kumparan
Food & Travel17 Januari 2018 13:08

Cara Ampuh Atasi Jet Lag untuk Kamu si Traveler

Konten Redaksi kumparan
Ilustrasi cabin pesawat
Ilustrasi cabin pesawat (Foto: Pexels)
Kini, pesawat menjadi alternatif transportasi untuk pergi dari satu kota ke kota lain. Bahkan negara satu ke negara yang lain.
ADVERTISEMENT
Cepat, nyaman, hingga sederet fasilitas yang diberikan menjadi alasan traveler menggunakannya. Namun, dibalik cepatnya menggunakan pesawat, para traveler harus mempersiapkan diri untuk dihantui oleh jet lag.
Jet lag sendiri merupakan dampak dari perjalanan jauh dengan pesawat yang melintasi beberapa zona waktu, dalam waktu yang singkat. Gejala utama yang dirasa adalah gangguan pada pola tidur yang terus merasakan kantuk dan kelelahan.
Namun, tak perlu khawatir. Ada sejumlah cara untuk mencegah jet lag dan bisa menikmati tidur tepat waku. Apa saja?
1. Ubah Rutinitas Jam Tidur dan Makan
Melewatkan waktu makan
Ilustrasi rutinitas makan (Foto: Pexels)
Sesuaikan waktu tidur dengan waktu tempat tujuan kamu beberapa hari sebelum berangkat. Begitu pun untuk waktu makan. Persiapan sekecil apapun bisa memberikan efek dan membantu kamu ketika sampai di tempat tujuan.
ADVERTISEMENT
2. Batasi Paparan Cahaya
Paparan cahaya terang menjadi salah satu hal yang mempengaruhi jam internal tubuh. Jika kamu akan tiba di tempat tujuan siang hari, usahakan terkena paparan cahaya yang cukup.
Sebaliknya, jika tiba malam hari, usahakan hindari paparan cahaya matahari. Kamu bisa menggunakan tutup mata agar tak terkena paparan sinar.
3. Tidur yang cukup
Mengubah jam tidur mencegah jet lag
Mengubah jam tidur mencegah jet lag (Foto: Pexels)
Usahakan tidur yang cukup sebelum penerbangan. Kelelahan bisa memperburuk gejala jet lag yang kamu alami. Hindari pula stress karena bisa menambah gejala jet lag. Kamu juga harus istirahat ketika di perjalanan, tidurlah yang cukup selama berada di pesawat.
4. Hindari dehidrasi
Konsumsi banyak air putih ketika dalam perjalanan dan setelah sampai di tujuan. Gunanya untuk melawan efek dari udara kering di dalam kabin pesawat dan mencegah dehidrasi. Bahkan, jika dibutuhkan, sebaiknya kamu juga meminum vitamin.
ADVERTISEMENT
Hindari pula minuman yang mengandung alkohol dan kafein. Keduanya bisa meningkatkan risiko dehidrasi dan memperparah risiko jet lag
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan