Food & Travel
·
23 April 2021 14:54

Ini Daftar Pulau Terbaik di Dunia untuk Habiskan Masa Pensiun, Ada Indonesia?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Ini Daftar Pulau Terbaik di Dunia untuk Habiskan Masa Pensiun, Ada Indonesia? (554845)
Keindahan Pura Ulun Danu, Bali Foto: Shutter stock
Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengisi masa pensiun, mulai dari menikmati kebersamaan dengan keluarga, beristirahat, hingga menghabiskan liburan ke suatu tempat. Menghabiskan waktu di pulau yang indah nan nyaman usai pensiun, merupakan salah satu pilihan yan tepat.
ADVERTISEMENT
Travel Awaits, situs wisata khusus turis yang berusia di atas 50 tahun, meluncurkan daftar 15 pulau terbaik yang cocok dikunjungi bagi pensiun tahun 2021. Destinasi wisata itu dipilih berdasarkan sejumlah kriteria, salah satunya sebagai lokasi hidup yang lebih sederhana dan damai tanpa harus merogoh kantong dalam-dalam.
Dalam daftar tersebut, Malta di Kepulauan Mediterania menduduki predikat pertama sebagai pulau terbaik untuk pensiun tahun 2021. Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Travel Awaits, Malta merupakan destinasi populer bagi wisatawan lantaran biaya hidup yang murah.
Ini Daftar Pulau Terbaik di Dunia untuk Habiskan Masa Pensiun, Ada Indonesia? (554846)
Ilustrasi lansia di Jepang Foto: Shutter Stock
Setelah Malta, peringkat selanjutnya disusul oleh Pulau Mallorca di Spanyol yang berada di peringkat kedua, dan Penang di Malaysia di peringkat ke empat. Penang dipilih oleh wisatawan pensiun lantaran lokasinya yang strategis, memiliki beragam sajian lokal, dan punya banyak aktivitas alam yang dapat dilakukan.
ADVERTISEMENT
Menariknya, dalam daftar tersebut, Bali berhasil menduduki posisi ke-9 sebagai pulau terbaik untuk dikunjungi saat pensiun 2021. Bali menjadi satu-satunya pulau di Indonesia yang dinilai cocok sebagai tempat untuk pensiun.
Ini Daftar Pulau Terbaik di Dunia untuk Habiskan Masa Pensiun, Ada Indonesia? (554847)
Ilustrasi Ubud Bali Foto: Shutter stock
Bali dianggap memiliki kekayaan alam yang indah serta biaya hidup yang terjangkau. Selain itu, terdapat beberapa komunitas yang terkenal di kalangan ekspatriat, termasuk di Ubud dan Seminyak.
"Anda dapat menghabiskan waktu mengeksplorasi pura-pura, mandi air panas dan menikmati rangkaian perawatan kesehatan, atau berkeliling dengan sepeda motor ke pantai," tulis laman Travel Awaits.

Berikut daftar lengkap 15 pulau terbaik untuk pensiun 2021:

  1. Malta
  2. Mallorca, Spanyol
  3. Penang, Malaysia
  4. Ambergris Caye, Belize
  5. Irlandia
  6. Roatan, Honduras
  7. Isla Mujeres, Meksiko
  8. Isla Colon, Panama
  9. Bali, Indonesia
  10. Koh Samui, Thailand
  11. Las Terrenas, Republik Dominika
  12. Crete, Yunani
  13. Cozumel, Meksiko
  14. Caye Caulker, Belize
  15. Phu Quoc, Vietnam
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).