Hati-hati Kalau Liburan, Ini 5 Kota yang Paling Berbahaya di Dunia

17 Januari 2022 6:58
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Hati-hati Kalau Liburan, Ini 5 Kota yang Paling Berbahaya di Dunia (136941)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kejahatan. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Banyak tindakan yang membahayakan penduduk maupun wisatawan asing ketika berkunjung ke suatu tempat. Tentu tindak kriminal selalu ada di suatu wilayah.
ADVERTISEMENT
Sebelum liburan, pernahkah mencari tahu terkait daerah yang akan kamu kunjungi? Dewan Warga untuk Keamanan Publik dan Peradilan Pidana mengeluarkan laporan kota-kota yang paling berbahaya di dunia.
Dilansir World Atlas, berikut 5 kota paling berbahaya di dunia yang memiliki tingkat pembunuhan tertinggi yang dihitung per 100 ribu penduduk:

1. Celaya, Meksiko

Hati-hati Kalau Liburan, Ini 5 Kota yang Paling Berbahaya di Dunia (136942)
zoom-in-whitePerbesar
Orang-orang di taman San Agustin di Kuil San Agustin di Celaya, Guanajuato, Meksiko. Foto: Roberto Galan/Shutterstock
Memiliki populasi sekitar 639.052 jiwa, Celaya adalah kota terpadat ketiga yang terletak di bagian selatan-tengah negara bagian Guanajuato, Meksiko.
Saat ini, Celaya dianggap sebagai kota paling berbahaya di dunia, dengan tingkat pembunuhan 109,38 pembunuhan per 100 ribu penduduk.
Peningkatan kekerasan di kota ini disebabkan oleh upaya Kartel Generasi Baru Jalisco menghapus saingannya, Kartel Santa Rosa de Lima untuk mengendalikan perdagangan narkoba dan pencurian bensin skala besar.
ADVERTISEMENT

2. Tijuana, Meksiko

Hati-hati Kalau Liburan, Ini 5 Kota yang Paling Berbahaya di Dunia (136943)
zoom-in-whitePerbesar
San Diego, California, dari Tijuana, Meksiko Foto: Jorge Duenes/REUTERS
Terletak di Meksiko Negara Bagian Baja California, Tijuana adalah kota kedua terbesar, sekaligus terletak di paling barat Meksiko. Ini juga merupakan kota perbatasan yang paling banyak dikunjungi di dunia yang berbagi perbatasan sepanjang 24 km dengan Kota San Diego, yang terletak di Negara Bagian California, Amerika Serikat.
Namun demikian, Tijuana dianggap sebagai kota paling berbahaya kedua di dunia, dengan tingkat pembunuhan 105,15 pembunuhan per 100.000 penduduk. Tijuana dikenal karena kemiskinannya yang ekstrem dan banyak kejahatan keji, seperti pemerkosaan, penculikan, pembunuhan, dan lainnya.
Diyakini bahwa tingginya jumlah kekerasan di kota ini terutama disebabkan oleh perdagangan manusia, dan perdagangan narkoba yang dilakukan oleh geng yang berbeda.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Kekerasan mendadak juga sering terjadi antara dua geng yang bersaing: kartel Tijuana dan Sinaloa. Kartel Tijuana yang berbasis di Tijuana dianggap sebagai kelompok kriminal paling luas dan kejam di Meksiko.

3. Ciudad Juarez, Meksiko

Hati-hati Kalau Liburan, Ini 5 Kota yang Paling Berbahaya di Dunia (136944)
zoom-in-whitePerbesar
Pengunjung berfoto dengan berlatar belakang Ciudad Juarez. Foto: ART/Shutterstock
Ciudad Juarez yang memiliki 1.512.450 jiwa adalah kota terpadat di negara bagian Chihuahua, Meksiko. Juarez dianggap sebagai kota terburuk bagi perempuan di Meksiko, karena kekerasan terhadap perempuan di kota ini telah meningkat secara dramatis selama bertahun-tahun.
Saat ini, Juarez adalah kota paling berbahaya ketiga di dunia, dengan tingkat pembunuhan sekitar 103,61 pembunuhan per 100.000 penduduk.
Di masa lalu, Juarez melayani penduduk kota El Paso di Negara Bagian Texas AS dengan klub malam dan hiburan musik keras. Namun, peningkatan tingkat kejahatan baru-baru ini telah menyebabkan runtuhnya industri pariwisata kota tersebut.
ADVERTISEMENT
Wisatawan ke kota ini harus sangat berhati-hati karena kasus, seperti pembajakan mobil, perampokan, pencurian, dan pembunuhan sangat umum terjadi di sini. Meningkatnya kekerasan brutal di kota sering dikaitkan dengan perang wilayah antara saingannya Sinaloa dan kartel Juarez.
Kemiskinan, kekerasan narkoba, dan korupsi pemerintah adalah beberapa alasan utama meningkatnya kekerasan di kota Juarez.

4. Ciudad Obregon, Meksiko

Ciudad Obregon adalah kota terbesar kedua yang terletak di bagian selatan negara bagian Sonora, Meksiko. Ciudad Obregon dianggap sebagai kota paling berbahaya keempat di dunia, dengan tingkat pembunuhan sekitar 101,13 pembunuhan per 100.000 penduduk. Dilaporkan bahwa kota ini berfungsi sebagai kawasan vital dalam perdagangan narkoba dan perdagangan manusia internasional.

5. Irapuato, Meksiko

Irapuato terletak di kaki Bukit Arandas dan merupakan kota terpadat kedua yang terletak di jantung negara bagian Guanajuato, Meksiko. Kota di Meksiko ini dianggap sebagai kota paling berbahaya kelima di dunia, dengan tingkat pembunuhan sekitar 94,99 pembunuhan per 100.000 penduduk.
ADVERTISEMENT
Dilaporkan bahwa meningkatnya kekerasan di kota ini disebabkan oleh seringnya perang wilayah antara kartel Santa Rosa de Lima dan Kartel Generasi Baru Jalisco. Beberapa video yang muncul di berbagai platform menunjukkan penembakan massal di bar dengan pria yang membawa senapan.
Otoritas polisi setempat telah gagal untuk mengekang peningkatan kekerasan ini dan telah menyerahkan masalah ini kepada pemerintah federal. Namun, hingga saat ini, pemerintah federal belum mampu membendung meningkatnya kekerasan di kota Irapuato.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020