Food & Travel
·
26 April 2021 8:04

Keren, Toilet di Jepang Bisa Ukur Tingkat Kelelahan Seseorang Usai Mengemudi

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Keren, Toilet di Jepang Bisa Ukur Tingkat Kelelahan Seseorang Usai Mengemudi (213132)
Ilustrasi toilet umum. Foto: Shutter Stock
Jepang tak henti-hentinya membuat inovasi yang dapat digunakan masyarakat di ruang publik. Setelah membuat inovasi toilet mengambang juga transparan, kini Jepang meluncurkan sebuah toilet yang dapat mendeteksi tingkat kelelahan seseorang.
ADVERTISEMENT
Toilet canggih yang terletak di rest area di Jepang ini bukan hanya berfungsi sebagai tempat pembuangan air kecil atau besar, tapi juga bekerja untuk mengukur kelelahan seseorang. Inovasi ini dibuat lantaran banyak pengendara di Jepang yang mengabaikan anjuran istirahat selama dua jam usai mengemudi jarak jauh.
Dilansir Sora News, salah satu rest area di Ebina, kini menyediakan toilet yang berbeda dari biasanya. Di salah satu pintu toilet, terdapat tanda hijau bertuliskan "Pengukur Kelelahan".
Keren, Toilet di Jepang Bisa Ukur Tingkat Kelelahan Seseorang Usai Mengemudi (213133)
Ilustrasi tanda toilet. Foto: Shutter Stock
Saat melangkah ke dalam bilik toilet, kamu akan melihat layar digital dengan tombol di sisi kanan untuk mengontrol bidet dan suara air mengalir yang menutupi suaramu saat sedang buang air. Di sisi kiri panel ada tulisan "Pengukur Kelelahan" berwarna biru, dengan berbagai pilihan bahasa di bawahnya.
ADVERTISEMENT
Sebelum menggunakan sistem pengukur kelelahan ini, akan muncul pernyataan di layar yang memberi tahu bahwa kamu perlu waktu sekitar 60 detik untuk mengukur tingkat kelelahanmu. Kemudian, pengguna akan diminta untuk memilih kelompok usia, dan menjawab pertanyaan “Apakah kamu merasa lelah?” dengan tiga pilihan, yaitu ''Tidak lelah", "Agak Lelah", atau "Lelah".
Keren, Toilet di Jepang Bisa Ukur Tingkat Kelelahan Seseorang Usai Mengemudi (213134)
Toilet pendeteksi kelelahan di Jepang Foto: Expasa/Twitter
Setelah itu, kamu bisa mulai menekan tombol “start”, dan mengikuti instruksi untuk bersantai saat pengukuran dilakukan. Saat pengukuran dimulai, panel menjadi hidup dengan menampilkan banyak data tentang kondisi tubuh. Informasi di layar menjelaskan:
"Dalam keadaan lelah, ketegangan sistem saraf simpatis meningkat dan aktivitas sistem saraf parasimpatis menurun, jadi toilet ini mengukur fluktuasi detak jantung dan menganalisis sistem saraf otonom."
Setelah proses pemeriksaan, muncul pemberitahuan di layar bahwa pengemudi harus istirahat 10-20 menit setiap dua jam saat mengemudi, dan menyarankan mereka menggunakan rest area atau area parkir untuk beristirahat.
ADVERTISEMENT
Setelah 60 detik berlalu, hasil pengukuran kelelahan pun keluar. Jika kamu merasa tidak begitu lelah, hasilnya akan tertulis "Anda tidak merasa lelah. Pengukuran kelelahan Anda adalah agak lelah".
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).