kumparan
16 Oktober 2017 17:47

Infografis: Jadwal Penerbangan di Bandara Blimbingsari

Mengenal Bandara Blimbingsari Banyuwangi
Mengenal Bandara Blimbingsari Banyuwangi (Foto: Faisal Nu'man/kumparan)
Kabupaten Banyuwangi kini menjadi salah satu destinasi wisata favorit. Kabupaten di ujung timur pulau Jawa itu memiliki pesona alam dan wisata budaya yang mampu menarik wisatawan, baik lokal maupun asing.
ADVERTISEMENT
Bagi yang ingin merasakan sensasi berwisata di Banyuwangi, tidak perlu khawatir dengan akses transportasi. Jika dulu, wisatawan dari Jakarta yang menggunakan pesawat harus transit terlebih dahulu di Surabaya, sekarang mereka dapat terbang langsung menuju Banyuwangi tanpa harus mampir di ibu kota Provinsi Jawa Timur tersebut.
Sebagai pintu masuk pariwisata Banyuwangi, Bandara Blimbingsari terus melakukan inovasi.
Saat ini, terdapat enam kali penerbangan per hari menuju Banyuwangi. Tiga di antaranya merupakan penerbangan langsung dari Jakarta, sementara tiga lainnya adalah rute Surabaya-Banyuwangi.
Dengan semakin sibuknya Bandara Blimbingsari, tentu saja menghemat waktu tempuh menuju kabupaten berjuluk "Sunrise of Java" tersebut.
Dahulu, ketika menggunakan jalur darat, perjalanan Surabaya-Banyuwangi memakan waktu delapan jam. Sementara, Jakarta-Banyuwangi bila ditempuh dengan jalur darat dapat menghabiskan waktu lebih dari satu hari.
ADVERTISEMENT
Video
Sekarang, Surabaya-Banyuwangi dapat ditempuh hanya dalam waktu 50 menit dan Jakarta-Banyuwangi selama 1 jam 45 menit saja.
Penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi dilayani oleh maskapai NAM Air dan Garuda Indonesia. NAM Air melayani dua kali penerbangan yakni pukul 07.45-08.35 WIB dan 14.10-15.45 WIB, sementara Garuda Indonesia melayani satu penerbangan pada pukul 17.10 WIB.
Untuk rute Surabaya-Banyuwangi dilayani oleh maskapai Wings Air dan Garuda Indonesia. Wings Air membuka satu kali penerbangan pada pukul 12.00-12.50 WIB dan Garuda Indonesia melayani dua kali penerbangan yakni pukul 06.05-07.00 WIB dan 11.45-12.45 WIB.
Bukan hanya dari sisi jadwal penerbangan, Bandara Blimbingsari dapat menjadi salah satu objek wisata pilihan di Banyuwangi. Alasannya? Bandara Blimbingsari merupakan bandara pertama di Indonesia yang mengusung konsep hijau.
ADVERTISEMENT
Dengan konsep hijau ini, pengunjung tidak akan menemukan pendingin ruangan. Tak perlu khawatir merasa panas, karena sirkulasi udara yang baik dan materil bangunan yang berbahan dasar daur ulang membuat Bandara Blimbingsari terasa sejuk.
Di bandara ini, juga terdapat kolam air dan kebun bunga yang menambah suasana alami.
Mengenal Bandara Blimbingsari Banyuwangi
Mengenal Bandara Blimbingsari Banyuwangi (Foto: Faisal Nu'man/kumparan)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan