kumparan
30 Januari 2020 8:35

AirAsia Perpanjang Pembatalan Penerbangan dari dan ke Wuhan

Ilustrasi, Pesawat, Air Asia
Ilustrasi pesawat Air Asia. Foto: Aditia Noviansyah/kumparan
Untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, AirAsia memperpanjang penangguhan penerbangannya dari dan menuju Wuhan, serta kota-kota di China lainnya. Hal ini dilakukan setelah jumlah korban yang diduga terjangkit virus corona kini sudah mencapai 6.000 orang.
ADVERTISEMENT
AirAsia memperpanjang pembatalan penerbangan dari dan ke Wuhan hingga 29 Februari 2020. Hal tersebut diungkapkan oleh Manager AirAsia, Mohd Nor Effendi. Ia mengungkapkan hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.
“Untuk Wuhan kita mengadakan direct flight KL, Phuket, Bangkok, dan Kota Kinabalu, kita tangguhkan sampai 29 Februari 2020 dan untuk pemesanan ke semua destinasi di China kita juga memberikan kompensasi berupa refund,” kata Effendi, saat ditemui kumparan di Kedubes Malaysia, Jakarta, Rabu (29/1).
Wuhan
Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China Foto: Shutter Stock
Dengan diberlakukannya perpanjangan penangguhan penerbangan ini, AirAsia menawarkan layanan kompensasi bagi penumpang yang ingin mengatur kembali perjalanan dari dan ke Wuhan.
Bagi penumpang yang ingin membatalkan penerbangan mereka ke Wuhan AirAsia memberikan dua pilihan kompensasi. Pertama, AirAsia memberikan kompensasi berupa akun kredit untuk penerbangan dari dan ke Wuhan dengan tanggal keberangkatan hingga 29 Februari 2020.
ADVERTISEMENT
Penumpang yang membatalkan penerbangan hingga tanggal tersebut akan diberikan kredit senilai harga tiket pada akun AirAsia BIG Loyalty, yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya. Kredit ini berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan, untuk tanggal keberangkatan kapan saja, tergantung pada ketersediaan.
Seragam Air Asia
Seragam Air Asia Foto: Reuters/Bazuki Muhammad
Selanjutnya, penumpang bisa memilih pengembalian dana untuk penerbangan dari dan ke Wuhan dengan tanggal keberangkatan hingga 15 Februari 2020. Pengembalian dana secara penuh sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan dan senilai jumlah yang dibayarkan saat pemesanan.
Permohonan pengembalian dana dapat diajukan melalui AVA yang dapat diakses melalui support.airasia.com. Pengembalian dana untuk tiket yang dipesan melalui agen perjalanan, termasuk online travel agent (OTA) hanya dapat dilakukan melalui agen tempat tiket tersebut dipesan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan