Food & Travel
·
22 Desember 2020 18:02

Gelar Program OTW Lokal, Pemesanan Hotel di tiket.com Meningkat 118 persen

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gelar Program OTW Lokal, Pemesanan Hotel di tiket.com Meningkat 118 persen (24153)
Ilustrasi memesan lewat tiket.com Foto: Dok. tiket.com
Online travel agent (OTA) tiket.com sukses menggelar Online Tiket Week (OTW) Lokal, pesta diskon akbar tahunan yang diadakan aplikasi perjalanan tersebut. OTW Lokal merupakan promo pariwisata yang diadakan tiket.com untuk pemesanan akomodasi perjalanan mulai dari hotel, tiket pesawat, tiket kereta api, hingga tempat wisata.
ADVERTISEMENT
Co-founder & CMO tiket.com Gaery Undarsa, mengatakan bahwa program tersebut bertujuan untuk mendorong perekonomian destinasi wisata domestik dalam rangka pemulihan industri pariwisata nasional yang terdampak akibat pandemi virus corona. Gaery menyebut dalam program OTW lokal yang diadakan selama sepekan pada 23 hingga 30 November, menunjukkan bahwa pemesanan kamar hotel menjadi promo yang paling diburu oleh wisatawan.
Gelar Program OTW Lokal, Pemesanan Hotel di tiket.com Meningkat 118 persen (24154)
Ilustrasi tamu hotel sarapan di kamar Foto: Shutter Stock
Angkanya pun tak main-main, sepanjang program OTW berlangsung, pemesanan hotel mengalami peningkatan hingga 118 persen dibandingkan seminggu sebelum program tersebut. Gaery mencatat, Jakarta, Bandung, Bali dan Yogyakarta, berhasil memecahkan rekor transaksi pemesanan hotel tertinggi sepanjang tahun 2020.
''Dibanding seminggu sebelum OTW, sebagian besar dibeli pada bulan Desember. Jadi, menurut saya Desember ini pemesanan hotel paling banyak terjadi di Jakarta, Bali, Bandung, Surabaya, dan Yogyakarta,'' ujar Gaery, saat conference virtual, Selasa (22/12).
Gelar Program OTW Lokal, Pemesanan Hotel di tiket.com Meningkat 118 persen (24155)
com- Staycation di hotel favorit Foto: Shutterstock
Gaery menyebut bahwa pemesanan kamar hotel pada Desember 2020, menjadi rekor tertinggi selama program OTW lokal berlangsung sejak 9 tahun terakhir. Menurut Gaery, fenomena ini terjadi lantaran staycation menjadi solusi ketika kebijakan swab test antigen menjadi satu persyaratan tambahan ketika berlibur ke luar kota.
ADVERTISEMENT
''Salah satu yang paling berasa banget itu adalah pemesanan kamar hotel. Pemesanan kamar hotel menjadi sesuatu yang lagi favorit banget sekarang ya, karena orang terbang kan peraturannya cukup banyak sekarang, tapi kalo ke hotel kan cukup naik mobil saja,'' tutur Gaery.
Sementara itu, Gaery menyebut pemesanan tiket pesawat mengalami peningkatan hingga 8 kali lipat atau 60 persen dibandingkan pemesanan harian seminggu sebelum program OTW LOKAL berlangsung. Pihaknya mencatat, sebanyak 79 persen tiket pesawat yang dipesan itu untuk liburan awal Desember dengan tujuan Surabaya, Medan, Bali, Makassar, dan Yogyakarta.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).