Candi Borobudur

Jalan-jalan Sambil Olahraga di Borobudur dengan Coba 5 Aktivitas Ini

21 Oktober 2021 18:04
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Candi Borobudur. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Candi Borobudur. Foto: Shutter Stock
ADVERTISEMENT
Sebagai satu dari lima destinasi super prioritas, Borobudur yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tak hanya menawarkan pemandangan candi yang menjadi salah satu keajaiban dunia. Di Borobudur wisatawan bisa menemukan banyak aktivitas menarik dan menyenangkan.
ADVERTISEMENT
Memiliki alam yang indah dan cuaca yang sejuk, di Borobudur wisatawan bisa jalan-jalan sambil berolahraga. Jadi, hati senang, badan juga akan sehat. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengatakan bahwa daya tarik di Borobudur yang seperti itu bisa menjadi pendekatan wisata untuk lebih berkualitas.
“Berarti kita harus siapkan Borobudur era baru ini yang lebih berkelanjutan, sehingga kunjungan dari wisatawan di sini bisa menghadirkan peluang usaha dan terbukanya lapangan kerja. Karena selama ini, sektor pariwisata yang dikhawatirkan akan redup di tengah pandemi, justru mampu bersinar. Kita bukan bagian dari masalah tapi justru bagian dari solusi bangsa ini untuk bangkit dan pulih. Tentunya dalam bingkai protokol kesehatan yang ketat dan disiplin,” jelas Sandiaga Uno, seperti dikutip dari siaran pers, “Menparekraf Harapkan Trail of Civilization Jadi Daya Tarik Wisata di Borobudur”.
ADVERTISEMENT
Nah, untuk itu berikut kumparan rangkum lima aktivitas yang bisa kamu coba saat berkunjung ke Borobudur. Namun sebelumnya, yuk, follow akun Instagram @pesonaid_travel agar kamu selalu mendapatkan informasi ter-update seputar pariwisata hingga beragam produk kreatif lokal yang ada #DiIndonesiaAja!
1. Jogging di Sekitar Borobudur
Ilustrasi persiapan lari marathon. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi persiapan lari marathon. Foto: Shutter Stock
Jogging menjadi salah satu aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berlibur ke kawasan Borobudur. Terlebih untuk kamu yang menginap di sekitaran Borobudur, kamu bisa jogging sambil menikmati sunrise yang indah.
Cobalah untuk jogging mengelilingi komplek Candi Borobudur. Kamu juga bisa sedikit melipir dengan rute menuju perbukitan Menoreh yang menyajikan alam nan indah. Jadi, sambil jogging, kamu juga bisa menghirup udara yang segar.
2. Bersepeda di Desa Wisata Borobudur
Benarkah bersepeda bikin paha makin besar? Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Benarkah bersepeda bikin paha makin besar? Foto: Shutterstock
Sepeda saat ini menjadi olahraga yang paling diminati oleh orang banyak. Untuk kamu yang bingung mau mengambil rute mana saat bersepeda di sekitar Borobudur, kamu bisa sambil menjelajahi desa wisata yang berada di sana.
ADVERTISEMENT
Seperti mengunjungi Desa Wringin Putih yang hanya berjarak kurang lebih 2,3 km dari area Candi Borobudur. Desa ini akan memperlihatkan pemandangan pedesaan yang asri dan indah dengan latar belakang sawah dan lanskap Bukit Menoreh.
Kamu juga bisa mengunjungi beberapa desa lainnya saat bersepeda di sekitaran Candi Borobudur, seperti Desa Wanurejo, Desa Majaksingi, Desa Tanjungsari, dan Desa Candirejo. Setiap desa juga menyuguhkan banyak pemandangan menarik yang sayang dilewatkan wisatawan.
3. Yoga di Svargabumi Borobudur
Svargabumi, destinasi wisata Instagramable baru di Borobudur Foto: Instagram @svargabumi
zoom-in-whitePerbesar
Svargabumi, destinasi wisata Instagramable baru di Borobudur Foto: Instagram @svargabumi
Aktivitas menarik lainnya yang bisa kamu coba di sekitaran Borobudur adalah yoga di Svargabumi. Berjarak hanya 1 km dari Candi Borobudur, kamu akan dimanjakan dengan hamparan hijaunya persawahan yang menyejukkan mata.
Tak hanya itu, di Svargabumi juga terdapat spot instagramable yang cocok untuk kamu yang gemar berburu foto ciamik. Mulai dari spot foto dengan miniatur gapura Candi Borobudur, hammock, hingga ayunan instagramable bisa kamu temukan di tempat ini.
ADVERTISEMENT
Jika tertarik berolahraga sambil menikmati pemandangan dan spot instagramable di Svargabumi, kamu harus membayar tiket masuk sebesar Rp 25 ribu untuk dewasa dan Rp 15 ribu untuk anak-anak, untuk harga tiket masuk ini sewaktu-waktu dapat berubah, ya! Svargabumi buka setiap Senin-Rabu, dan Jumat pukul 08.00-17.00 WIB, serta Sabtu-Minggu pukul 06.30-18.00 WIB.
4. Trekking Sambil Berburu Sunrise di Punthuk Setumbu
Panorama sunrise di Punthu Setumbu Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Panorama sunrise di Punthu Setumbu Foto: Shutter Stock
Apa kamu familiar dengan Punthuk Setumbu? Ya, tempat ini pernah dijadikan lokasi syuting Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2). Wisata yang menyuguhkan keindahan alamnya ini menjadi salah satu lokasi yang bisa kamu kunjungi sambil trekking.
Berjarak 4 km dari Candi Borobudur, kamu harus melakukan trekking selama 15-20 menit untuk mencapai puncak Punthuk Setumbu. Namun, usaha kamu tidak akan sia-sia, karena begitu sampai puncak, kamu bisa melihat sunrise dengan latar belakang lanskap Candi Borobudur yang menawan ketika cuaca sedang bersahabat, lho!
ADVERTISEMENT
Punthuk Setumbu buka setiap hari Senin-Minggu pukul 04.00-17.00 WIB. Untuk tiket masuk akan dikenakan biaya sebesar Rp 15 ribu per orang. Siapkan dana lebih ketika akan berkunjung ya, karena biaya tersebut dapat berubah sewaktu-waktu.
5. Rafting di Sungai Elo Borobudur
Ilustrasi Rafting, dokumentasi foto: Pixabay.
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Rafting, dokumentasi foto: Pixabay.
Bagi kamu yang memilih untuk menginap di sekitaran Borobudur dan ingin mencari olahraga ekstrem, mungkin kamu bisa mencoba rafting di Sungai Elo yang merupakan sungai terpanjang di Magelang.
Rafting di Sungai Elo, Magelang, ini aman untuk pemula. Saat rafting, kamu akan menempuh jarak sekitar 12,5 km dengan waktu pengarungan selama 2,5 jam. Selama rafting di Sungai Elo, kamu akan disuguhkan dengan air yang jernih, dikelilingi pemandangan hutan dan desa setempat yang menawan.
ADVERTISEMENT
Untuk bisa melakukan rafting di Sungai Elo akan dikenakan biaya sekitar Rp 650 ribu-Rp 1 juta, tergantung paket yang dipilih. Selain itu, harga tersebut juga dapat berubah sewaktu-waktu, ya! Lokasi rafting ini hanya berjarak 4,5 km dari Candi Borobudur. Tepatnya berada di Desa Pare, Blondo Mungkid, Magelang, Jawa Tengah.
Itulah lima olahraga yang bisa kamu lakukan sambil jalan-jalan di sekitaran Candi Borobudur, Magelang. Namun sebelum itu, jangan lupa untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19 yang saat ini sedang berlangsung di seluruh daerah di Indonesia. Vaksinasi akan membuat kamu dan keluarga lebih terlindung dari virus corona yang saat ini sedang menyebar. Apalagi jika kamu ingin berlibur, vaksinasi sudah menjadi syarat wajib dalam bepergian yang juga terintegrasi dalam aplikasi PeduliLindungi.
ADVERTISEMENT
Tak hanya itu saja, sangat penting untuk tetap mematuhi dan disiplin protokol kesehatan 6M di mana pun kamu berada, ya! Mulai dari memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun, menghindari kerumunan, mengurangi mobilitas, dan menghindari makan bersama.
Selama #DiRumahAja isi waktu luangmu dengan beragam keseruan, ya! Salah satunya dengan ikutan PUKIS atau Pesona Punya Kuis yang diadakan pada hari Selasa di setiap pekannya. Caranya mudah banget, kamu tinggal follow akun Instagram @pesonaid_travel, lalu like postingan PUKIS terbaru pada feed. Jawab pertanyaan di kolom komentar dan jangan lupa mention tiga temanmu untuk ikutan kuis ini. Akan ada beragam hadiah menarik untuk para pemenangnya, lho!
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten
Sedang memuat...0 Konten