kumparan
28 Mei 2018 13:32

Ini Fasilitas-Fasilitas yang Dimiliki Bandara Kertajati

Bandara Kertajati (Foto: Dok. bandarakertajati.com)
Presiden Joko Widodo telah meresmikan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati di Majalengka, Kamis (24/05). Bandara ini diklaim sebagai bandara terbaik kedua di Indonesia setelah bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang.
ADVERTISEMENT
Dibangun sejak 2015 di atas lahan 1.800 hektare, Bandara yang berlokasi di Majelengka, Jawa Barat, ini dapat memfasilitasi hingga 5,6 juta penumpang untuk tahun pertama. Pada tahun berikutnya, Bandara Kertajati diproyeksi akan mampu menampung hingga 18 juta penumpang.
Dengan nilai proyek mencapai Rp 2,6 triliun, bandara ini begitu memukau dengan interior seperti pohon berbentuk setengah kubah berwarna putih, dan terdapat patung-patung yang membuat bandara ini terlihat begitu megah.
Pembangunan Bandara Kertajati, Majalengka. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Selain interiornya yang mewah, bandara ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memudahkan warga Jawa Barat dan sekitarnya untuk melakukan perjalanan dengan pesawat terbang.
1. Ruang Tunggu Eksklusif
Bandara Kertajati, Majalengka. (Foto: bandarakertajati.com)
Selain sebagai bandara untuk penumpang dan kargo, BIJB Kertajati juga akan menjadi titik embarkasi haji untuk masyarakat Jawa Barat dan sebagian Jawa Tengah. Demi kenyamanan para jamaah haji, bandara Kertajati memiliki ruang tunggu dengan luas lahan mencapai 1.200 meter persegi yang dilengkapi dengan 12 ruang salat. Miniatur Ka'bah di dalamnya juga membuat ruang tunggu ini terasa semakin khas.
ADVERTISEMENT
2. Terkoneksi dengan Berbagai Moda Transportasi
Pembangunan Bandara Kertajati, Majalengka. (Foto: Iqbal Firdaus/kumparan)
Tidak perlu mengkhawatirkan masalah kendaraan menuju BIJB. Bandara ini akan terkoneksi dengan berbagai moda transportasi seperti kereta api dan jalan tol yang terintegrasi dengan tol Cipali dan trase 6 Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Cimalaka-Dawuan (Cisumdawu). Khusus untuk kereta, PT Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara Kertajati akan membangun jalur kereta yang diharapkan mampu menjadi pusat pertumbuhan ekonomi wilayah Jawa Barat.
3. Memiliki Landasan Pacu (Runway) yang Besar
Bandara Internasional Kertajati, Jawa Barat (Foto: Raisan Alfarisi/ANTARAFOTO)
BIJB juga memiliki landasan pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter, yang rencananya akan diperpanjang ukurannya menjadi 3.000 x 60 meter, sehingga landasan pacu Kertajati bisa melayani 800 pergerakan pesawat dan bisa menampung pesawat berbadan besar. Dengan begitu, rute penerbangan yang bisa dilayani pun menjadi lebih banyak.
ADVERTISEMENT
Itulah fasilitas-fasilitas utama yang ditawarkan BIJB. Dengan adanya Bandara Kertajati, diharapkan perjalanan mudik dan musim liburan mulai tahun 2018 ini semakin lancar.
Bicara soal mudik dan liburan yang semakin lancar, kamu bisa juga mengunduh aplikasi untuk pesan tiket mudik, misalnya tiket.com, yang bisa bikin mudik dan liburan kamu semakin lancar
Kebetulan tiket.com memiliki berbagai penawaran terbaik, termasuk di antaranya harga tiket pesawat murah ke berbagai destinasi di Indonesia maupun mancanegara. Apalagi di aplikasi tiket.com, kamu juga bisa membeli tiket dengan cicilan 0% dengan menggunakan berbagai kartu kredit.
Jadi sudah siap mudik sambil liburan dengan menggunakan Bandara Kertajati?
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan tiketcom.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan