kumparan
30 Desember 2017 13:08

9 Destinasi Wisata Yogyakarta yang Bisa Kamu Jelajahi Dalam 2 Hari

Tugu Jogja sebagai landmark kota Yogyakarta
Tugu Jogja sebagai landmark kota Yogyakarta. (Foto: Instagram/@explorejogja)
Setelah berkutat melalui rutinitas padat di akhir tahun, tentunya setiap orang ingin beristirahat atau refreshing menenangkan pikiran. Salah satu cara terampuh adalah dengan pergi berlibur.
ADVERTISEMENT
Di tengah singkatnya waktu libur yang dimiliki, kamu tak perlu pergi ke tempat yang terlalu jauh untuk berlibur. Untuk kamu yang berdomisili di sekitar Jabodetabek, Yogyakarta bisa jadi pilihan sempurna.
Kota Pelajar ini memiliki jarak yang tak terlalu jauh dari Jakarta dan bisa ditempuh menggunakan kereta api. Hemat budjet dan waktu.
Untuk kamu yang memiliki waktu terbatas, kumparan (kumparan.com) telah menyiapkan itinerary simpel yang bisa kamu jadikan patokan untuk menjelajahi sebagian kecil Yogjakarta. Wisata budaya merupakan agenda wajib yang tak boleh terlewat jika berkunjung ke kota cantik yang sarat akan sejarah ini.
Ini dia sederet hal yang bisa kamu lakukan di Yogyakarta dalam dua hari!
Hari Pertama
ADVERTISEMENT
05.30 - Melihat matahari terbit di Puncak Suroloyo
Loading Instagram...
Adalah puncak tertinggi di Bukit Manoreh. Puncak ini juga merupakan salah satu tempat favorit untuk menyaksikan kemegahan sunrise di Yogyakarta. Ketika matahari terbit, sinar terangnya akan menyinari Candi Borobudur dan empat gunung besar yang ada di dekatnya. Seperti Merapi, Sidoro, Merbabu dan Sumbing.
Selain dimanjakan dengan pemandangan yang indah, kamu juga bisa melihat beberapa artefak religius termasuk paviliun pertapaan dan patung-patung.
08.00 - Jelajahi Kalibiru
Loading Instagram...
Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan alam, hutam rimbun, danau, pegunungan, hingga pantai. Spot ini jadi favorit milenial karena instagramable untuk dijadikan sebagai tempat berfoto. Keindahan Waduk Sermo yang dibingkai oleh perbukitan Manoreh dijamin akan memanjakan matamu.
ADVERTISEMENT
11.30 - Makan siang di Bale Raos
Loading Instagram...
Kembali ke pusat kota, kamu harus mencicipi kelezatan makan siang di Bales Raos untuk 'isi ulang' tenaga. Restoran ini menyajikan hidangan klasik khas Jawa. Seluruhnya merupakan menu kesukaan Sultan Hamengku Buwono IX.
12.30 - Keliling Keraton Yogyakarta
Loading Instagram...
Setelah perut kenyang dan energi kembali terisi, sekarang saatnya kamu menyaksikan perjalanan hidup masyarakat Jawa di Keraton Yogyakarta. Komplek istana ini masih berfunsi sebagai tempat tinggal keluarga Sultan, namun beberapa bagiannya sengaja terbuka untuk umum. Kamu juga bisa menikmati pertunjukan tarian dan musik tradisional, termasuk tarian Serimpi yang sakral.
15.00 - Mengunjungi Museum Affandi
Loading Instagram...
Siapa yang tak mengenal Affandi? Bisa dikatakan, Maestro Seni Lukis Indonesia ini merupakan salah satu pelukis paling terkenal di dunia. Saking terkenalnya, Affandi bahkan dijuluki sebagai Bapak Ekspresionisme (sesuai aliran lukisannya). Wafat pada 1990, kamu bisa menyaksikan keindahan 250 lukisan Affandi di Museum Affandi, Yogyakarta.
ADVERTISEMENT
17.00 - Melihat matahari terbenam di Candi Prambanan
Loading Instagram...
Candi Hindu terbesar di Indonesia ini merupakan destinasi yang tak boleh terlewatkan. Kamu bisa menjelajahi komplek candi sambil mempelajari sejarah. Candi yang dibangun pada abad ke 9 ini memiliki panorama cantik ketika matahari terbenam.
Hari Kedua
05:30 - Menyaksikan Sunrise di Punthuk Sethumbu
Loading Instagram...
Dari bukit ini, kamu bisa menikmati keindahan matahari terbit dengan latar belakang Gunung Merapi dan Candi Borobudur.
08:00 - Pergi ke Candi Borobudur
Loading Instagram...
Situs warisan dunia ini memiliki arsitektur Buddha khas Jawa yang memadukan konsep tradisional dengan Buddhis. Dinding batunya dipenuhi relief yang menggambarkan narasi dan sejarah. Terdapat sekitar 504 patung Buddha yang mengarah ke kubah tengah. Candi Borobudur juga dianggap sebagai candi terbesar dan terlengkap di dunia, sehingga menarik perhatian wisatawan, ilmuwan dan peziarah.
ADVERTISEMENT
18:00 - Makan makanan lokal
Loading Instagram...
Makan di angkringan merupakan pengalaman yang wajib kamu rasakan kala berwisata ke Yogyakarta. Menjelang sore, para penjual akan keluar dan mulai menjajakan makanan aneka kuliner khas Jawa. Mulai dari gudeg, aneka sate, tahu, tempe, dan masih banyak lagi. Harganya juga sangat ramah di kantong.
===
Kamu mau uang tunai untuk jalan-jalan? Silakan ikuti kompetisi menulis bersama tiket.com. Hadiah totalnya Rp 25 juta dan lomba berakhir pada 14 Januari 2018. Info selengkapnya bisa dilihat di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan