Food & Travel
·
15 September 2021 8:57
·
waktu baca 2 menit

BTS Resmi Jadi Pemegang Paspor Diplomatik, Apa Kelebihannya untuk Traveling?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
BTS Resmi Jadi Pemegang Paspor Diplomatik, Apa Kelebihannya untuk Traveling? (71003)
searchPerbesar
Anggota boy band K-pop BTS saat mempromosikan single baru mereka 'Butter' di Seoul, Korea Selatan, Jumat (21/5). Foto: Kim Hong-Ji/REUTERS
BTS tak hanya dikenal sebagai boyband asal Korea Selatan dengan segudang prestasi. Selain berhasil memenangi ajang MTV Video Music Awards 2021, boyband yang berada di bawah naungan Big Hit Entertainment tersebut kini juga ambil bagian dalam dunia kemanusiaan, khususnya di sejumlah program Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB.
ADVERTISEMENT
BTS Resmi Jadi Pemegang Paspor Diplomatik, Apa Kelebihannya untuk Traveling? (71004)
searchPerbesar
Boyband asal Korea Selatan BTS Foto: Twitter/@bts_bighit
Dikutip dari Republic World, baru-baru ini, BTS dipastikan menjadi boyband pemegang paspor diplomatik Korea Selatan.
Keputusan tersebut diumumkan oleh Presiden Korea Selatan Moon Jae In, yang menunjuk BTS sebagai Special Presidential Envoys for Future Generation and Culture. Sebagai pemegang paspor diplomatik Korea Selatan, BTS akan mendapat banyak kelebihan untuk traveling. Apa saja?

Kelebihan Paspor Diplomatik Korea Selatan

Dilansir Travel Freedom, paspor diplomatik Korea Selatan memungkinkan pemegangnya bepergian ke 199 negara atau wilayah tanpa visa. Hal ini dikarenakan paspor diplomatik Korea Selatan sendiri berada di peringkat ketiga di dunia.
Selain itu, para pemegang paspor diplomatik Korea Selatan membutuhkan visa hanya untuk pergi ke beberapa negara, seperti Ghana, Sudan, Libya, Yaman, Afghanistan, Bhutan, Kuba, dan Nigeria.
ADVERTISEMENT
Keuntungan bagi pemegang paspor diplomatik ini bervariasi, tergantung pada kebijakan setiap negara. Namun, umumnya para pemegang paspor diplomatik akan mendapatkan pelayanan khusus di bandara, seperti tidak akan dikenakan penundaan waktu dan pemeriksaan keimigrasian yang lebih cepat.
Sedangkan di bawah hukum internasional, para pemegang paspor dalam memiliki kekebalan diplomatik, dibebaskan dari pajak yang mungkin timbul dalam perjalanan darat maupun udara.
BTS Resmi Jadi Pemegang Paspor Diplomatik, Apa Kelebihannya untuk Traveling? (71005)
searchPerbesar
BTS saat menerima UNICEF Inspire Awards 2020. Foto: Twitter/@bts_bighit
Meski demikian, tak sembarang orang bisa memegang paspor ini. Hanya mereka yang 'terpilih' saja yang bisa mendapatkan paspor diplomatik.
Paspor ini pun juga hanya bisa dikeluarkan untuk mereka yang ingin bepergian ke luar negeri untuk urusan resmi pemerintah. Misal, bagi para diplomat pekerja konsul yang ditempatkan di luar negeri, serta individu yang dipekerjakan pemerintah yurisdiksi tertentu.
ADVERTISEMENT
BTS sendiri dijadwalkan akan menghadiri Majelis Umum PBB (UNGA) bersama Presiden Moon Jae In sebagai utusan diplomatik ke Amerika Serikat pada 19-23 September 2021 mendatang. Dalam tujuan diplomatik tersebut, BTS akan menghadiri Majelis Umum PBB tersebut sebagai honorary speakers untuk menyampaikan pesan harapan pada anak muda di seluruh dunia.
***
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)