Food & Travel
·
3 September 2019 14:10

China Punya Kereta Api Khusus Buat Para Jomlo yang Sedang Cari Jodoh

Konten ini diproduksi oleh kumparan
China Punya Kereta Api Khusus Buat Para Jomlo yang Sedang Cari Jodoh (4903)
Kereta ekonomi di China Foto: Feby Dwi Sutantio/kumparan
Urusan jodoh memang menjadi perkara yang gampang-gampang susah. Namun, pada kenyataanya tak semua orang bisa menemukan pasangan hidupnya dengan mudah.
ADVERTISEMENT
Hal tersebutlah yang membuat pemerintah China melakukan sebuah cara unik untuk membantu sekitar 200 juta orang lajang yang kesulitan untuk mencari pasangan.
Caranya adalah dengan membuat sebuah kereta unik yang ditujukan bagi mereka yang masih jomblo untuk menemukan pasangannya. Beroperasi sejak tiga tahun yang lalu, kereta cinta ini dikenal dengan sebutan Y999 atau ‘kereta mengejar cinta’.
China Punya Kereta Api Khusus Buat Para Jomlo yang Sedang Cari Jodoh (4904)
Ilustrasi Turis China Foto: Shutter Stock
Saat berada di dalam kereta terdapat berbagai aktivitas seru bagi peserta. Tujuannya adalah untuk membantu para penumpangnya mengetahui satu sama lain dan juga membangun sebuah chemistry.
“Aktivitas seperti ini lebih kreatif dari pada acara perjodohan pada umumnya. Kereta ini semacam sarana yang menjembatani seseorang dari berbagai tempat untuk berkumpul dan saling berkenalan lewat perjalanan yang dilakukan. Jadi, walaupun tidak mendapat jodoh, setidaknya kita bisa mendapat teman baru,” kata salah satu peserta love train atau kereta cinta yang bernama Huang Song.
ADVERTISEMENT
Untuk membantu para lajang mendapatkan jodoh, pada 10 Agustus 2019 lalu, kereta cinta diberangkatkan dari stasiun Chongqing North menuju stasiun Qianjiang. Kereta cinta ini berangkat dua kali pada siang hari dan satu kali pada malam hari.
China Punya Kereta Api Khusus Buat Para Jomlo yang Sedang Cari Jodoh (4905)
Ilustrasi turis asal China berpetualang Foto: Shutter Stock
Meski ajang pencarian jodoh dengan kereta cinta ini telah diadakan selama tiga kali, tercatat telah ada sekitar seribu orang pria dan wanita lajang yang berpartisipasi di dalamnya.
Tak hanya fokus dalam urusan jodoh, kereta ini juga berhasil mempertemukan lebih dari 3 ribu muda-mudi di Provinsi Sichuan dan Chongqing untuk mendapatkan teman-teman baru.
Sejauh ini, ratusan peserta telah menemukan jodoh mereka di kereta tersebut dan hampir 10 pasang kekasih yang bertemu di kereta ini telah melangsungkan pernikahan.
ADVERTISEMENT
Lebih lanjut, rupanya selain China, Praha juga menjadi megara pernah meluncurkan sebuah kereta yang gerbongnya dikhususkan bagi para single atau jomblo.
Bagaimana, tertarik untuk naik kereta cinta di China ini guna menemukan jodoh terbaikmu?