kumparan
23 Januari 2020 17:09

AirAsia Tawarkan Pengembalian Dana untuk Penerbangan dari/ke Wuhan

com-Maskapai AirAsia.
com-Maskapai AirAsia. Foto: Shutterstock
Akibat semakin banyaknya orang yang terjangkit virus corona, sejumlah maskapai akhirnya memberlakukan kebijakan baru terkait penerbangan ke Wuhan dan kota-kota di China. Salah satunya adalah maskapai AirAsia.
ADVERTISEMENT
Dalam keterangan yang diumumkan di website resmi mereka, AirAsia menawarkan layanan kompensasi, bagi penumpang yang ingin mengatur kembali perjalanan dari dan ke Wuhan. Hal ini diberlakukan setelah jumlah orang yang diduga terjangkit virus corona kini sudah mencapai lebih dari 600 orang.
Penumpang yang ingin membatalkan penerbangan mereka ke Wuhan diberikan dua pilihan kompensasi. Pertama, AirAsia memberikan kompensasi berupa akun kredit untuk penerbangan ke/dari Wuhan dengan tanggal keberangkatan hingga 29 Februari 2020.
virus wuhan, China
Staf medis memindahkan seorang pasien di Rumah Sakit Jinyintan, tempat pasien virus corona di Wuhan, China Foto: REUTERS/Stringer
Penumpang yang membatalkan penerbangan hingga tanggal tersebut akan diberikan kredit senilai harga tiket pada akun AirAsia BIG Loyalty, yang dapat digunakan untuk pembelian tiket AirAsia lainnya. Kredit ini berlaku selama 90 hari sejak diterbitkan, untuk tanggal keberangkatan kapan saja, tergantung pada ketersediaan.
ADVERTISEMENT
Kemudian kedua, penumpang bisa memilih pengembalian dana untuk penerbangan ke/dari Wuhan dengan tanggal keberangkatan hingga 15 Februari 2020. Pengembalian dana secara penuh sesuai dengan metode pembayaran yang digunakan dan senilai jumlah yang dibayarkan saat pemesanan.
Permohonan pengembalian dana dapat diajukan melalui AVA yang dapat diakses melalui support.airasia.com. Pengembalian dana untuk tiket yang dipesan melalui agen perjalanan, termasuk online travel agent (OTA) hanya dapat dilakukan melalui agen tempat tiket tersebut dipesan.
com-Maskapai AirAsia.
com-Maskapai AirAsia. Foto: Shutterstock
Nah, jika kamu ingin melakukan permohonan pengembalian dana, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Kamu bisa kunjungi airasia.con, lalu klik ikon AVA.
Selanjutnya, klik kategori "Pengembalian Dana", lalu klik "Permohonan Pengembalian Dana Baru". Pilih "Penerbangan dari/ke Wuhan" dan ikuti arahan selanjutnya.
ADVERTISEMENT
Sebelumnya, maskapai asal Hong Kong, Cathay Pacific juga memberlakukan kebijakan berupa mengizinkan seluruh awak kabinnya untuk mengenakan masker wajah selama penerbangan, akibat virus corona.
Cathay Pacific juga memberikan kompensasi berupa pembatalan (refund) atau re-schedule jadwal penerbangan hingga 15 Februari 2020.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan