Food & Travel
·
15 Januari 2021 8:59

Jelang Pelantikan Joe Biden, Airbnb Batalkan Semua Pemesanan di Washington

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jelang Pelantikan Joe Biden, Airbnb Batalkan Semua Pemesanan di Washington (61684)
Calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden tampil di acara kampanye di Alexis Dupont High School di Wilmington, AS. Foto: Carlos Barria/Reuters
Airbnb akan memblokir dan membatalkan sejumlah pesanan di Washington DC, Amerika Serikat (AS) jelang pelantikan Presiden Terpilih AS Joe Biden.
ADVERTISEMENT
Keputusan yang diumumkan pada hari Rabu (13/1) tersebut muncul di tengah kekhawatiran atas demo susulan jelang pelantikan menyusul serangan terhadap Capitol AS pekan lalu.
"Menanggapi permintaan pejabat pemerintah daerah, negara bagian, dan federal yang meminta orang untuk tidak bepergian ke Washington, D.C., kami mengumumkan bahwa Airbnb akan membatalkan pemesanan di area metro Washington, D.C. selama pekan pelantikan," tulis Airbnb seperti dikutip Travel and Lisure.
Jelang Pelantikan Joe Biden, Airbnb Batalkan Semua Pemesanan di Washington (61685)
Ilustrasi Memesan Penginapan di AirBnB Foto: Shutter Stock
Pemesanan yang dilakukan di HotelTonight, salah satu layanan pemesanan penginapan menit terakhir Airbnb juga akan dibatalkan.
Keputusan itu diambil Airbnb setelah mendapatkan input dari kepolisian Washington dan beberapa anggota Kongres.
Sebelumnya, Airbnb melarang pendukung Donald Trump yang terlibat kerusuhan untuk hadir di acara pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS.
ADVERTISEMENT
"Kami melanjutkan pekerjaan kami untuk memastikan anggota kelompok pembenci bukan bagian dari komunitas Airbnb,” imbuhnya.
Untuk itu, Airbnb juga akan melakukan refund kepada konsumen yang sudah memesan kamarnya di Washington.
Platform Airbnb sendiri memiliki kebijakan untuk membatalkan tamu yang terkonfirmasi sebagai anggota kelompok pembenci suatu golongan. Kebijakan ini mulai berlaku sejak tahun 2017 silam.
Jelang Pelantikan Joe Biden, Airbnb Batalkan Semua Pemesanan di Washington (61686)
Penginapan AirBnB Foto: Shutter Stock
Contohnya, Airbnb pernah melarang tamu mereka yang akan menuju ke parade White Supremacy di Charlottesville, negara bagian Virginia pada 2017 silam.
Dalam pernyataannya, Airbnb sudah melayangkan peringatan kepada semua tamunya bahwa akan ada tuntutan hukum kepada mereka, apabila para tamu itu ternyata anggota kelompok pembenci suatu golongan tertentu, atau jika mereka merencanakan aksi kerusuhan lagi.
ADVERTISEMENT
Airbnb juga akan melarang semua orang yang terlibat dalam aksi kriminal 'Capitol Riot' yang terjadi pekan lalu. Secara keras, Airbnb juga tidak akan memberikan donasi politik kepada anggota partai Republik yang memilih opsi menentang hasil pemilu AS pekan lalu.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)