Food & Travel17 September 2020 7:03

Kebiasaan Aneh Kim Jong-un Saat Traveling, Bawa Toilet Pribadi Hingga Mesin Mi

Konten Redaksi kumparan
Kebiasaan Aneh Kim Jong-un Saat Traveling, Bawa Toilet Pribadi Hingga Mesin Mi (312170)
Pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong Un (kiri) mengunjungi situs pertempuran di daerah Gunung Paektu, Ryanggang, Korea Utara, Rabu (4/12). Foto: KCNA via Reuters
Sebagai pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un tentu memiliki prosedur istimewa saat melakukan perjalanan atau traveling ke luar negeri. Namun, ternyata Kim Jong-un memiliki beberapa kebiasaan yang terbilang aneh ketika traveling.
ADVERTISEMENT
Selama menjabat sebagai pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un terbilang jarang melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. Pada tahun 2018, ia melakukan sejumlah pertemuan dengan sejumlah pemimpin negara, salah satunya Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
Setelah pertemuan itu, terungkap bahwa Kim Jong-un memiliki kebiasaan aneh dan tak biasa saat traveling ke luar negeri. Berikut kumparan rangkum lima kebiasaan aneh yang dilakukan Kim Jong-un saat traveling.

1. Membawa Toilet Pribadi

Kebiasaan Aneh Kim Jong-un Saat Traveling, Bawa Toilet Pribadi Hingga Mesin Mi (312171)
Ilustrasi Kamera di Toilet. Foto: Shutter Stock
Rupanya, Kim Jong-un tidak menggunakan toilet umum ketika dia bepergian, dan memilih menggunakan toilet pribadi seperti yang dikatakan Lee Yun-keol, mantan anggota unit Komando Garda Korea Utara. Kim Jong-un akan membawa toilet pribadinya langsung dari negaranya, Korea Utara.
ADVERTISEMENT
"Daripada menggunakan toilet umum, pemimpin Korea Utara memiliki toilet pribadi yang mengikutinya saat dia bepergian," kata Lee kepada Washington Post.
Lee mengatakan bahwa kotoran milik Kim Jong-un tak bisa sembarang dibuang, karena mengandung status atau informasi soal kesehatannya. Karenanya ia menggunakan toilet portable pribadi selama perjalanan.
Pada 2015, kantor berita Korea Selatan, DailyNK melaporkan bahwa kamar mandi khusus dibuat di salah satu mobil yang digunakan konvoi kendaraan lapis baja Kim Jong-un.

2. Membawa Mesin Mi Khusus dari Pyongyang

Kebiasaan Aneh Kim Jong-un Saat Traveling, Bawa Toilet Pribadi Hingga Mesin Mi (312172)
Naengmyeon, mi dingin dari Korea Utara Foto: Luthfa Nurridha/kumparan
Saat pertemuannya dengan Presiden Korea Selatan beberapa waktu lalu, Kim diketahui membawa sebuah mesin pembuat mi beserta juru masaknya yang diterbangkan dari Korea Utara ke Korea Selatan. Mesin pembuat mi khusus itu akan digunakan untuk membuat naengmyeon, hidangan mi soba dingin khas Korea Utara.
ADVERTISEMENT
Menurut Vice News, makanan disiapkan oleh kepala koki di Okryu-gwan, restoran terkenal di Pyongyang. Hal ini dilakukan demi menyajikan hidangan spesial berupa naengmyeon.

3. Landasan Udara Pribadi Milik Kim Jong-un

Kebiasaan Aneh Kim Jong-un Saat Traveling, Bawa Toilet Pribadi Hingga Mesin Mi (312173)
Kim Jong Un bersiap meninggalkan Singapura. Foto: Ministry of Communications and Information, Singapore/Handout via REUTERS
Kim tidak akan menggunakan lapangan terbang umum untuk keperluan pribadinya. Kim Jong-un dilaporkan telah membangun lima landasan udara privat untuk penerbangan pribadinya.
Lapangan udara ini juga berlaku untuk perjalanan negara. Lima landasan udara itu terletak di sebelah beberapa istana dan stasiun kereta pribadi Kim.

4. Lebih Memilih Naik Kereta Api Pribadi Anti Peluru Dibanding Pesawat.

Kebiasaan Aneh Kim Jong-un Saat Traveling, Bawa Toilet Pribadi Hingga Mesin Mi (312174)
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un saat tiba di Stasiun Khasan, Rusia. Foto: Alexander Safronov via REUTERS
Agar lebih nyaman dan menghemat waktu, mayoritas pemimpin besar melakukan perjalanan lewat jalur udara alias dengan pesawat terbang. Namun, pemimpin Korea Utara ini memilih kereta api pribadi sebagai akomodasinya.
ADVERTISEMENT
Kebiasaan unik ini persis seperti yang dilakukan ayah dan kakek Kim Jong-un, yang lebih menyukai menggunakan moda transportasi jenis kereta api anti peluru. Setiap kali Kim bepergian, seperti yang dilakukannya ke China beberapa waktu lalu, tiga gerbong kereta api diperlukan, yaitu gerbong keamanan di depan, gerbong Kim Jong-un, dan gerbong belakang untuk pengawal serta persediaan.
Masing-masing gerbong memiliki pengamanan tinggi, seperti milik Kim yang memiliki daya tahan peluru, dan dengan semua beban ekstra, kereta api itu hanya memiliki kecepatan 60 km per jam.

5. Mobil Diiringi 12 Pengawal

Kebiasaan Aneh Kim Jong-un Saat Traveling, Bawa Toilet Pribadi Hingga Mesin Mi (312175)
Iring-iringan mobil pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un saat tiba di Rusia. Foto: Reuters/Shamil Zhumatov
Sebagai bentuk penjagaan, biasanya mobil presiden akan dikawal super ketat dengan iring-iringan mobil paspampres dan aparat keamanan lainnya. Namun, pemandangan berbeda terlihat saat Kim Jong-un berkunjung ke Korea Selatan.
ADVERTISEMENT
Sebanyak 12 pengawal berpakaian setelan lengkap dan sepatu hitam, mengiringi kendaraan di mana Kim Jong-un berada di dalamnya. Iring-iringan tersebut terus mendampingi dengan formasi yang sempurna, meski mobil tengah melaju di tikungan.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white