kumparan
27 Maret 2018 19:04

Berlin Sukses Tarik Perhatian Scoot untuk Buka Rute Penerbangan Baru

Vinod Kanna dan Chun Hoy Yuen
Vinod Kanna dan Chun Hoy Yuen. (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)
Pernah membayangkan terbang ke Berlin, Jerman dengan biaya pesawat yang murah? Kini, hal itu bisa terwujud. Pasalnya, Scoot, sebuah maskapai bertarif rendah (low cost carrier / LCC) milik Singapore Airlines (SIA Group), akan segera mengembangkan sayapnya ke ibu kota Jerman itu.
ADVERTISEMENT
Mulai tanggal 20 Juni 2018 mendatang, Scoot akan membuka penerbangan ke pintu gerbang menuju Jerman dan Eropa Barat.
Vinod Kannan, selaku Chief Coomercial Officer (CCO) Scoot mengatakan, "Sebagai maskapai penerbangan tarif rendah, kami terus mencari destinasi baru dan menarik untuk ditawarkan kepada penumpang kami dengan harga terjangkau demi memenuhi hasrat berkelana mereka, termasuk ke destinasi jarak jauh di Eropa. (Salah satunya) Berlin merupakan kota modern yang menarik (untuk dikunjungi)."
Berlin sendiri memang terkenal dengan destinasi wisata yang kaya dengan sejarah, seni dan budayanya. Bahkan Berlin juga dapat meraih gelar "Kota Desain" oleh UNESCO pada 2006 silam. Hal ini juga semakin meyakinkan Scoot untuk membuka rute penerbangan barunya itu.
Pemapan materi oleh Chun Hoy Yuen dan Vinod Kanna
Pemapan materi oleh Chun Hoy Yuen dan Vinod Kanna (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)
Setiap minggunya, akan ada empat kali penerbangan dari Singapura ke Berlin pada hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu. Untuk Indonesia, Scoot sendiri akan hadir di empat kota dengan penawaran penerbangan ke Berlin via Singapura yakni dari Jakarta, Denpasar, Surabaya dan Palembang.
ADVERTISEMENT
Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam, dimulai dari Rp 6,310 juta di kelas ekonomi untuk pulang pergi. Sedangkan kelas bisnis dibanderol dengan harga Rp 20,7 juta juga untuk pulang pergi. Namun, harga yang ditawarkan belum termasuk untuk makan. Pemesanan tiket saat ini hanya bisa dilakukan di website resminya.
Sebelum meluaskan sayapnya ke Berlin, Scoot juga sudah membuka rute penerbangan ke Yunani, Honolulu, dan Amerika Serikat. Tentu respons dari masyarakat sangat baik, maka dari itu Scoot semakin memberanikan diri untuk membuka rute barunya ke Berlin.
Kota yang terkenal dengan TV Towernya ini sejak 2014 hingga 2016 dapat menarik hingga 110 ribu wisatawan dari Indonesia. Dan turis dari Asia Tenggara juga tiap tahunnya selalu meningkat.
Presentasi tempat wisata terbaik di Berlin
Presentasi tempat wisata terbaik di Berlin. (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)
"Di antara kota-kota di Jerman, Berlin merupakan kota dengan kunjungan terbesar kedua dan penggerak pariwisata inbound sejak tahun 2016," ujar Chun Hoy Yuen, Director Marketing & Sales German Tourist Office (ASEAN) saat ditemui kumparanTRAVEL di Grand Indonesia Shopping Town, Selasa (27/3).
ADVERTISEMENT
Dirinya juga menambahkan bahwa waktu terbaik berkunjung ke Berlin adalah pada bulan Mei hingga Oktober ketika musim panas tiba. Selain itu ia juga mengatakan jika biaya hidup di Berlin tak semahal Paris atau London.
Chun Hoy Yuen dan Vinod Kanna berfoto bersama
Chun Hoy Yuen dan Vinod Kanna berfoto bersama. (Foto: Bella Cynthia Ratnasari/kumparan)
Berlin juga semakin ramah untuk wisatawan muslim, pasalnya di Berlin kini banyak tersebar restoran halal, tempat ibadah hingga aplikasi yang membantu perjalanan selama di Berlin.
"Sebagian tempat wisata gratis tapi sebagian juga bayar. Untuk tempat wisata yang free itu TV Tower, itu gratis di basement, kalau mau ke atas harus bayar namun lebih murah jika (menggunakan) city card. (Kemudian) Charlottenburg Palace, dan parlement building," tambahnya.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan