kumparan
5 Februari 2020 9:20

Jadi Destinasi Super Prioritas, Labuan Bajo Makin Sering Dikunjungi

Kunker Wishnutama dan Angela ke Labuan Bajo
Angela Tanoesoedibjo berfoto di Pulau Padar. Foto: Dok. Kemenparekraf
Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur memang sedang rajin-rajinnya disambangi wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara, ingin melihat langsung pesona eksotis dari tempat ini.
ADVERTISEMENT
Apalagi, setelah Labuan Bajo ditetapkan pemerintah sebagai destinasi super prioritas. Beragam macam promosi dilakukan pemerintah untuk membuat Labuan Bajo semakin dikenal di dunia wisata.
Rupanya, langkah ini membuahkan hasil, lho. Menurut Jurnal Pegipegi 2019 yang diterima kumparan (Senin, 3/2), pemesanan tiket pesawat ke Labuan Bajo meningkat hingga 3 kali lipat.
Pasir di Pink Beach, Labuan Bajo
Pasir di Pink Beach, Labuan Bajo Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Walau tak bisa mengungkapkan angka pemesanan tiket pesawatnya ke publik, dalam rilis resminya, Pegipegi mengatakan bahwa peningkatannya cukup signifikan. Angka peningkatan itu didapat dari 28 juta jam waktu tempuh perjalanan menggunakan pesawat yang dipesan konsumen melalui Pegipegi.
Jurnal Pegipegi 2019 adalah rangkuman waktu tempuh perjalanan tiket pesawat dan kereta, pertumbuhan pemesanan produk, hingga fasilitas favorit pelanggan pada saat menginap di hotel.
ADVERTISEMENT
Pegipegi merupakan online travel agent (OTA) yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat, hotel, dan tiket kereta dalam satu platform.
Komodo di Pulau Komodo, NTT
Komodo di Pulau Komodo, NTT Foto: Helinsa Rasputri/kumparan
Labuan Bajo memang menyenangkan. Di luar dari statusnya sebagai destinasi super prioritas, kawasan ini memang memiliki banyak atraksi yang menarik.
Kamu bisa berlayar dengan kapal pesiar atau yang biasa dikenal pula sebagai live on board. Lalu bisa juga berjemur atau snorkeling di Pantai Pink yang Instagramable.
Hiking hingga mencapai puncak Pulau Padar yang mempesona, dan yang tentunya tak boleh dilewatkan adalah bertemu dengan satwa langka, komodo.
Pulau Padar
Wisatawan mengabadikan momen dengan berfoto di puncak Pulau Padar. Foto: Andari Novianti/kumparan
Selain Labuan Bajo, rupanya destinasi super prioritas lainnya juga mengalami peningkatan pemesanan yang signifikan, lho. Menurut Jurnal Pegipegi 2019, pemesanan tiket penerbangan menuju Danau Toba juga meningkat hingga 2,5 kali lipat dibandingkan dengan periode awal 2019.
ADVERTISEMENT
Selain pemesanan tiket pesawat, data juga menunjukan bahwa pemesanan hotel di Danau Toba naik sebanyak 1,4 kali lipat. Sedangkan Likupang mengalami kenaikan bahkan hingga 2 kali lipat, dibandingkan tahun lalu.
Sementara itu, destinasi super prioritas lainnya seperti Borobudur dan Mandalika tidak terlihat menunjukkan kenaikan yang signifikan.
Meski begitu, Pegipegi memprediksi bahwa akan ada kenaikan pemesanan tiket pada tahun 2020 ini, sejalan dengan fokus pemerintah dalam melakukan promosi.