kumparan
27 Januari 2020 20:42

AirAsia Batalkan Penerbangan ke dan dari Wuhan

com-AirAsia
com-AirAsia Foto: Shutterstock
AirAsia untuk sementara membatalkan semua penerbangannya dari Kota Kinabalu, Bangkok dan Phuket ke Wuhan, China hingga 15 Februari 2020. Kebijakan ini ditempuh terkait merebaknya virus corona.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari pernyataan resmi AirAsia, Senin (27/1), maskapai berbiaya rendah ini memprioritaskan keselamatan dan keamanan penumpang.
Untuk itu beberapa destinasi dalam jaringan penerbangan AirAsia telah memberlakukan larangan perjalanan untuk penumpang berdasarkan kebangsaan, kota asal, riwayat perjalanan, dan tujuan perjalanan.
com-Maskapai AirAsia.
com-Maskapai AirAsia. Foto: Shutterstock
AirAsia juga mematuhi saran dan peraturan dari otoritas kesehatan global dan lokal, termasuk Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
Sebelum melakukan perjalanan, penumpang AirAsia disarankan untuk melakukan pengecekan ke pemerintah atau kantor kedutaan, serta otoritas kesehatan setempat.
com-Maskapai AirAsia.
com-Maskapai AirAsia. Foto: Shutterstock
AirAsia memantau dengan cermat situasi ini dan akan terus memberikan informasi tentang perkembangan terkini.
Bagi calon penumpang yang ingin mengubah rencana perjalanan dari dan ke Wuhan, AirAsia memberikan beberapa opsi, yaitu:

1. Akun Kredit (Credit Account)

Kredit senilai harga tiket pada akun AirAsia BIG Loyalty yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya.
ADVERTISEMENT
Kredit ini berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan, untuk tanggal keberangkatan kapan saja, tergantung pada ketersediaan. Tanggal perjalanan dapat di luar masa berlaku hanya bila penerbangan tidak lagi tersedia.
Tersedia untuk penerbangan ke/dari semua kota di Tiongkok hingga 15 Februari 2020 (atau hingga 29 Februari hanya untuk penerbangan ke/dari Wuhan) yang tiketnya diterbitkan sebelum tanggal 24 Januari 2020; ATAU

2. Pengembalian Dana (Full Refund)

Pengembalian dana secara penuh sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan, senilai jumlah yang dibayarkan pada saat pemesanan.
Tersedia untuk penerbangan ke/dari seluruh kota di Tiongkok hingga 15 Februari 2020 dan penerbangan pulang tanggal 16-29 Februari 2020 yang tiketnya diterbitkan sebelum tanggal 24 Januari 2020.
LIPSUS, Airasia
Pesawat udara parkir di Apron Bandara I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis (7/3/2019). Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Lebih lanjut, pengajuan permintaan pengembalian uang dapat dilakukan dengan AVA di support.airasia.com. Dari kategori menu utama yang tersedia, klik "Refund" lalu "New Refund Request" dan akhirnya "AirAsia ke / dari Wuhan." Dari sana, cukup ikuti instruksi seperti yang diarahkan oleh AVA.
ADVERTISEMENT
Sedangkan untuk pemesanan tiket yang dilakukan melalui agen perjalanan termasuk agen perjalanan online, permintaan pengembalian dana harus dilakukan melalui agen perjalanan masing-masing.
com-Ilustrasi menggunakan aplikasi AirAsia.
com-Ilustrasi menggunakan aplikasi AirAsia. Foto: Shutterstock
Kamu dapat terus memantau informasi terbaru terkait hal ini melalui Twitter (@AirAsia) dan Facebook (facebook.com/AirAsia) atau hubungi layanan pelanggan di support.airasia.com.
Tak ketinggalan, kamu yang ingin melakukan dengan maskapai ini juga dianjurkan untuk memeriksa status penerbangan mereka di airasia.com/flightstatus untuk pembaruan langsung.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan