Food & Travel
·
10 Februari 2021 10:26

Cathay Pacific Melonggarkan Penggunaan Masker Bagi Penumpang

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Cathay Pacific Melonggarkan Penggunaan Masker Bagi Penumpang (64775)
Tampilan kelas ekonomi Cathay Dragon Foto: Dok. Cathay Pacific
Di masa pandemi saat ini, penggunaan masker adahlah hal yang wajib bahkan saat naik pesawat. Maskapai Cathay Pacific pun kembali mengeluarkan kebijakan baru terkait penggunaan masker bagi penumpang.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari Travel and Leisure, maskapai penerbangan tersebut membebaskan pengunaan masker bagi penumpang di kelas premiumnya, yaitu di kelas bisnis dan kelas satu.
Cathay Pacific Melonggarkan Penggunaan Masker Bagi Penumpang (64776)
Pesawat Cathay Pacific Foto: Pixabay
Meski diberikan pelonggaran, pembebasan memakai masker ini tak sembarangan. Penumpang hanya diperbolehkan melepas maskernya saat mereka rebahan atau posisi kursi berada dalam posisi datar sepenuhnya.
Dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pihak maskapai Jumat (5/2), juru bicara Cathay Pacific mengkonfirmasi bahwa aturan tersebut memang sedikit dilonggarkan.
"Pesawat kami dilengkapi dengan sistem filtrasi yang mampu menyaring 99,9999 persen partikel debu, termasuk virus dan bakteri," tegas jubir maskapai pada Executive Traveller.
Pihak maskapai beralasan bahwa kursi kelas bisnis dikelilingi dengan pembatas yang cukup tinggi. Sebagai contoh, di suite kelas satu ada ruang pribadi dan jarak yang lebih besar antar-penumpang. Sehingga ada jarak yang cukup luas di antara penumpang satu dan yang lainnya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, hal ini merupakan salah satu upaya pihak maskapai menarik minat wisatawan untuk kembali terbang, khususnya penerbangan jarak jauh. Sebab, sebagaimana diketahui industri penerbangan saat ini sedang terpuruk akibat pandemi.
Cathay Pacific Melonggarkan Penggunaan Masker Bagi Penumpang (64777)
Tampilan kelas bisnis, Cathay Dragon Foto: Dok. Cathay Dragon
Bahkan, karena terdampak pandemi maskapai yang berbasis di Hong Kong ini sampai menunda pengiriman Boeing 777-9 untuk bisnis generasi baru dan kelas satu.
Padahal sebelumnya, Boeing 777-9 direncanakan akan menjadi salah satu armada yang digunakan Cathay Pacific. Namun, karena krisis keuangan semuanya ditunda setelah tahun 2025.
Nantinya Boeing 777-9 akan dilengkapi dengan kabin kelas satu yang serba baru, serta lebih luas dari suite kelas satu saat ini.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)