Food & Travel
·
5 Mei 2020 6:59

Indahnya Masjid di Dubai Ini, Dihiasi dengan Gemerlap Cahaya yang Memukau

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Indahnya Masjid di Dubai Ini, Dihiasi dengan Gemerlap Cahaya yang Memukau (218522)
Masjid cahaya di Dubai. Foto: Dok. Nudes
Dubai dikenal sebagai salah satu kota di Timur Tengah yang punya banyak masjid dengan arsitektur menakjubkan dan tak biasa. Misalnya saja Masjid Agung Sheikh Zayed, masjid ini punya arsitektur yang megah dan jadi salah satu masjid terindah di Dubai.
ADVERTISEMENT
Tapi, tak hanya Masjid Agung Sheikh Zayed, Dubai juga akan memiliki sebuah masjid yang punya desain menakjubkan. Bernama Mosque of Light atau masjid cahaya, masjid ini menjadi salah satu masjid paling unik di dunia.
Dilansir Archdaily, masjid ini didesain oleh NUDES, perusahaan arsitektur NUDES yang berbasis di Mumbai, India. Salah satu hal menarik dari masjid ini, yaitu bangunannya yang didesain dengan banyak pahatan, sehingga cahaya matahari dan semilir angin bisa masuk dengan leluasa.
Indahnya Masjid di Dubai Ini, Dihiasi dengan Gemerlap Cahaya yang Memukau (218523)
Masjid cahaya di Dubai. Foto: Dok. Nudes
Di dalamnya, NUDES menciptakan desain dengan mengubah pola formal pada umumnya dan memantulkan cahaya matahari dari permukaan ganda yang bentuknya melengkung.
Efek ini semakin terasa dengan adanya rangkaian lubang mashrabiya yang dihasilkan dari pengulangan geometri bangunan sederhana. Sehingga mampu menyaring cahaya matahari agar tak masuk ke dalam bangunan masjid secara berlebihan.
ADVERTISEMENT
Permainan cahaya dari bangunan masjid tersebut juga memberikan pemandangan yang memukau. Hal tersebutlah yang membuat masjid ini pun dinamakan Mosque of Light.
Kondisi Dubai yang cukup panas, karena berada di wilayah gurun menjadi alasan kenapa masjid tersebut didesain sedemikian rupa. Sehingga pengaturan sirkulasi udara pada sebuah bangunan menjadi penting untuk diperhatikan, agar bagian dalam bangunan dapat tetap sejuk dan nyaman.
Masjid dengan empat menara ini juga dibuat untuk mengakomodasi kegiatan salat setiap hari. Lantai dasar masjid digunakan sebagai ruang salat bagi pria dan wanita.
Secara keseluruhan, desain masjid ini menggunakan konsep yang sederhana dan transparan sebagai tempat ibadah yang mampu menginspirasi jemaah untuk beribadah bersama dan melakukan kebaikan.
Desain arsitektur masjid yang didominasi dengan warna putih ini diketahui merupakan salah satu peserta dalam kompetisi Dubai Creek Harbor.
ADVERTISEMENT
Termasuk dari bagian proyek Dubai Creek Harbor Development, Mosque of Light menjadi bagian dari pembangunan salah satu kawasan yang lebih besar di Dubai. Sebab, nantinya terdapat sekitar 48.500 unit rumah dengan lebih dari 175.000 penduduk di tempat tersebut.
Meski begitu, kamu mesti bersabar untuk berkunjung ke masjid ini, sebab proyek Dubai Creek Harbor Development rencananya baru akan rampung pada 2021 mendatang.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)
***
kumparanDerma membuka campaign crowdfunding untuk bantu pencegahan penyebaran corona virus. Yuk, bantu donasi sekarang!