Food & Travel
·
29 Desember 2020 13:18

Kantor Imigrasi Buka Layanan Saat Libur Akhir Tahun, Catat Tanggalnya!

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kantor Imigrasi Buka Layanan Saat Libur Akhir Tahun, Catat Tanggalnya! (28535)
Petugas mememeriksa paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Banten, Selasa (29/9/2020). Foto: ASEP FATHULRAHMAN/ANTARA FOTO
Kantor imigrasi membuka layanan untuk permohonan visa selama akhir tahun 2020. Dalam unggahannya di media sosial Instagram @ditjen_imigrasi, pihaknya menyebut layanan ini dibuka dalam tiga hari pada periode libur akhir tahun mulai 28 hingga 30 Desember.
ADVERTISEMENT
Bagi wisatawan yang berencana mengurus visa dan layanan keimigrasian lainnya dapat segera melakukan registrasi secara online. Adapun website yang dapat dikunjungi yaitu visa-online.imigrasi.go.id bagi pemohon visa.
Bukan hanya itu, pelayanan keimigrasian akan ditutup sementara pada Kamis (31/12) dan Jumat (1/1). Untuk semua pelanggan yang ingin melakukan kegiatan keimigrasian berupa pengurusan paspor hingga visa bisa menunggu sampai kantor Imigrasi dibuka kembali.
Sementara itu, Direktorat Jenderal Imigrasi turut merilis Adedum terkait protokol kesehatan untuk perjalanan selama libur Natal dan Tahun Baru 2021 di masa pandemi COVID-19 ini. Protokol kesehatan tersebut diperuntukkan bagi semua pelaku perjalanan internasional.
Dilansir dari situs resmi Ditjen Imigrasi, protokol kesehatan perjalanan orang selama libur panjang akhir tahun itu menyusul ditemukannya virus corona jenis baru di Inggris. Sehingga diperlukan ketentuan khusus tambahan bagi pelaku perjalanan dari luar negeri untuk memproteksi Warga Negara Indonesia (WNI) dari imported case.
Kantor Imigrasi Buka Layanan Saat Libur Akhir Tahun, Catat Tanggalnya! (28536)
Ilustrasi Paspor Indonesia. Foto: Shutter Stock
Berikut kumparan rangkum protokol kesehatan melakukan perjalanan internasional.
ADVERTISEMENT
  1. Pelaku perjalanan WNA dari Inggris, langsung maupun transit di negara lain, tidak dapat memasuki Indonesia
  2. Pelaku perjalanan WNA dan WNI dari wilayah Eropa dan Australia yang memasuki Indonesia baik secara langsung ataupun transit di negara lain, harus menunjukkan hasil tes RT-PCR negatif dari negara asal yang berlaku maksimal 2x24 jam sebelum jam keberangkatan dan dilampirkan saat pemeriksaan kesehatan atau e-HAC Internasional Indonesia.
  3. Pelaku perjalanan WNI dari Inggris mengikuti ketentuan-ketentuan sebagaimana diatur pada nomor 2
  4. Jika pemeriksaan ulang RT-PCR pada saat ketibaan menunjukkan hasil negatif, maka:
a. WNI melakukan karantina 5 hari sejak tanggal kedatangan di tempat yang telah disediakan pemerintah.
b. WNI melakukan karantina mandiri di hotel yang telah ditentukan oleh pemerintah dengan biaya mandiri.
ADVERTISEMENT
  1. Kepala perwakilan asing dan keluarga yang bertugas di Indonesia dapat melakukan karantina mandiri di kediaman masing-masing selama 5 hari.
  1. Untuk diplomat asing lainnya, karantina mandiri selama 5 hari di tempat yang telah disediakan pemerintah.
  1. Jika pemeriksaan ulang RT-PCR pada saat ketibaan menunjukkan hasil positif maka dilakukan perawatan di rumah sakit bagi WNI dengan biaya ditanggung oleh pemerintah RI dan WNA dengan biaya mandiri.
  1. Setelah dilakukan karantina 5 hari sejak tanggal kedatangan, WNI dan WNA dilakukan pemeriksaan ulang RT-PCR.
  1. Jika hasil pemeriksaan RT-PCR negatif, WNI dan WNA diperkenankan melanjutkan perjalanan.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).