Food & Travel
·
11 Juni 2021 14:30
·
waktu baca 2 menit

Korsel Jalin Travel Bubble dengan 3 Negara Ini, Khusus Turis yang Sudah Divaksin

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Korsel Jalin Travel Bubble dengan 3 Negara Ini, Khusus Turis yang Sudah Divaksin (41851)
Ilustrasi Corona di Korea Selatan. Foto: Shutter Stock
Korea Selatan (Korsel) berencana membuka gelembung perjalanan atau travel bubble dengan Singapura, Taiwan, dan Thailand. Skema pariwisata ini nantinya hanya berlaku bagi wisatawan yang telah menerima vaksin COVID-19.
ADVERTISEMENT
Dilansir Korea Herald, travel bubble ini akan dibuka mulai awal Juli 2021 mendatang. Kementerian Transportasi Korsel menyampaikan ada sejumlah aturan yang akan diterapkan pada pembukaan travel bubble.
Pertama, pada tahap awal pembukaan, pemerintah Korsel hanya menerima wisatawan dalam bentuk perjalanan grup. Kedua, untuk jadwal penerbangan, Korea Selatan hanya membuka dua penerbangan dalam seminggu dan hanya boleh membawa sekitar 200 penumpang.
Korsel Jalin Travel Bubble dengan 3 Negara Ini, Khusus Turis yang Sudah Divaksin (41852)
Pengendara sepeda dan pejalan kaki melewati sungai Han dan cakrawala kota Seoul. Foto: Ed Jones / AFP
Langkah membuka kembali pariwisata untuk wisatawan mancanegara itu dilakukan setelah pemerintah setempat mengumumkan aturan jarak sosial terbaru terkait pencegahan penyebaran virus COVID-19 di negaranya yang berlaku pada Juli 2021.
Kebijakan melonggarkan aturan protokol kesehatan ini diharapkan dapat mengembalikan kehidupan normal di Negeri Gingseng tersebut.
"Pergerakan antar negara telah terlalu lama dibatasi, memberikan pukulan telak bagi industri penerbangan dan perjalanan dengan begitu banyak orang yang ingin bepergian ke luar negeri lagi," kata Perdana Menteri Kim Boo-kyum dalam pertemuan Rabu.
ADVERTISEMENT
"Melanjutkan perjalanan internasional akan menandai awal kehidupan kembali normal," imbuhnya.
Korsel Jalin Travel Bubble dengan 3 Negara Ini, Khusus Turis yang Sudah Divaksin (41853)
Ilustrasi wisatawan Korea Selatan traveling di Jepang Foto: Shutter Stock
Sementara itu, pejabat Kementerian Transportasi Korsel menjelaskan, dalam travel bubble ini, pemerintah akan mengizinkan warganya yang telah divaksinasi COVID-19 lengkap untuk bepergian ke luar negeri dan kembali tanpa perlu menjalani karantina.
Kebijakan tersebut juga berlaku bagi para wisatawan asing dari negara yang bermitra dalam travel bubble ini, yakni Singapura, Taiwan, dan Thailand. Meskipun rencana skema pariwisata ini cukup 'menggiurkan' terlebih keempat negara tersebut adalah destinasi wisata yang digandrungi para pelancong
Namun, dengan adanya lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi di Taiwan, salah seorang pejabat di Korsel mengungkapkan bahwa travel bubble yang dibuka akan lebih efektif jika dilakukan bersama Singapura, Guam, dan Saipan.
ADVERTISEMENT

Aturan untuk wisatawan asing

Korsel Jalin Travel Bubble dengan 3 Negara Ini, Khusus Turis yang Sudah Divaksin (41854)
com-Tempat wisata di Korea Selatan Foto: Shutterstock
Sebelum ke Korsel, wisatawan dari negara travel bubble akan diminta melakukan uji kesehatan dan menyerahkan hasil negatif tes COVID-19 dalam waktu tiga hari sebelum keberangkatan. Setibanya di Korsel, mereka juga wajib mengikuti rangkaian tes COVID-19 lainnya.
Selama berada di Korsel, di tahap awal, wisatawan hanya boleh mengikuti paket tur bersertifikat yang diizinkan dalam program travel bubble. Mereka akan bepergian dengan agen perjalanan yang telah ditentukan.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona).