kumparan

Ini 20 Maskapai Penerbangan Terbersih di Dunia Berdasarkan Skytrax

Pesawat Boeing 737 MAX 8
Pesawat Boeing 737 MAX 8 Foto: Reuters/Jason Redmond/File Photo
Konsultan penerbangan dunia sekaligus lembaga pemeringkat penerbangan global asal Inggris, Skytrax, baru-baru ini merilis peringkat maskapai penerbangan terbersih yang ada di dunia untuk periode tahun 2019.
ADVERTISEMENT
Dalam kategori maskapai penerbangan terbersih tersebut, Skytrax mengumpulkan pendapat penumpang ketika menilai setiap sisi pesawat. Baik dari kebersihan area tempat duduk, lipatan meja, karpet, panel kabin, hingga toilet.
Hasil penilaian penumpang tersebut kemudian diluncurkan dalam agenda tahunan mereka yang bertajuk Skytrax World Airline Awards 2019. Menurut hasil penilaian dan peringkat tersebut, maskapai penerbangan yang menempati tampuk jawara adalah Eva Air yang berasal dari Taiwan.
Kursi Pesawat yang Berwarna Biru
Kursi Pesawat yang Berwarna Biru Foto: Shutter Stock
Eva Air berhasil menggeser ANA All Nippon Airways, maskapai penerbangan andalan Jepang yang pada tahun 2018 lalu berada di peringkat pertama. Eva Air berhasil menduduki posisi teratas diikuti oleh Japan Airlines yang pada tahun kemarin berada di peringkat kelima.
Sedangkan ANA All Nippon Airways mesti berpuas diri turun dua peringkat ke rangking tiga. Posisi keempat kemudian dihuni oleh Singapore Airlines sama seperti tahun lalu, dan posisi kelima ditempati oleh Asiana Airlines yang turun peringkat dari posisi ketiga pada tahun 2018.
Maskapai Asal Taiwan, EVA Air
Maskapai Asal Taiwan, EVA Air Foto: Shutter Stock
Sementara itu, maskapai penerbangan Garuda Indonesia terpaksa 'tersingkir' dari deretan 20 maskapai terbersih dunia versi Skytrax. Padahal pada tahun sebelumnya, Garuda Indonesia berada pada posisi ke-16 mengalahkan Bangkok Airways, China Southern Airlines, Air New Zealand, dan Emirates.
ADVERTISEMENT
Uniknya, masih sama seperti tahun sebelumnya, gelar maskapai penerbangan terbersih dunia masih didominasi oleh pesawat dari kawasan Asia. Ingin tahu daftar lengkap maskapai yang dinilai sebagai armada penerbangan terbersih di dunia, berikut daftarnya, ya.
1. Eva Air (Taiwan)
2. Japan Airlines (Jepang)
3. ANA All Nippon Airlines (Jepang)
4. Singapore Airlines (Singapura)
5. Asiana Airlines (Korea Selatan)
6. Hainan Airlines (China)
7. Swiss International Air Lines (Swiss)
8. Cathay Pacific Airways (Hong Kong)
9. Qatar Airways (Qatar)
10. Luthfansa (Jerman)
11. China Airlines (China)
12. Austrian Airlines (Austria)
13. Korean Air (Korea Selatan)
14. Air New Zealand (Selandia Baru)
15. KLM Royal Dutch Airlines (Belanda)
16. Qantas Airways (Qantas)
ADVERTISEMENT
17. Cathay Dragon (Hong Kong)
18. Bangkok Airways (Thailand)
19. Thai Airways (Thailand)
20. Finnair (Finlandia)
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan