kumparan
29 Januari 2018 8:31

Cerita Legenda di Balik Nama Candi 'Roro Jonggrang'

Candi Prambanan
Candi Prambanan. (Foto: Instagram @novemlawalata)
Belum lama ini, pemain Timnas Islandia, Aron Sigurdrsson bersama rekannya berkesempatan untuk mengunjungi Candi Prambanan. Sigurdsson yang baru pertama kali mengunjungi Candi Prambanan tampak mengunggah foto liburannya di akun Instagramnya.
ADVERTISEMENT
Loading Instagram...
Dalam foto tersebut, terlihat kegembiraan yang terpancar dari wajahnya ketika melihat keindahan candi ini. Ya, Candi Prambanan memang menjadi salah satu situs budaya yang mempu membuat siapa pun tersihir dengan keindahannya.
Namun, di balik pesona yang ditawarkan, tahukah kamu bahwa Candi Prambanan juga dikenal dengan nama Roro Jonggrang?
Loading Instagram...
Dilansir situs Pesona Indonesia, candi Hindu terbesar di Asia Tenggara itu memiliki cerita legenda yang tak kalah menariknya. Diceritakan bahwa dulu ada seorang pemuda sakti dan kuat yang ingin menikmati putri cantik bernama Roro Jonggrang.
Namun, sang raja memaksa Putri Roro Jonggrang untuk menikah dengan Bandung Bondowoso. Di sisi lain, Roro Jonggrang sendiri tak mencintainya, namun tak juga bisa menolak permintaan sang ayah.
ADVERTISEMENT
Akhirnya, ia memberikan satu syarat ke Bandung Bondowoso jika memang benar ingin menikahinya. Roro Jonggrang ingin Bandung Bondowoso membangun seribu candi dan berjanji akan menikah dengannya, jika syarat tersebut dipenuhi sebelum fajar menyingsing dan ayam berkokok.
Tapi, Bandung Bondowoso yang sakti hampir dapat menyelesaikan 999 candi dengan bantuan jin dan kekuatannya. Lantas, Roro Jonggrang segera meminta bantuan kepada para wanita di kampung untuk memukul padi agar ayam-ayam berkokok.
Bondowoso yang mengetahuinya sangat kecewa dan mengubah Roro Jonggrang menjadi batu, yang kini dikenal dengan Candi Prambanan.
Loading Instagram...
Candi Prambanan sendiri dibangun abad ke-9. Candi yang tertinggi menjulang setinggi 47 meter di antara candi-candi lain di sekitarnya. Prambanan ditemukan oleh seorang warga Belanda bernama CA Lons tahun 1733, setelah terabaikan ratusan tahun.
ADVERTISEMENT
Kini Candi Prambanan dikenal sebagai Candi Hindu paling indah di Indonesia, bahkan 1991 UNESCO menobatkanya sebagai situs warisan dunia.
Loading Instagram...
Dengan luas 39,8 hektar, pada pekarangan utama Candi Prambanan terdapat tiga candi, yaitu tiga Candi Wahana, dua Candi Apit, dan 8 Candi Patok yang mengelilingi pagar. Di pekarangan kedua terdapat 224 Candi Perwara.
Tertarik berkunjung ke Candi Prambanan?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan