kumparan
search-gray
Food & Travel31 Juli 2020 15:25

Gara-gara Penumpang Tolak Pakai Masker, Maskapai ini Terpaksa Putar Balik

Konten Redaksi kumparan
Gara-gara Penumpang Tolak Pakai Masker, Maskapai ini Terpaksa Putar Balik    (367302)
ilustrasi maskapai Delta Airlines Foto: Shutterstock
Sebuah pesawat milik maskapai Delta Airlines terpaksa haris kembali ke bandara asal lantaran ada 2 penumpang yang menolak menggunakan masker selama penerbangan. Pesawat itu terbang dari bandara Detroit Metro dengan tujuan Atlanta pada Kamis (23/7).
ADVERTISEMENT
Dilansir M Live, pesawat tersebut harus kembali ke bandara asal saat tengah mengudara dan akhirnya delay. Beberapa penumpang terlihat tidak melakukan protokol kesehatan yang telah diwajibkan maskapai penerbangan.
"Pesawat delay karena beberapa penumpang tidak mematuhi instruksi kru kabin," ujar seorang juru bicara Delta.
Gara-gara Penumpang Tolak Pakai Masker, Maskapai ini Terpaksa Putar Balik    (367303)
Seorang wanita menggunakan masker saat tiba Bandara Internasional JFK di New York, Amerika Serikat. Foto: REUTERS / Shannon Stapleton
Delta seperti kebanyakan maskapai lainnya, meminta semua penumpang untuk tetap mengenakan masker kecuali saat jam makan. Penumpang harus menggunakan masker selama penerbangan dan hanya boleh membukanya saat sedang makan.
Namun penumpang pesawat yang memiliki gangguan kesehatan dan tidak mungkin mengenakan masker, mendapatkan pengecualian namun dengan syarat harus mengikuti proses 'Clearance-to-Fly' yang biasanya menghabiskan waktu sekitar sejam di Delta. Jika ada orang yang mengakali aturan ini bisa dilarang terbang atau terkena blacklist saat menggunakan Delta di masa depan.
ADVERTISEMENT
Jika ada penumpang yang berusaha berbuat curang demi mendapatkan pengecualian, maka pihak maskapai akan melarang penumpang tersebut terbang dan di-blacklist seumur hidupnya.
Gara-gara Penumpang Tolak Pakai Masker, Maskapai ini Terpaksa Putar Balik    (367304)
ilustrasi maskapai Delta Airlines Foto: shutterstock
Selain itu untuk mengurangi penyebaran virus, Delta sudah menghilangkan kursi tengah. Delta juga mengurangi layanan makanan dan minuman. Para kru kabin juga tidak diperbolehkan membantu penumpang mengangkat koper mereka ke kompartemen kabin atas guna mencegah kontak dengan penumpang.
Layanan makanan dan minuman pun telah banyak dikurangi. Bahkan kini para penumpang harus mengangkat koper mereka sendiri saat ingin meletakkan di kompartemen demi meminimalisir adanya kontak dengan kru kabin.
Sayangnya, dari sekian banyak kebijakan yang diterapkan Delta Airlines untuk mencegah penyebaran virus corona, masih ada saja penumpang yang bandel. Kini Delta secara tegas menolak untuk terbang jika ada penumpang yang enggan untuk menggunakan masker.
ADVERTISEMENT
Laporan Hutri Dirga Harmonis
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white