kumparan
search-gray
Food & Travel29 Juli 2020 8:02

Lawang Saketeng, Spot Instagramable untuk Menikmati Indahnya Bukit Panyaweuyan

Konten Redaksi kumparan
Lawang Saketeng, Spot Instagramable untuk Menikmati Indahnya Bukit Panyaweuyan (938654)
Wisata Terasering Panyaweuyan di Majalengka Foto: Shutter Stock
Bagi pecinta spot Instagramable, Bukit Panyaweuyan di Majalengka menjadi salah satu destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Selain punya pemandangan yang eksotis, tempat ini juga menawarkan spot foto yang tak kalah menarik.
ADVERTISEMENT
Berbalut udara sejuk, Bukit Panyaweuyan terkenal akan teraseringnya yang menawan dengan tinggi kontur yang beragam, mulai dari 400 mdpl hingga 2 ribu mdpl, dengan sudut kemiringan mencapai 25 hingga 40 derajat. Kamu pun bisa menikmati pemandangan yang indah dari tempat ini.
Menariknya, kini ada satu lagi spot asyik buat menikmati pemandangan Bukit Panyaweuyan dari atas ketinggian. Tempat tersebut adalah Lawang Saketeng.
Lawang Saketeng sebenarnya mirip sebuah panggung raksasa terbuat dari kayu yang berada di atas perbukitan Penyaweuyan. Namun, tempat ini mendadak ramai jadi buruan wisatawan karena menawarkan spot yang Instagramable.
Mengutip akun Instagram resmi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat @disparbudjabar, dari Lawang Saketeng kamu bisa menikmati hamparan persawahan serta perbukitan yang menghijau. Tak ketinggalan kamu juga bisa menyaksikan megahnya Gunung Ciremai di sekitarnya.
ADVERTISEMENT
Bahkan, beberapa waktu lalu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil juga sempat mampir ke Terasering Panyaweuyan dan berfoto di Lawang Saketeng. Dalam foto tersebut terlihat Kang Emil tengah menikmati keindahan Terasering Panyaweuyan di Lawang Saketeng.
Untuk menuju Lawang Saketeng, kamu hanya perlu berjalan kaki sekitar 10-15 menit dari pintu masuk.

Punya Beberapa Spot Instagramable

Sementara itu di puncak lainnya, ada spot foto kayu yang menguji adrenalin pengunjung, karena kamu langsung menghadap ke lembah.
"Lawang Saketeng memang sedang ramai di media sosial, keunikan di tempat ini adalah sunset dan sunrise point, dan juga pemandangan alamnya all of view mula dari terasering, Gunung Ciremai, tebing maupun bantaran sungai semuanya bisa dinikmati di sini," kata Dedi, salah satu pengelola Lawang Saketeng saat dihubungi kumparan pada Selasa (28/7).
ADVERTISEMENT
Ada pula, spot foto berbentuk rumah menyerupai segitiga yang juga langsung menghadap ke lembah. Spot ini pun kerap digunakan sebagai spot bagi mereka yang ingin foto pre-wedding.
Sementara itu, menurut Dedi bagi pengunjung yang tertarik ke Lawang Saketeng, pengunjung hanya diminta untuk membayar seikhlasnya.
(Simak panduan lengkap corona di Pusat Informasi Corona)