Food & Travel
·
11 Januari 2021 17:54

Jual Cokelat Hingga Ternak Ikan, Ini 5 Hotel yang Banting Setir karena COVID-19

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Jual Cokelat Hingga Ternak Ikan, Ini 5 Hotel yang Banting Setir karena COVID-19 (124796)
Ilustrasi tamu hotel sedang berjemur di tepi kolam renang Foto:
Industri perhotelan jadi salah satu yang terdampak akibat pandemi COVID-19. Tak sedikit hotel di dunia yang gulung tikar alias tak mampu bertahan akibat okupansi besar-besaran.
ADVERTISEMENT
Bagi mereka yang bertahan pun harus memutar otak agar bisa tetap beroperasi dan melayani para tamunya. Seperti halnya deretan hotel ini pun terpaksa banting setir menghadirkan layanan unik guna bisa bertahan di tengah pandemi.
Mulai dari hotel di india yang mengubah kolam renang jadi peternakan ikan hingga hotel yang cokelat. Berikut kumparan rangkum hotel yang banting setir karena COVID-19.

1. Ubah Kolam Renang Jadi Peternakan Ikan

Jual Cokelat Hingga Ternak Ikan, Ini 5 Hotel yang Banting Setir karena COVID-19 (124797)
Resort, India yang mengubah kolam menjadi ternak ikan.Foto: AFP/Arun
Di tengah pandemi virus corona yang menghantam hampir seluruh negara di dunia, banyak hotel yang kosong akibat sepinya tamu terpaksa harus terus berinisiatif agar tetap bertahan. Sebuah resor mewah di selatan India mengubah area kolam menjadi peternakan ikan.
ADVERTISEMENT
Dilansir Independent, hal itu dilakukan demi menyelamatkan bisnisnya yang terancam tenggelam di tengah krisis ekonomi yang disebabkan oleh pandemi virus corona. Semenjak hotelnya kosong karena tak ada tamu yang datang, Resort terpaksa mengubah kolam renang seluas 150 meter menjadi rumah ribuan ikan jenis bintik mutiara.
Sebelumnya, resor mewah ini dipadati oleh wisatawan internasional yang mayoritas berasal dari Eropa. Pihak hotel tersebut berencana untuk memanen ikan selama musim panas dan menjualnya ke pasar luar negeri, sebagai bahan hidangan makanan.

2. Berjualan Kue Cokelat

Selain India, sebuah hotel ikonik di Austria juga harus memutar otak dengan berjualan kue cokelat ke para tamunya. Dikutip dari News 18, Hotel membuka layanan barunya karena memang hotel ini terkenal akan kue yang terkenal di dunia.
ADVERTISEMENT
Sebelum adanya pandemi, hotel bintang 5 di Wien, Wina itu selalu laris, baik untuk menginap ataupun sekadar mencicipi makanan di restoran mereka.
Tapi kini saat pandemi virus Corona, jumlah pelanggan terjun bebas. Tapi, Hotel itu bisa melihat peluang untuk tetap hidup saat pandemi COVID-19.
Selain itu, hotel tersebut berharap para pelanggannya bisa tetap menikmati sajian spesial berupa kue cokelat khas hotel, .
Ide itu dibuat oleh hotel, . Dia menjual kue fenomenal ' ' dengan cara yang berbeda.
Kue cokelat itu dijual secara drive-in, sehingga pelanggan bisa membeli dan menikmatinya di mana saja.
Pelanggan juga bisa membawa pulang atau mengirimkan kepada keluarga yang rindu cita rasa .
ADVERTISEMENT
"Saya pikir itu ide yang fantastis," kata seorang pelanggan.

