kumparan
13 Februari 2018 16:28

Cantiknya Hawa Mahal, Tempat Putri India Bebas Mengintip 'Dunia Luar'

Video
Salah satu spot yang harus kamu kunjungi ketika pergi ke Kota Jaipur, India, adalah Hawa Mahal. Istana berwarna pink ini menjadi landmark di Ibu Kota Rajasthan tersebut, sehingga kota ini memiliki julukan Pink City.
ADVERTISEMENT
kumparanTravel bersama AirAsia X dan Rajasthan Tourism berkesempatan mengunjungi istana ini pada Rabu (7/2). Pemandu wisata setempat, Rajhi, menyebut Hawa Mahal dibangun pada abad ke-17 di bawah kekuasaan Maharaja Sawai Pratap Singh. Kala itu, para perempuan keluarga kerajaan dilarang memunculkan diri di hadapan publik tanpa penutup wajah. Oleh karena itu, Maharaja Sawai Pratap Singh membangunkan istana untuk mereka, yang berbentuk mahkota Dewa Krishna.
Hawa Mahal, istana berwarna pink
Hawa Mahal, istana berwarna pink (Foto: Nur Khafifah/kumparan)
Istana yang terletak di jantung Kota Jaipur ini dibangun dengan batu pasir berwarna merah dan pink. Hawa Mahal merupakan karya arsitektur megah dan rumit dengan 953 jendela kecil atau jharokhas yang dipenuhi ornamen cantik.
Jharokhas dirancang sedemikian rupa sekaligus sebagai ventilasi, sehingga istana tersebut tetap sejuk, termasuk saat musim panas. Uniknya jharokans juga dirancang agar para putri dan istri raja bebas mengintip tanpa ketahuan dari luar.
ADVERTISEMENT
"Melalui jharokhas, para putri dan ratu kerajaan dapat menyaksikan aktivitas warga dan perayaan festival di jalanan, tanpa terlihat dari luar," ujar Rajhi.
Hawa Mahal, istana berwarna pink
Hawa Mahal, istana berwarna pink (Foto: Nur Khafifah/kumparan)
Hawa Mahal menjadi spot foto wajib bagi para wisatawan yang berkunjung ke Jaipur. Banyak wisatawan mengira sisi bangunan yang terlihat dari jalan raya dan dijadikan objek foto tersebut adalah bagian depan Hawa Mahal, padahal bagian tersebut merupakan sisi belakang.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan