Food & Travel
·
15 Agustus 2020 16:04

AirAsia Layani Penerbangan Khusus untuk Medis dari Indonesia Menuju Malaysia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
AirAsia Layani Penerbangan Khusus untuk Medis dari Indonesia Menuju Malaysia (91548)
Maskapai AirAsia Foto: Shutter Stock
Di tengah pandemi virus corona, maskapai penerbangan AirAsia melayani penerbangan khusus sewa (charter flight) untuk melayani kebutuhan pasien yang ingin berobat dan mendapatkan layanan medis. Penerbangan khusus ini akan melayani pasien medis dan wisatawan medis dari Indonesia menuju negeri Jiran, Malaysia.
ADVERTISEMENT
Dengan diselenggarakannya penerbangan ini, ke depannya AirAsia melalui AirAsia Health berencana menyediakan platform layanan kesehatan online secara end-to-end di AirAsia.com. Melalui layanan kesehatan tersebut, maskapai yang berbasis di Malaysia ini dapat memenuhi kebutuhan perjalanan khusus untuk keperluan pengobatan atau pelayanan medis.
''Pasien dan turis medis dari Indonesia kini memiliki akses yang lebih besar ke perawatan medis dan layanan kesehatan di Malaysia karena AirAsia berupaya untuk memainkan peran yang lebih besar dan lebih aktif di sektor ini dengan menyediakan layanan penerbangan carter medis,'' kata Karen Chan, CEO AirAsia sebagaimana dikutip Antara.
AirAsia Layani Penerbangan Khusus untuk Medis dari Indonesia Menuju Malaysia (91549)
com-Maskapai AirAsia. Foto: Shutterstock
Karen mengatakan, layanan sewa medis ini rencananya akan diperluas ke kota-kota lain di Indonesia dan segera berkembang menjadi penawaran layanan end to end di bawah platform AirAsia.
ADVERTISEMENT
"Di tengah pembatasan perjalanan di masa-masa sulit ini, AirAsia berkomitmen untuk menghubungkan orang-orang dengan kebutuhan krisis mereka. Dan saya ingin memuji tim kesehatan AirAsia kami yang telah memfasilitasi penerbangan carter medis ini dari Medan ke Penang,'' ujar Karen sebagaimana dikutip Antara.
Lebih lanjut, sebut Karen, penerbangan charter medis berikutnya dari Indonesia akan dilakukan dari Jakarta ke Kuala Lumpur pada 24 Agustus mendatang.
AirAsia Layani Penerbangan Khusus untuk Medis dari Indonesia Menuju Malaysia (91550)
Seragam baru AirAsia Foto: Instargram:
Dalam melayani penerbangan khusus tersebut, AirAsia bekerja sama dengan institusi medis dan otoritas pemerintah, untuk memastikan pasien mendapat pengalaman perjalanan yang mulus menuju tempat tujuan. Dalam hal ini, AirAsia akan bekerja sama dengan mitra strategis seperti Island Hospital di Penang dan Malaysia Healthcare Travel (MHT).
"Indonesia sebagai negara penyumbang wisatawan perawatan kesehatan 'inbound tertinggi' yang tiba ke Malaysia. AirAsia Health akan meluncurkan platform kesehatan dan kebugaran online end-to-end di AirAsia.com dalam waktu dekat ini,'' ujar Karen.
AirAsia Layani Penerbangan Khusus untuk Medis dari Indonesia Menuju Malaysia (91551)
Penerapan protokol kenormalan yang baru pramugari AirAsia pasca PSBB. Foto: Instagram @airasia_bhsindonesia
Pada kesempatan terpisah, Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di penang, Bambang Suharto menyambut baik penerbangan carter tersebut. Sebab, penerbangan khusus tersebut tidak hanya memudahkan pasien Indonesia untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di penang, tetapi juga membuka kembali transportasi antar Indonesia dan Malaysia untuk kepentingan rakyat dua negara.
ADVERTISEMENT
''Tentunya harus mengikuti Standar Operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan oleh pemerintah,'' katanya.
Setelah penerbangan Medan-Penang, Bambang mengatakan akan menindaklanjuti dengan penerbangan Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng (CGK) menuju Kuala Lumpur (KUL) dan Surabaya (SUB) menuju Kuala Lumpur (KUL).
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).