kumparan
search-gray
Food & Travel1 Agustus 2020 8:09

Bagai Kutukan, Desa di Rumania Ini Hilang Tenggelam di Limbah Beracun

Konten Redaksi kumparan
Bagai Kutukan, Desa di Rumania Ini Hilang Tenggelam di Limbah Beracun (933953)
Desa Geamana Romania Foto: Shutter stock
Dahulu ada sebuah desa cantik bernama Geamana yang berdiri di Rumania. Sayang, Geamana kini hanya tinggal kenangan. Ledakan tambang yang begitu dahsyat telah menyebabkan Desa Geamana di Rumania tenggelam oleh limbah beracun.
ADVERTISEMENT
Dilansir Atlas Obscura, semua bermula pada tahun 1977 ketika diktator komunis Rumania, Nicolae Ceausescu, yang kala itu berkuasa ingin mengeksploitasi tembaga dalam jumlah besar di bawah tanah. Akhirnya hanya dalam jangka waktu satu tahun, pertambangan besar-besaran pun dimulai.
Bak kutukan bagi penduduk Geamana, eksploitasi tembaga di tambang Rosia Poieni, memaksa 400 penghuni dari Desa Geamana untuk meninggalkan rumahnya. Sebab, Desa Geamana dijadikan tempat penampungan lumpur limbah tembaga.
Bagai Kutukan, Desa di Rumania Ini Hilang Tenggelam di Limbah Beracun (933954)
Desa Geamana Romania Foto: Shutter stock
Para penduduk diminta pindah dari tempat tinggal mereka, dengan iming-iming akan diberikan ganti rugi dalam jumlah besar. Namun, para penduduk harus menelan kenyataan pahit, karena mereka hanya diberi sebidang tanah dan sedikit uang.
Pasalnya, mereka yang seharusnya dipindahkan ke desa baru yang terletak sekitar 7 kilometer dari Desa Geamana, justru pindah ke tempat yang berjarak lebih dari 100 kilometer. Akhirnya, limbah beracun dengan kandungan sianida dan bahan kimia lainnya menenggelamkan Desa Geamana.
ADVERTISEMENT
Tidak ada yang tersisa dari rumah-rumah penduduk dari Desa Geamana, seluruh bangunannya kini tenggelam ke dalam lumpur beracun tersebut. Kini, limbah beracun itu hanya menyisakan beberapa bangunan seperti gereja tinggi yang masih berdiri kokoh.
Bagai Kutukan, Desa di Rumania Ini Hilang Tenggelam di Limbah Beracun (933955)
Desa Geamana Romania Foto: Shutter stock
Kendati eksploitasi tambang telah dihentikan, dahulunya pertambangan di Desa Geamana dapat menghasilkan sekitar 11 ribu ton tembaga per tahun di masa jayanya. Namun, pertambangan juga menghasilkan banyak limbah beracun yang akhirnya mengorbankan Desa Geamana.
Dari sekitar 1.000 orang yang pernah menghuni Desa Geamana, sekitar 20 orang di antaranya masih tinggal di sekitar limbah beracun tersebut. Rumah-rumah mereka berada di atas lereng bukit.
Bagai Kutukan, Desa di Rumania Ini Hilang Tenggelam di Limbah Beracun (933956)
Desa Geamana Romania Foto: Shutter stock
Penduduk setempat yang masih bertahan mengatakan bahwa takdirlah yang menempatkan mereka di sana. Mereka juga sangat kesal karena pihak berwenang tidak memenuhi janji untuk memindahkan kuburan yang masih berada di sekitar gereja yang tenggelam di sana.
ADVERTISEMENT
Kini, masyarakat Rumania kembali dihantui mimpi buruk yang bisa saja terulang kembali. Pasalnya, akan ada proyek penambangan lain yang direncanakan akan dibangun di sana. Akan tetapi, masyarakat Rumania telah menentang proyek tersebut, karena dikhawatirkan bencana Desa Geamana akan terulang kembali.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white