kumparan
search-gray
Food & Travel15 Desember 2017 10:20

Jalan-jalan ke Palangka Raya? Coba Mampir ke 4 Wisata Alam Ini

Konten Redaksi kumparan
Jalan-jalan ke Palangka Raya? Coba Mampir ke 4 Wisata Alam Ini (110407)
Palangka Raya (Foto: Wikimedia Commons)
Beberapa hari belakangan, kabar tentang akan pindahnya ibu kota Indonesia semakin santer tersiar. Sebagai kota terluas di Indonesia, Palangka Raya digadang-gadang menjadi calon kuat ibu kota yang baru.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari itu semua, Palangka Raya rupanya memiliki beberapa destinasi wisata alam yang tak kalah memukau dengan kota-kota lainnya. Memiliki luas wilayah 2400 meter persegi, Palangka Raya tentunya memiliki potensi alam yang besar. Lantas, apa saja yang bisa dikunjungi di kota ini? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum 4 destinasi wisata yang ditawarkan oleh Palangka Raya dan sayang untuk dilewatkan:
1. Taman Nasional Sebangau
Kamu ingin menikmati kekayaan flora dan fauna? Di sini tempatnya. Kamu bisa melihat habitat asli orangutan dengan suasana yanag masih sangat alami.
Selain orangutan, di sini kamu juga bisa bertemu dengan bekantan, beruang madu, owa-owa, burung rangkong dan monyet ekor panjang.
Memiliki luas 587.700 hektar, taman nasional ini dipenuhi dengan 808 jenis tumbuhan, 182 jenis burung, 15 jenis mamalia, dan 54 jenis ular. Dan, berada di drsa Bingkirai, Kecamatan Sebangau, kamu harus menyusuri Sungai Koran terlebih dahulu sebelum masuk ke taman nasional ini.
ADVERTISEMENT
Jika kamu berniat berkunjung ke sini, sebaiknya datang di antara bulan Desember hingga Februari saat musim hujan.
2. Danau Tahai
Berada di desa Tahai, Kelurahan Tumbang Tahai, Kecamatan Bukit Baru, danau ini berjarak 30 km dari Kota Palangkaraya. Di sini, kamu bisa melepas lelah setelah letik melakukan aktivitas seharian.
Pemandangan yang indah dilengkapi dengan jembatan kayu yang menghubungkan antara danau dan hutan akan menyambutmu. Jika kamu memiliki jiwa petualang, kamu bisa menyusuri kawasan hutan di dekat danau dengan trekking yang cukup menantang. Disamping kanan dan kiri juga banyak ditumbuhi pohon-pohon yang masih alami.
Uniknya, di danau ini airnya berwarna merah. Warna ini berasal dari air tanah gambut dan akar-akar pohon lahan gambut tersebut. Selain itu, kamu juga bisa melihat rumah-rumah terapung.
ADVERTISEMENT
Tak perlu khawatir merasa bosan, karena di danau ini juga tersedia fasilitas, seperti tempat karaoke, sepeda angsa, perahu dayung, rumah makan, musala, lahan parkir, dan tempat menginap.
3. Wisata Susur Sungai Kahayan
Sungai Kahayan merupakan salah satu sungai terpanjang di Kalimantan, dengan panjang 600 km dan kedalaman mencapai 7 meter. Sungai ini juga sangat unik, karena terlihat seperti teluk yang menjuruk ke dalam.
Di sini kamu akan menemukan kapal yang menyusuri sungai.
Kapal ini akan siap mengantar kamu ke tempat wisata di sekitaran lokasi sungqi. Ketika berada di kapal, kamu akan disuguhkan pemandangan rumah-rumah apung warga di sekitar sungai, pemandangan hutan-hutan, bahkan jika beruntung kamu bisa melihat uwa-uwa, bekantan dan kera abu-abu.
ADVERTISEMENT
4. Pantai Ujung Pandaran
Dengan hamparan pasir putih dan kekayaan biota lautnya, pantai ini terletak di desa Ujung Pandaran, Kecamatan Teluk Sampit. Pantai ini menjadi spot favorit untuk menikmati sunset dan sekaligus menjadi tempat wisata religi karena ada makam seorang ulama yang kerap dikunjungi umat Muslim.
Setiap tahunnya, di pantai ini juga diadakan ritual Simah Laut, yaitu ritual tolak bala. Untuk mencapai pantai ini kamu harus berkendara kurang lebih 3 jam, walaupun terasa lama kamu akan disuguhkan pemandangan perkebunan kelapa dan semak-semak belukar di sepanjang jalan.
Tertarik berkunjung?
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white