kumparan
search-gray
Food & Travel30 Juli 2020 11:00

Alfallah, Robot Disinfeksi di Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia

Konten Redaksi kumparan
Alfallah, Robot Disinfeksi di Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia  (369858)
Robot Alfallah Healthcare di Bandara Kuala Lumpur Foto: Alfallah Healthcare
Saat ini, robot telah menjadi salah satu teknologi yang diandalkan di dunia selama masa pandemi COVID-19. Hal ini juga yang membuat Malaysia mengerahkan robot bernama Alfallah untuk membantu mendisinfeksi ruang publik yang banyak dikunjungi orang.
ADVERTISEMENT
Dilansir World of Buzz, robot UVD oleh perusahaan Denmark, Blue Ocean Robotic ini berfungsi untuk meminimalisir kemungkinan penyebaran virus corona. Robot pembersih ini telah digunakan di lebih dari 50 negara di Eropa dan Asia.
"Robot UVD adalah satu-satunya sistem disinfeksi UV yang dikembangkan bersama oleh pemerintah dan rumah sakit sejak awal. Keakuratannya telah diuji oleh laboratorium independen, berbagai rumah sakit dan fasilitas serupa lainnya. Kami senang memilikinya di Malaysia!," ujar COO Alfallah Cleantech, Danny Liu.
Dalam beberapa lokasi, mesin fogging ini digunakan di beberapa lokasi publik seperti bandara. Selain itu, robot dikerahkan untuk meminimalkan kemungkinan risiko penularan kepada manusia.
Robot Alfallah sudah digunakan di Genting Highlands dan Kuala Lumpur International Airport (KLIA) untuk mendisenfeksi area bandara agar terhindar dari virus corona. Rencananya, Malaysia akan menggunakan lebih banyak lagi robot Alfallah untuk diletakkan di berbagai tempat umum.
Alfallah, Robot Disinfeksi di Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia  (369859)
Robot Alfallah di Bandara Malaysia Foto: Alfallah Healthcare
Robot UVD merupakan robot otonom yang menggunakan sinar ultraviolet (UV-C) untuk mendisinfeksi area berisiko tinggi dengan membunuh 99,99 persen patogen. Termasuk, membatasi penyebaran COVID-19 tanpa mengekspos petugas kesehatan terhadap risiko infeksi. Ini diuji secara klinis dan diverifikasi oleh laboratorium terakreditasi di Denmark & Inggris.
ADVERTISEMENT
Robot pembersih itu bergerak sendiri, dapat diandalkan, dan menghilangkan kesalahan manusia yang menjadikannya ideal untuk mendisinfeksi daerah dengan risiko tinggi infeksi virus, seperti fasilitas medis, transportasi umum (stasiun dan bengkel), dan bahkan tempat ibadah. Kerennya lagi robot ini dapat dikendalikan hanya dengan tablet.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white