Food & Travel
·
20 November 2020 10:20

Hati-hati, Ini 7 Barang yang Sebaiknya Tak Kamu Bawa Saat ke Amerika Serikat

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hati-hati, Ini 7 Barang yang Sebaiknya Tak Kamu Bawa Saat ke Amerika Serikat (7521)
Patung Liberty salah satu ikon di Amerika Serikat Foto: Shutter Stock
Kamu berencana untuk terbang ke Amerika Serikat dalam waktu dekat? Sebaiknya perhatikan barang bawaanmu.
ADVERTISEMENT
Jika perlu, cek berkali-kali. Sebab, pihak imigrasi Amerika Serikat punya aturan yang ketat mengenai barang yang boleh masuk ke negaranya untuk alasan keamanan.
Dilansir Travel Awaits dan situs resmi Department of Homeland Security Amerika Serikat, berikut tujuh barang yang harus kamu pastikan tidak ada di kopermu begitu memasuki bandara setempat.
1. Produk Daging
Hati-hati, Ini 7 Barang yang Sebaiknya Tak Kamu Bawa Saat ke Amerika Serikat (7522)
com-Ilustrasi daging Foto: pixabay
Barangkali kamu berpikir untuk membawa oleh-oleh rendang untuk kerabat di AS. Namun, sebaiknya batalkan saja. Sebab, segala produk daging baik yang telah dimasak, dibekukan atau dikeringkan, dikhawatirkan dapat membawa penyakit menular.
Sementara untuk daging kalengan, boleh masuk dengan sejumlah pengecualian. Daging kalengan dari negara yang memiliki kasus penyakit sapi gila, seperti Kanada tidak boleh masuk. Daging lembu atau kambing kalengan juga dilarang masuk AS.
ADVERTISEMENT
2. Coklat Kinder
Coklat kinder yang dimaksud adalah coklat berbentuk telur yang berbonus mainan anak-anak di tengahnya. Coklat ini banyak dijual di swalayan.
Nah, jangan berpikiran untuk membawanya ke AS sebagai camilan. Sebab, mainan di dalam coklat itu tidak memenuhi standar keamanan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS.
3. Buah-buahan dan Sayuran
Hati-hati, Ini 7 Barang yang Sebaiknya Tak Kamu Bawa Saat ke Amerika Serikat (7523)
Ilustrasi buah dan sayur-mayur Foto: Shutterstock
Sebagian besar buah-buahan dan sayuran dilarang masuk ke AS, namun tergantung dari mana mereka berasal. Buah-buahan eksotis dari negara tropis, seperti nanas dan delima bisa membuatmu berurusan dengan petugas imigrasi.
Larangan ini dibuat karena kekhawatiran lalat buah dan sayur yang dapat menimbulkan epidemi. Hal ini pernah terjadi pada 1980-an di California. Hanya karena satu buah, terjadi epidemi lalat Mediterania yang menyebabkan berbagai kerugian. Daftar buah dan sayur yang diperbolehkan masuk bisa dilihat di situs resmi berikut.
ADVERTISEMENT
4. Kacang Berkulit
Hati-hati, Ini 7 Barang yang Sebaiknya Tak Kamu Bawa Saat ke Amerika Serikat (7524)
Ilustrasi kacang tanah Foto: Pixabay
Pastikan jika ingin membawa jenis kacang-kacangan ke AS, kamu telah membuang kulitnya. Kacang yang telah direbus, dimasak, dipanggang, atau dikeringkan diizinkan masuk. Namun, kacang mentah seperti almond, kacang tanah, dan kacang macadamia mentah harus dibuang kulitnya dulu.
5. Beberapa Jenis Keju
Hati-hati, Ini 7 Barang yang Sebaiknya Tak Kamu Bawa Saat ke Amerika Serikat (7525)
Keju ricotta Foto: Thinkstock
Membawa keju ke AS bisa membuatmu kena masalah jika tidak benar-benar teliti. Sebagian jenis keju dilarang masuk ke negara Paman Sam, tergantung kandungan, kepadatan, dan dari mana ia berasal.
Keju padat diizinkan masuk asal tidak mengandung daging. Begitu pula dengan keju lembut, seperti Brie dan mozarella. Sedangkan keju cair seperti ricotta dan cottage dilarang masuk jika berasal dari negara yang memiliki penyakit tangan kaki mulut atau HFMD, seperti di sebagian Timur Tengah, Asia, dan Afrika.
ADVERTISEMENT
6. Piring Keramik
Hati-hati, Ini 7 Barang yang Sebaiknya Tak Kamu Bawa Saat ke Amerika Serikat (7526)
Ilustrasi piring keramik Foto: Pixabay
Kamu bisa jadi ingin membawakan oleh-oleh keramik cantik untuk kerabatmu di AS. Namun sayangnya, piring, mangkuk, atau barang kerajinan berbahan keramik dilarang masuk. Sebab, dikhawatirkan keramik ini mengandung banyak timah yang dianggap berbahaya jika dipakai untuk tempat makan.
7. Absinthe
Jenis minuman beralkohol ini juga dilarang masuk ke negeri Paman Sam. Absinthe dikenal dapat menghasilkan efek halusinogen. Alasan minuman ini dilarang adalah karena ia mengandung ramuan wormwood.