Food & Travel
·
15 Oktober 2020 18:51

Hih Takut! Hotel di Jepang Ini Sediakan Kamar untuk Menginap dengan Jenazah

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hih Takut! Hotel di Jepang Ini Sediakan Kamar untuk Menginap dengan Jenazah (100018)
Ilustrasi mobil jenazah. Foto: Shutterstock
Setiap hotel memiliki ciri khasnya pelayanan tersendiri untuk memikat banyak pengunjung yang datang. Jepang sebagai negara yang menawarkan beragam keunikan, ternyata punya penginapan berkonsep unik dan terkesan menyeramkan bagi banyak orang.
ADVERTISEMENT
Penginapan tersebut terletak di Osaka. Hotel ini menawarkan pengalaman menegangkan kepada para pelanggan untuk menginap dengan jenazah yang baru saja meninggal dunia. Itai Hoteru, begitu sebutannya atau dikenal dengan arti hotel jenazah.
Seperti India, Jepang memiliki kebiasaan membawa pulang jenazah dari rumah sakit, dan mengamati pemakaman sepanjang malam dan keesokan paginya di hadapan teman, keluarga, dan tetangga. Pada sore hari, jenazah dibawa ke krematorium untuk upacara terakhir.
Hih Takut! Hotel di Jepang Ini Sediakan Kamar untuk Menginap dengan Jenazah (100019)
Itai Hoteru, Hotel Jenazah di Jepang Foto: Itai Hoteru
Dilansir Seattle Times, jenazah yang ada di hotel tersebut merupakan kerabat dan keluarga yang baru saja pergi ke pangkuan ilahi. Hotel yang diperuntukan bagi jenazah dan keluarganya ini digunakan oleh pihak keluarga yang menginginkan pemakaman dengan cara yang sederhana.
Paket termurah di hotel ini dipatok sebesar 185 ribu Yen atau setara Rp 25 juta, termasuk bunga, sebuah ruangan untuk keluarga bermalam di ruangan yang sama dengan jenazah.
ADVERTISEMENT
Tidak hanya itu, hotel ini juga menyediakan gaun putih tradisional untuk jenazah, peti mati, dan transportasi dari rumah sakit ke krematorium. Dan, tentu saja sebuah guci untuk menyimpan abu.
Sama seperti hotel lainnya, mereka juga menyediakan tempat tidur, televisi, serta kamar mandi. Selain itu, Itai Hoteru juga menyediakan ruangan kecil sebagai tempat untuk meletakkan peti mati jenazah. Hoteru Itai merupakan satu-satunya penginapan yang menawarkan tidur bersama dengan mayat.
Hih Takut! Hotel di Jepang Ini Sediakan Kamar untuk Menginap dengan Jenazah (100020)
Itai Hoteru, Hotel Jenazah di Jepang Foto: Itai Hoteru
Ruangan itu sengaja dibuka untuk pelayat karena terdiri dari altar kecil dan peti mati berbentuk transparan. Orang-orang terdekat dari lingkaran keluarga inti almarhum yang diizinkan untuk menginap di kamar tersebut.
Di Jepang, jumlah krematorium sangat sedikit dan jaraknya jauh dari kota. Faktanya, mendapatkan akses ke krematorium bukanlah langkah mudah mengingat meningkatnya jumlah kematian alami di Negeri Sakura itu.
Hih Takut! Hotel di Jepang Ini Sediakan Kamar untuk Menginap dengan Jenazah (100021)
Ilustrasi kamar hotel Foto: Shutter Stock
Oleh karena itu, jika kuburan penuh, jenazah disimpan di peti mati dan ditutup kain transparan sampai ada ruang yang tersedia di tempat kremasi. Kamar-kamar di hotel ini sederhana dan bersih, serta dilengkapi dengan tempat tidur ganda, televisi layar datar dan lebih banyak perabotan.
ADVERTISEMENT
Tarif hotel cukup terjangkau untuk kamar kelas menengah dan sedikit lebih mahal untuk kamar eksekutif. Kamar jenazah sekaligus penginapan itu telah menjadi berkah bagi negara seperti Jepang.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).