kumparan
search-gray
Food & Travel1 Agustus 2020 10:43

Jepang Sebut Hawaii Negara yang Aman Dikunjungi Selama Pandemi

Konten Redaksi kumparan
Jepang Sebut Hawaii Negara yang Aman Dikunjungi Selama Pandemi  (354075)
Pengunjung saat bunga sakura mekar di Tokyo, Jepang. Foto: AP / Kiichiro Sato
Pemerintah Jepang telah mengeluarkan daftar destinasi wisata yang dianggap aman sebagai tujuan perjalanan internasional yang aman bagi warganya selama pandemi virus corona. Dari 12 destinasi wisata yang dikeluarkan Jepang, Hawaii menjadi salah satu negara yang dianggap aman untuk traveling di tengah pandemi.
ADVERTISEMENT
Dilansir Travel and Leisure, Hawaii menjadi satu-satunya destinasi yang berada di Amerika Serikat, sedangkan 11 lainnya merupakan bagian dari benua Asia. Gubernur Hawaii David Ige, merasa terhormat karena Jepang menganggap Hawaii sebagai destinasi yang aman untuk berwisata.
Selain Hawaii, ada 11 destinasi wisata lain yang dianggap aman oleh pemerintah Jepang, yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, China, Hong Kong, Macau, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Korea Selatan, Singapura, dan Taiwan. Hawaii merupakan satu-satunya destinasi di Amerika Serikat yang dianggap aman menurut Jepang.
Jepang Sebut Hawaii Negara yang Aman Dikunjungi Selama Pandemi  (354076)
Waikiki Beach dan Diamond Head di Honolulu, Hawaii Foto: Shutter Stock
Daftar tersebut dapat memberikan dorongan bagi industri pariwisata Hawaii, terlebih perekonomian negara tersebut yang hancur sejak virus corona menghantam. Bila disetujui, Program Wisata Aman Jepang-Hawaii akan membuka koridor wisata atau travel bubble antara Hawaii dan Jepang.
ADVERTISEMENT
"Mirip dengan Jepang, banyak pekerjaan telah dilakukan untuk membuat Hawaii seaman mungkin dari penyebaran virus corona sejak perjalanan internasional ditangguhkan pada bulan Maret," kata Ketua DPR dan Ketua Asosiasi Persahabatan Legislator Hawaii-Jepang Scott Saiki, seperti dikutip dari Travel+Leisure.
Jepang Sebut Hawaii Negara yang Aman Dikunjungi Selama Pandemi  (354077)
Para pengunjung ramai mendatangi Pantai Waikiki di Oahu, Hawaii kala musim panas Foto: Shutter Stock
Saiki menyambut baik rencana ini. Ia menilai dibukanya kembali perjalanan antara Jepang dan Hawaii akan membawa dampak yang baik bagi kesehatan ekonomi secara umum bagi Hawaii dan juga warganya.
Hawaii akan segera memulai program uji pra-perjalanan per 1 September mendatang. Saat program ini berlangsung, wisatawan dari Amerika Serikat diperkenankan untuk datang ke Hawaii.
Program ini sebelumnya direncanakan akan berjalan mulai 1 Agustus. Akan tetapi jadwal tersebut diundur karena adanya peningkatan kasus COVID-19 di Hawaii.
Jepang Sebut Hawaii Negara yang Aman Dikunjungi Selama Pandemi  (354078)
Tangga menuju surga di Hawaii Foto: Shutter Stock
Hawaii tercatat memiliki total 1.711 kasus COVID-19 dengan 26 kasus kematian menurut Departemen Kesehatan setempat. Di sisi lain, Jepang tercatat memiliki sekitar 32.000 kasus COVID-19 dengan sekitar 1.000 kasus kematian menurut data dari Johns Hopkins University.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, daftar ini bukan menunjukkan bahwa perjalanan wisata sudah bisa dilakukan dari Jepang ke tempat-tempat wisata tersebut atau sebaliknya. Daftar tersebut hanya menunjukkan destinasi-destinasi mana saja yang sedang dipertimbangkan oleh Jepang.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white