Food & Travel
·
21 April 2021 18:25

7 Tempat Wisata Eksotis di Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini

Konten ini diproduksi oleh kumparan
7 Tempat Wisata Eksotis di Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini (437728)
Wisatawan menikmati suasana senja di Pantai Laendra, Desa Kemujan, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Minggu (22/7). Foto: ANTARA FOTO/Aji Styawan
Jepara dikenal sebagai kota kelahiran Raden Adjeng Kartini, tokoh pahlawan perempuan Indonesia yang memperjuangkan emansipasi perempuan. Enggak hanya dikenal sebagai kota kelahiran RA Kartini, Jepara punya segudang tempat wisata yang menarik buat disambangi.
ADVERTISEMENT
Mulai dari pantai yang punya nama sama dengan RA Kartini, hingga desa wisata yang menawarkan panorama alam khas pegunungan.
Berikut kumparan rangkum tempat wisata di Jepara yang menarik dikunjungi.

1. Pantai Kartini

7 Tempat Wisata Eksotis di Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini (437729)
Pantai Kartini di Jepara Foto: Flickr/Visit Jepara
Pantai Kartini merupakan tempat wisata di Jepara yang paling populer di kalangan wisatawan. Pantai satu ini tak hanya dikenal dengan pasirnya yang indah, tetapi juga panorama sunset yang eksotis.
Pantai RA Kartini juga tak hanya menyajikan panorama alam yang menakjubkan, tapi juga berbagai atraksi wisata, salah satunya Kura-Kura Ocean Park.
Di tempat ini kamu bisa mencoba wahana komedi putar, mandi bola, perahu arus, aquarium kura-kura raksasa, dan lain sebagainya. Pantai Kartini sendiri terletak di Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, atau 2,5 km ke arah barat dari Pendopo Kantor Bupati Jepara.
ADVERTISEMENT

2. Pulau Panjang

Pulau Panjang merupakan tempat wisata yang berada tidak jauh dari Pantai Kartini. Pulau seluas 19 hektare ini dapat ditempuh dengan kapal wisata 10 menit dari dermaga wisata Pantai Kartini.
Pulau Panjang dikelilingi laut dangkal dengan pantai pasir putihnya, serta terumbu karang yang eksotis.
Pulau ini pun menjadi spot menarik bagi kamu yang ingin menikmati berbagai kegiatan watersport, seperti snorkeling, berkano, atau berenang.
Alam yang indah ditambah dengan suasananya yang tenang dijamin menyejukkan hati setiap pengunjung yang datang.
Menariknya, di pulau ini kamu juga bisa menemukan Makam Syeikh Abu Bakar, seorang tokoh ulama Jepara yang berada di bagian barat pulau.

3. Museum RA Kartini

7 Tempat Wisata Eksotis di Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini (437730)
Museum R.A Kartini Foto: ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Sebagai pahlawan yang pernah memperjuangkan hak-hak wanita, tentu wajar saja jika RA Kartini mendapatkan berbagai apresiasi. Selain lagu nasional Ibu Kita Kartini, kamu juga bisa menemukan museum yang ditujukan untuk tokoh pahlawan perempuan tersebut.
ADVERTISEMENT
Didirikan pada tanggal 30 Maret 1975, Museum RA Kartini dibangun untuk untuk mengenang jasa-jasa kepahlawanannya. Di museum ini terdapat berbagai benda-benda bersejarah yang menjadi saksi bisu perjuangan RA Kartini.
Tak hanya itu, di museum ini juga terdapat kerangka ikan raksasa yang dijuluki “Joko Tuo”. Kerangka ini memiliki ukuran panjang 16 meter, lebar 2 meter, dan berat sekitar 6 ton.
Kamu bisa mengunjungi Museum RA Kartini yang terletak di sebelah utara alun-alun Kota Jepara.

4. Desa Wisata Tempur

Selain museum, Jepara juga punya tempat wisata yang tak kalah menariknya, yaitu Desa Wisata Tempur. Desa Tempur merupakan tempat wisata yang menyuguhkan keindahan panorama alam dari atas ketinggian.
Di sini kamu bisa menemukan banyak wisata alam serta tebing-tebing berbatu yang eksotis. Tak hanya itu, Wisata Tempur juga menawarkan suasana pegunungan dengan hawa yang sejuk.
ADVERTISEMENT
Kamu juga bisa menemukan candi bersejarah di desa ini, yaitu Candi Bubrah dan Candi Angin. Desa Tempur berada di kecamatan Keling, Jepara, Jawa Tengah.

5. Air Terjun Songgo Langit

Jepara masih menyimpan tempat wisata eksotis yang menarik buat kamu kunjungi. Salah satunya adalah Air Terjun Songgo Langit.
Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 80 meter dengan beberapa air terjun kecil di sekitarnya. Air Terjun Songgo Langit enggak hanya dikenal akan keindahannya, tetapi juga mitosnya.
Mengutip laman disparbud.jepara.go.id, konon menurut cerita bahwa tempat ini akan membuat pengunjung yang cuci muka ataupun mandi di air terjun menjadi awet muda.
Panorama alam di sekitar dan udaranya yang sejuk menjadikan air terjun ini tempat yang tepat untuk melepas penat atau sekadar bersantai.
ADVERTISEMENT

6. Benteng Portugis

Benteng Portugis menjadi tempat yang pas buat kamu yang ingin mencari tempat wisata dengan spot Instagramable dan bersejarah. Apalagi lokasinya yang berada persis di depan pantai dijamin akan membuat feed Instagram-mu makin ciamik.
Benteng ini dulunya dijadikan sebagai tempat pertahanan, serta untuk mengusir penjajah Belanda.
Benteng ini terletak di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara, atau 45 km di sebelah timur laut Kota Jepara.

7. Taman Nasional Karimunjawa

7 Tempat Wisata Eksotis di Jepara, Kota Kelahiran RA Kartini (437731)
Pemandangan Karimunjawa yang menenangkan Foto: Shutter Stock
Taman Nasional Karimunjawa terletak di sebelah barat laut Kota Jepara dengan jarak 83 kilometer. Tempat wisata yang satu ini dikenal memiliki keindahan alam yang tak tertandingi.
Area seluas lebih dari 107 ribu hektare ini difungsikan sebagai sebuah cagar alam laut. Di sana terdapat hutan hujan daratan rendah, padang lamun, algae, hutan pantai, hutan mangrove, dan terumbu karang. Tak heran apabila lokasi ini menjadi ekosistem laut yang dilindungi.
ADVERTISEMENT
Jika berkunjung ke sini, kamu bisa menikmati panorama bawah lautnya yang indah. Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan, seperti diving, snorkeling, memancing, berenang hingga berjemur di pinggir laut.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)