Food & Travel
·
5 Oktober 2020 18:06

Diubah Kembali Menjadi Masjid, Hagia Sophia Sudah Terima 1,5 Juta Wisatawan

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Diubah Kembali Menjadi Masjid, Hagia Sophia Sudah Terima 1,5 Juta Wisatawan  (397026)
Umat Islam melaksanakan salat Jumat perdana di luar Masjid Agung Hagia Sophia, di Istanbul, Turki, Jumat (24/7). Foto: Murad Sezer/REUTERS
Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, kembali mengubah Hagia Sophia atau Ayasofya menjadi masjid setelah 86 tahun dijadikan museum. Perubahan fungsi Hagia Sophia ini membuat minat wisatawan berkunjung ke bangunan bersejarah itu meningkat pesat.
ADVERTISEMENT
Mufti Istanbul, Mehmet Emin Masali, mengatakan, lebih dari 1,5 juta wisatawan telah meramaikan Hagia Shopia sejak dibuka kembali sebagai Masjid pada Juli 2020.
“Masjid Agung Hagia Sophia biasanya dikunjungi oleh 15.000 pengunjung pada hari kerja dan 25.000 hingga 30.000 pada hari Jumat dan akhir pekan,” kata Masali dilansir Anadolu Agency.
Diubah Kembali Menjadi Masjid, Hagia Sophia Sudah Terima 1,5 Juta Wisatawan  (397027)
Hagia Sophia, Turki Foto: Shutter stock
Ribuan wisatawan domestik dan mancanegara setiap harinya mengunjungi masjid Hagia Sohpia. Masali memastikan kunjungan wisata di kawasan masjid menerapkan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.
Sebagaimana diketahui, Hagia Sophia mulai menggelar salat Jumat perdana pada 24 Juli lalu sejak 86 tahun difungsikan sebagai museum. Sekitar 350 ribu jemaah menghadiri salat Jumat perdana pada hari itu.
Hagia Sophia kembali menjadi masjid setelah pengadilan tinggi Turki membatalkan Perpres yang dikeluarkan Mustafa Kemal Ataturk. Bapak Turki Modern itu pada 1934 mengubah fungsi Hagia Sophia dari masjid ke museum.
ADVERTISEMENT
Perubahan status Hagia Sophia menjadi masjid bukanlah untuk pertama kalinya terjadi. Sebelum menjadi museum, Hagia Sophia adalah katedral yang berubah menjadi masjid saat Kekhalifahan Utsmaniyah pada 1453. Namun, pada 1934, bangunan tersebut diubah menjadi museum.
Diubah Kembali Menjadi Masjid, Hagia Sophia Sudah Terima 1,5 Juta Wisatawan  (397028)
Hagia Sophia, Turki. Foto: Shutter Stock
Mengutip Reuters, bangunan ini selesai dibangun pada 537 Masehi oleh Kaisar Yustinus I dari Kekaisaran Romawi Timur. Awalnya, bangunan ini adalah pusat Kekristenan Ortodoks dan menjadi gereja terbesar dunia selama berabad-abad.
Setelah kekuasan Ottoman, Sultan Mehmet, runtuh, Presiden pertama Turki yang juga dikenal sebagai bapak modernisasi Turki, Mustafa Kemal Ataturk, mengubah Turki jadi negara sekuler. Hal ini pun berdampak pada status Hagia Sophia. Pada 1934, bangunan Hagia Sophia yang tadinya berfungsi sebagai masjid dialihfungsikan jadi museum.
ADVERTISEMENT
UNESCO menetapkan Hagia Sophia sebagai Warisan Dunia pada 1985 sebagai bagian dari wilayah bersejarah Istanbul. Bangunan ini disebut memiliki nilai sejarah yang tinggi. Kini, selain sebagai masjid, Hagia Sophia merupakan salah satu tujuan wisata utama Turki dan tetap terbuka untuk pengunjung domestik dan asing.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).