kumparan
8 Agustus 2019 17:20

Fakta Unik: Traveler Tak Bisa Lepas dari Smartphone Saat Liburan

Ilustrasi Bermain Smartphone
Ilustrasi Bermain Smartphone Foto: Shutter Stock
Fakta unik kali ini berkaitan dengan smartphone dan pariwisata. Lantas, apakah hubungan antara keduanya? Ya, keberadaan teknologi dalam pariwisata kini menjadi dua hal yang sulit dipisahkan. Meski terkadang motivasi seseorang berlibur adalah untuk melepas penat dari pekerjaan, namun ternyata liburan tidak berarti membuat orang menjaga jarak dengan gawainya.
ADVERTISEMENT
Dilansir dari survei terbaru YouGov, berjudul Technology in Travel : How technology impact the way people book and go on vacation, Kamis (8/8), didapatkan fakta unik sebesar 92 persen traveler mengaku mereka akan selalu membawa smartphone selama liburan. Bahkan, 58 persen di antaranya menyatakan mereka tidak bisa berpergian tanpa membawa smartphone.
Menurut survei tersebut, para traveler justru beranggapan bahwa membawa smartphone ataupun tablet bisa membuat liburan makin berkesan.
Dari hasil survei didapatkan fakta unik sebanyak 81 persen traveler setuju dengan pendapat tersebut. Tak hanya smartphone, para traveler terkadang juga membawa gawai lain saat liburan, beberapa diantaranya yaitu smartwatch (61 persen), tablet (55 persen) laptop (44 persen), GPS (40 persen) dan portable gaming device (26 persen).
com-Ilustrasi Ketinggalan Dompet vs Smartphone
com-Ilustrasi Ketinggalan Dompet vs Smartphone Foto: Shutterstock
Smartphone dianggap menjadi salah satu teman perjalanan yang penting sebab teknologi ini memudahkan para traveler selama liburan, terutama untuk tetap terhubung dengan keluarga di rumah maupun dengan media sosial.
ADVERTISEMENT
Dalam fakta unik ini menyebutkan delapan dari 10 traveler atau sekitar 83 persen mengatakan mereka menggunakan smartphone untuk bisa memberikan kabar kepada keluarga.
Sedangkan 47 persen di antaranya memanfaatkan smartphone untuk mengunggah foto-foto liburan di sosial media. Sekitar 36 persen di antara mengaku menggunakan smartphone saat liburan sebagai hiburan. Hanya 26 persen traveler yang menggunakan smartphone untuk mengecek email atau pekerjaan.
Sesuai dengan pandangan traveler bahwa smartphone dapat membuat liburan makin berkesan, ternyata 94 persen traveler menggunakan smartphone mereka untuk beragam kegiatan yang berhubungan dengan liburan.
Kira-kira apa saja kegiatan tersebut? Fakta unik menyebutkan, pertama, bagi sebagian orang, tetap eksis di media sosial selama liburan menjadi salah satu hal penting. Tak heran jika survei tersebut menunjukkan 78 persen traveler menggunakan smartphone untuk mengambil foto-foto.
Ilustrasi Foto Menggunakan Kamera Smartphone
Ilustrasi Foto Menggunakan Kamera Smartphone Foto: Shutter Stock
Selain itu sebesar 59 persen traveler mengatakan mereka menggunakan smartphone untuk membantu navigasi. Sebab seringkali kita berlibur di tempat yang baru dan butuh bantuan Google Maps atau Waze, bukan?
ADVERTISEMENT
Selain itu, yang tak kalah penting, 58 persen traveler juga menggunakan gawai pintar untuk mencari referensi tempat makan atau tempat wisata lainnya. Hanya sekitar 18 persen traveler yang menggunakan smartphone untuk membayar dengan dompet digital.
Ilustrasi traveling ke negara impian
Ilustrasi traveling ke negara impian Foto: Shutter Stock
Lalu apa artinya fenomena ini? Survei ini menunjukkan fakta unik bahwa traveler memiliki preferensi masing-masing dalam menggunakan gawai pintar selama liburan.
Namun dari beragam preferensi tersebut, keberadaan gawai pintar menunjukkan efek positif pada kepuasan traveler selama liburan. Artinya, para traveler membawa ponsel pintar mereka karena mereka merasa perangkat tersebut dapat membuat perjalanannya lebih terbantu dan makin berkesan.
Bagaimana menurutmu?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan