Food & Travel
·
26 Maret 2021 13:27

Kemeriahan hingga Kuliner Lezat khas Imlek di Chinatown Chinese New Year 2021

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Kemeriahan hingga Kuliner Lezat khas Imlek di Chinatown Chinese New Year 2021 (254566)
Chinatown Chinese New Year 2021 di Singapura. Foto: Shutterstock
Meski telah sebulan berlalu, kemeriahan Imlek di Singapura hingga kini masih sangat kental terasa. Bukan tanpa alasan, negara tetangga Indonesia ini memang terkenal karena perayaan Tahun Baru China yang selalu meriah, tak hanya bagi masyarakat Tionghoa, namun juga warga dari ras lainnya.
Jalanan yang dipenuhi hiasan lampion hingga patung bernuansa Imlek yang membawa keberuntungan dan berbagai festival selalu digelar hingga puncak perayaan Imlek. Sayangnya, tahun ini kemeriahan tersebut harus ditahan karena pandemi yang masih berlangsung hingga saat ini.
Meski begitu, ternyata antusiasme wisatawan lokal dan mancanegara untuk bisa ikut merasakan atmosfer Imlek di Singapura masih tetap tinggi, lho. Ini juga yang akhirnya membuat Negeri Singa mengalihkan berbagai acaranya secara virtual agar bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat dari berbagai belahan dunia.
Salah satu festival yang paling ditunggu-tunggu adalah rangkaian Chinatown Festival yang telah dibuka resmi pada 23 Januari 2021 hingga 31 Maret mendatang. Bertepatan dengan tahun kerbau, festival Imlek terbesar di Singapura ini mengusung tema tema ‘Usher in Good Health, Prosperity, and Happiness’, untuk mengajak penonton menemukan kembali passion menjelajah ragam perayaan budaya di Singapura, sekaligus membangun semangat untuk menghadapi pandemi COVID-19.
Pada 20 Februari lalu, Singapore Tourism Board bersama kumparan juga telah mengajak kita menikmati puncak Imlek di Singapura lewat virtual tour dan diskusi bertajuk ‘Jelajah Bareng Festival Virtual Tahun Baru Imlek 2021 #KangenSingapura’. Bersama Adit Insomnia, penonton diajak menelusuri spot-spot menarik Singapura hingga kuliner khas Imlek bersama Singapore Licensed Tour Guide, Anthony Ang, selama 1 jam penuh.
Kemeriahan hingga Kuliner Lezat khas Imlek di Chinatown Chinese New Year 2021 (254567)
Chinatown Chinese New Year 2021 di Singapura. Foto: Shutterstock
New Bridge Road di pusat kawasan Chinatown menjadi pemberhentian pertama virtual tour ini. Di sini berdiri patung lampu raksasa berbentuk kerbau setinggi 10 meter yang menjadi tanda dimulainya tahun shio kerbau. Dihias patung berbentuk koin dan batangan emas, hiasan ini bermakna doa agar tahun baru ini diisi dengan keberuntungan dan kemakmuran.
Selain memperlihatkan pemandangan kota saat Imlek, Anthony juga menceritakan sejarah beberapa kawasan populer di Singapura, khususnya Chinatown. Menilik ke masa lalu, Singapura dulu menjadi kawasan transit orang dari berbagai negara, dan jejaknya masih terlihat hingga kini dengan berdirinya berbagai tempat ibadah di Chinatown.
Bukan hanya spot-spot populer, Anthony juga memperkenalkan penonton dengan kuliner khas Imlek di Singapura. Seperti kwetiau goreng, chili crab, pineapple tart, dan kuliner nasional Negeri Singa yang sudah tersohor, nasi ayam hainan.
Ia pu merekomendasikan satu restoran nasi ayam hainan populer yang telah mendapat penghargaan bergengsi dunia. Bahkan restoran ini juga dinobatkan sebagai tempat makan kaki lima pertama dan termurah yang pernah masuk ke dalam daftar Michelin Guide.
“Nasi ayam hainan paling terkenal sekarang adalah Hawker Chan Soya Sauce Chicken Rice & Noodle, karena di tahun 2016 dia mendapat award dari Michelin Guide Star, mendapat bintang 1 Michelin Star, ”
Kemeriahan hingga Kuliner Lezat khas Imlek di Chinatown Chinese New Year 2021 (254568)
Menu di Hawker Chan Soya Sauce Chicken Rice & Noodle. Foto: Facebook/Hawker Chan Singapore
Belum berhenti sampai di situ, Anthony juga mengajak kita ke tempat menarik di Chinatown yang wajib dikunjungi saat melancong ke Singapura. Seperti Tooth Relic Temple yang merupakan tempat ibadah sekaligus museum artefak religius umat Buddha, dan Chinatown Complex yang menjadi tempat belanja terbesar dengan 216 kios jajanan yang bisa disambangi.
Acara semakin seru dengan sesi tanya jawab tentang keadaan Singapura di masa pandemi ini hingga kuis berhadiah menarik yang bisa diikuti seluruh peserta. Menarik, kan?
Bila masih penasaran dengan keseruan Chinatown Chinese New Year 2021, kamu masih bisa menyaksikannya lewat video di atas. Jangan lupa juga kunjungi laman Chinatown Festival di sini bila ingin mengikuti acara Imlek di Singapura lainnya. Untuk tahu lebih banyak mengenai Singapura dan berbagai festival lainnya, kamu bisa mendapatkannya di www.visitsingapore.com.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Singapore Tourism Board