3. Ubah Kolam Renang Jadi Restoran Mewah

Jual Cokelat Hingga Ternak Ikan, Ini 5 Hotel yang Banting Setir karena COVID-19 (124798)
Restoran Les Bains Paris dalam kolam renang Foto: Dok.Les Bains Paris/Instagram
Kalau India ada resort yang mengubah kolam renang jadi peternakan ikan, hotel di Paris ini berinovasi mengubah kolam renang jadi restoran. Hal tersebut dilakukan oleh Hotel Les Bains, di Paris Prancis.
Dilansir dari Insider, pada 17 September 2020 kemarin, Les Bains kembali membuka hotelnya setelah tutup selama kurang lebih 7 bulan akibat COVID-19.
Tetapi bukan untuk menerima tamu menginap, melainkan untuk bersantap di restoran unik yang baru dirancang. Ya, sebagai bentuk inovasi, Les Bains telah mengubah kolam renang menjadi restoran untuk bisa bertahan di tengah pandemi.
Restoran tersebut diberi nama . Lokasinya menempati kolam renang yang sudah dikeringkan. Kemudian diberikan meja dan kursi yang bisa menampung pengunjung sebanyak delapan orang.
ADVERTISEMENT
Dengan pencahayaan dari lampu kolam renang membuat suasana bersantap di sana terkesan romantis.
Untuk bisa bersantap di restoran ini, pengunjung bisa melakukan reservasi terlebih dahulu.
Selain itu, para tamu juga bisa membuat reservasi untuk makan malam di Penthouse Suite Hotel, Klub Malam, atau Suite Apartemennya tanpa harus menginap.

4. Tawarkan Paket Menginap untuk Isolasi Diri

Jual Cokelat Hingga Ternak Ikan, Ini 5 Hotel yang Banting Setir karena COVID-19 (124799)
Ilustrasi Hotel Le di Swiss Foto: Dok. Hotel Le
Sebuah jaringan hotel mewah di Swiss menawarkan paket unik nan eksklusif bagi para tamunya yang ingin menginap. Dilansir Insider, Hotel Le menawarkan paket bernama "COVID-19 Service" atau "Layanan COVID-19" bagi para tamunya.
Paket ini mengajak wisatawan untuk menginap selama 14 hari layaknya mengisolasi diri, tetapi dikelilingi dengan berbagai fasilitas mewah.
Menurut Co-Founder Le , Alexander Hubner, semua unit yang ada di hotel tersebut dioperasikan tanpa adanya staff manusia, bahkan saat proses check-in sekalipun.
ADVERTISEMENT
"Layanan ini bisa dideskripsikan sebagai paket mewah bertema COVID-19 dengan pilihan untuk kunjungan dokter dan pengiriman makanan," kata Hubner.
Saat menginap, para tamu akan diberikan aplikasi khusus yang bisa digunakan untuk layanan selama 24 jam, memesan makanan, chef personal melalui layanan streaming, berbelanja bahan makanan, pijat, hingga layanan taksi yang semua dilakukan secara online.

5. Diubah Jadi Rumah Sakit

Jual Cokelat Hingga Ternak Ikan, Ini 5 Hotel yang Banting Setir karena COVID-19 (124800)
Hotel mewah di Spanyol yang dijadikan sebagai rumah sakit. Foto: Dok. Hotel NH Collection Madrid
Hotel yang diubah jadi rumah sakit bukanlah hal yang baru terjadi di dunia. Terbatasnya kamar untuk pasien COVID-19 di rumah sakit membuat banyak hotel yang kini diubah sebagai rumah sakit darurat atau tempat isolasi sementara.
Salah satunya adalah Gran Hotel di Madrid yang kini berubah menjadi rumah sakit terbesar di Spanyol.
ADVERTISEMENT
"Saat-saat terberat masih akan datang, saat-saat ketika kita akan terus melihat peningkatan jumlah kasus (COVID-19)," kata Menteri Kesehatan Salvador Illa, seperti dikutip Reuters.
Gran Hotel merupakan hotel mewah berbintang empat yang memiliki sekitar 365 kamar. Hotel ini menawarkan beragam fasilitas bagi wisatawan, seperti restoran mewah, galeri seni, hingga taman di dalam ruangan.
Lokasinya yang berada tidak jauh dari Park juga jadi pilihan tepat buat wisatawan yang suka museum, taman, dan budaya.
Selain itu, hotel ini juga berada tidak jauh dari pusat kota bersejarah yaitu Museum Reina Sofia, Prado, dan yang berada di seberang taman Gran Hotel .
Kini, dua menara di hotel ini menjadi tempat perawatan para pasien yang terinfeksi virus corona.
ADVERTISEMENT
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)