Food & Travel6 Juni 2018 12:51

Hei Perantau, Siapkah Kamu Mudik ke Kampung Halaman?

Konten Redaksi kumparan
Hei Perantau, Siapkah Kamu Mudik ke Kampung Halaman?  (12146)
com-Tips Mudik (Foto: Thinkstock)
Tak terasa Lebaran segera tiba. Tentunya ada satu tradisi yang selalu dilakukan masyarakat Indonesia menjelang Hari Raya Idul Fitri, yakni mudik Lebaran. Tradisi mudik ke kampung halaman memang sudah 'mendarah daging' hingga setiap tahun masyarakat Indonesia tak pernah melewatkan momen bersilaturahmi dan berkumpul dengan keluarga nan jauh di sana.
ADVERTISEMENT
Melakukan perjalanan ke kampung halaman tentu akan lebih menyenangkan jika kamu mempersiapkan segala sesuatunya sejak awal dengan mendetail. Nah, buat kamu yang ingin melakukan perjalanan mudik Lebaran di tahun ini, sudahkah mempersiapkan beberapa kebutuhan berikut ini?
1. Membawa Oleh-oleh dari Tanah Rantau
Hei Perantau, Siapkah Kamu Mudik ke Kampung Halaman?  (12147)
com-Membawa Oleh-oleh dari Tanah Rantau (Foto: Thinkstock)
Berbagi kebahagiaan untuk saudara di kampung halaman tak harus selalu dalam bentuk uang ‘THR’. Kamu juga bisa membawakan oleh-oleh khas daerahmu merantau. Oleh-oleh yang dibawa juga tidak hanya bisa berupa makanan dan minuman saja, tetapi juga bisa berupa pakaian atau aksesoris khas di tempat tinggalmu sekarang.
2. Menyiapkan Tiket Mudik
Hei Perantau, Siapkah Kamu Mudik ke Kampung Halaman?  (12148)
com-Menyiapkan Tiket Mudik (Foto: Thinkstock)
Bagi kamu yang mudik dengan menggunakan transportasi umum, jangan lupa untuk memeriksa lagi tiketnya agar tidak tertinggal. Jika memang belum mempersiapkannya, kamu bisa membuka aplikasi untuk pesan tiket mudik, tiket.com. Apalagi, beli tiket mudik lebaran dan tiket pesawat murah untuk liburan di tiket.com lebih mudah dan lebih murah, karena banyak diskon dan promo menarik yang selalu ada setiap bulan.
ADVERTISEMENT
Aplikasi tiket.com juga bisa menjadi solusi buat kamu yang ingin mudik sekaligus liburan tapi belum memiliki cukup dana. tiket.com memiliki program tiket dengan cicilan 0% lewat pembayaran banyak bank. Menarik, bukan?
3. Mempersiapkan Barang yang Harus Dibawa
Hei Perantau, Siapkah Kamu Mudik ke Kampung Halaman?  (12149)
com-Mempersiapkan Barang yang Harus Dibawa (Foto: Thinkstock)
Jangan ada perlengkapan dan peralatan mudik yang ketinggalan di rumah, termasuk peralatan kendaraan cadangan, jika kamu mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi. Pastikan kamu mempersiapkan segala keperluan mudik ini beberapa hari sebelum berangkat agar tidak ada yang tertinggal sehingga mudik berjalan lancar.
4. Menyiapkan Uang Receh
Hei Perantau, Siapkah Kamu Mudik ke Kampung Halaman?  (12150)
com-Menyiapkan Uang Receh (Foto: Thinkstock)
Tradisi bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) sudah lama menjadi budaya saat Hari Raya Idul Fitri tiba. Momen ini adalah yang paling ditunggu-tunggu saat Lebaran, terutama anak-anak. Apalagi saat berkumpul bersama keluarga besar.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya keluarga dekat saja. Bahkan keluarga jauh yang hanya bertemu di Hari Raya saja biasanya juga ikut membagikan THR. Jadi, jangan lupa juga untuk mempersiapkan uang dengan pecahan kecil untuk bagi-bagi THR dengan saudara-saudara di kampung halaman, ya!
Kalau sudah mempersiapkan keempat persiapan ini, dijamin mudikmu jadi lancar dan menyenangkan. Jadi, sudah siapkah kamu mudik Lebaran?
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan tiket.com.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white