kumparan
30 Desember 2017 15:57

Ini Dia Urutan Negara Pertama dan Terakhir Masuki Tahun Baru 2018

Ilustrasi Hari Bumi (Foto: Istimewa)
Bumi itu bundar dan berputar sesuai porosnya.
Kamu semua pasti pernah mendengar dan mempelajari ilmu pengetahuan sosial tersebut. Karena berputar sesuai rotasi, maka terdapat perbedaan jam di belahan wilayah yang ada di bumi. Misalnya, terdapat perbedaan waktu sebanyak 12 jam antara Indonesia dan Kanada.
ADVERTISEMENT
Karena terletak di belahan bumi yang berbeda, Indonesia memiliki waktu lima jam lebih lambat dibanding Prancis. Ini artinya, Prancis akan merayakan pergantian tahun lima jam lebih awal dibanding Indonesia.
Menjelang pergantian tahun menuju 2018, pernahkah kamu berpikir soal negara mana yang pertama kali merayakan tahun baru?
Malam tahun baru di Prambanan (Foto: AFP/Suryo Wibowo)
Jawabannya sama sekali bukan Indonesia. Bukan Jepang, bukan Inggris, bukan pula Hong Kong.
Samoa (Foto: Pixabay)
Jawabannya adalah Apia. Ibukota dari Samoa dan Christmas Island yang berada di Kiribati ini jadi yang pertama memasuki 2018. Kedua tempat tersebut berada di zona waktu UTC+14.
Samoa berada di tengah-tengah Samudera Pasifik yang membentuk daerah Polinesia. Negara kepulauan ini terdiri dari dua pulau utama dan tujuh pulau kecil dan termasuk negara dengan wilayah terkecil di dunia. Negara ini juga terletak di bagian selatan khatulistiwa.
ADVERTISEMENT
Sedangkan Pulau Christmas merupakan bagian dari Republik Kiribati yang memiliki luas daratan terumbu karang terbesar di dunia.
Sedangkan negara paling akhir menyambut pergantian tahun adalah Pulau Baker dan Howland.
Pulau Baker merupakan pulau tak berpenghuni yang terletak di utara khatulistiwa, tepatnya di Samudra Pasifik. Walau tak berpenghuni, namun tetap ada penjaga pantai yang didatangkan dari Amerika. Pulau Baker ditemukan pada tahun 1818 oleh pemburu paus. Di sini juga tidak ada sumber air bersih dan pohon. Semak belukar jadi penghuni utama.
Pulau Howland merupakan pulau koral yang mengelilingi laguna, yang terletak sejauh 3.100 kilometer barat daya Honolulu, Hawaii. Pulau dengan luas 129,8 kilometer persegi ini ditetapkan sebagai kawasan Perlindungan Margasatwa Nasional.
ADVERTISEMENT
Lantas , bagaimana dengan Indonesia?
com-Keindahan Bali (Foto: Thinkstock)
Bali merayakan tahun baru bersamaan dengan Singapura, Tiongkok, Malaysia, dan Hong Kong. Seluruhnya memiliki zona waktu satu jam lebih awal dibanding Indonesia Barat (WIB).
Sedangkan Pulau Jawa dan Sumatera merayakan tahun baru bersama dengan beberapa negara yang berada di zona waktu UTC+07. Yaitu Bangkok di Thailand, Vietnam, Laos, Kamboja, Christmas Island di Australia, Krasnoyarsk, Kemerovo, Tomsk, Novosibirsk di Russia.
====
Kamu mau uang tunai untuk jalan-jalan? Silakan ikuti kompetisi menulis bersama tiket.com. Hadiah totalnya Rp 25 juta dan lomba berakhir pada 14 Januari 2018. Info selengkapnya bisa dilihat di sini.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan