak sekitar 2 km dari Pantai Tanjung Kelayang. Pulau terbesar di antara belasan gugusan pulau kecil yang ada di utara Belitung ini kerap dijuluki sebagai Pulau Babi.
ADVERTISEMENT
Panorama keindahan pulau tersebut sudah tak diragukan lagi. Laut jernih, pasir putih yang lembut menyatu dengan hamparan bebatuan granit besar di sekitar pantai.
Tak hanya itu, wisatawan yang berkunjung ke pulau ini dapat melihat mercusuar Pulau Lengkuas.
Selain itu, wisatawan yang datang wajib mencoba snorkeling dan melihat terumbu karang yang indah bersama ikan warna-warni di dekatnya. Pulau Kepayang juga memiliki tempat penangkaran penyu sisik yang menjadikannya sebagai destinasi eko-wisata.
6. Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri
Pantai Parai Tenggiri (Foto: Wikimedia Commons)
Pantai yang berjarak sekitar 40 km dari Pangkalpinang ini juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Pantai Parai Tenggiri memiliki hamparan pasir putih dengan ombak yang lembut dan permukaan yang landai.
Pantai yang satu ini sangat eksotis dengan hamparan batu granitnya yang khas. Bahkan bebatuan granit di pantai ini memiliki berbagai ukuran dan ragam. Indah banget!
ADVERTISEMENT
7. Pulau Batu Berlayar
Batu Berlayar
Batu Berlayar (Foto: Indra Sukandar via Flickr)
Pulau indah ini lokasinya berdekatan dengan Pulau Lengkuas dan Pulau Kepayang. Selain pasir pantai dan batu granit yang besar, pantai ini juga cocok bagi kamu yang ingin snorkeling karena terumbu karangnya yang indah dan kekayaan biota lautnya.
Tertarik berkunjung ke sana?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan