Food & Travel
·
22 Agustus 2020 8:56

Asyik! Raja Ampat Siap Dibuka Kembali untuk Wisatawan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Asyik! Raja Ampat Siap Dibuka Kembali untuk Wisatawan (63333)
Ikan dan terumbu karang warna-warni menghias alam bawah laut Raja Ampat. Foto: Shutter Stock
Ada kabar gembira bagi para penggemar diving di Indonesia. Sebab, destinasi wisata Raja Ampat dibuka kembali untuk wisatawan mulai hari ini Sabtu (22/8).
ADVERTISEMENT
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani.
Asyik! Raja Ampat Siap Dibuka Kembali untuk Wisatawan (63334)
Pulau Wayag, Raja Ampat, Papua. Foto: Shutterstock
"Hari Sabtu (22/8), Bapak Gubernur Papua Barat akan membuka kembali wisata domestik untuk Raja Ampat. Jadi Raja Ampat akan di-launch kembali pembukaannya untuk wisatawan domestik," kata Kiki dalam webinar Kemenparekraf bertajuk Apa Kabar Diving Indonesia pada Kamis (20/8).
Wanita yang akrab disapa Bu Kiki itu juga menjelaskan bahwa Kemenparekraf sudah membuat panduan bagi seluruh operator diving di Indonesia. Panduan tersebut diharapakan bisa menjadi acuan wisata diving di Raja Ampat dibuka kembali.
Asyik! Raja Ampat Siap Dibuka Kembali untuk Wisatawan (63335)
com-Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggaraan Kegiatan (Events) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Rizki Handayani Foto: Dok. Kementerian Pariwisata
"Tentunya kita berharap untuk bisa kita sosialisasikan panduan diving kita yang sudah kita susun bersama untuk digunakan para operator diving. Karena saya tahu penggemar diving ini sudah kangen untuk segera nyebur lagi dan sudah banyak yang bertanya kapan Raja Ampat dibuka," ungkap Kiki.
ADVERTISEMENT
Kiki pun mengungkapkan bahwa dibukanya sebuah destinasi wisata bergantung kepada kesiapan tiap-tiap daerah. Serta rekomendasi Satuan Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 setempat.
Asyik! Raja Ampat Siap Dibuka Kembali untuk Wisatawan (63336)
Perjalanan menuju Pianemo, Raja Ampat, Papua Barat. Foto: Aria Sankhyaadi/kumparan
"Saya dengar kalau Sorong belum hijau, Tambrauw sudah hijau ya, Raja Ampat saya yakin juga hijau. Tetapi kita harus tetap menjaga protokol kesehatan supaya Raja Ampat tidak terkena pandemi COVID-19," lanjut Kiki.
Raja Ampat sendiri dikenal sebagai destinasi wisata dengan daya tarik wisata alam bawah lautnya, seperti snorkeling dan diving. Sayangnya akibat pandemi wisatawan harus menahan dulu rasa rindu untuk bisa berpelesir ke salah satu kepingan surga di ujung Timur Indonesia ini.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)